PEMBICARA

Andry adalah seorang developer aplikasi mobile, spesialisasinya di Android. Dia telah memenangkan Indosat Wireless Application Contest sebanyak dua kali di tahun 2009 dan 2010, keduanya untuk kategori aplikasi Android. Dia dan rekan-rekannya mendirikan I-MOOV, sebuah perusahaan aplikasi mobile yang telah menghasilkan banyak aplikasi untuk berbagai perusahaan di dalam dan luar negeri. Dia juga sering diundang sebagai pembicara di berbagai acara seminar dan workshop untuk menjelaskan mengenai Android dan cara membuat aplikasi berbasiskan Android.
Alfons Tanujaya, mantan bankir yang merintis karir di dunia IT sejak tahun 1998. Pada tahun 2000 mendirikan PT. Vaksincom dan aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia melalui mailing list vaksin@yahoogroups.com. Alfons juga aktif menjadi nara sumber bagi media nasional serta menulis artikel malware dan sekuriti pada media IT terkemuka di Indonesia sampai saat ini. Penggemar kuliner ini dapat dihubungi di alfons@vaksin.com, Facebook: http://www.facebook.com/alfons dan Twitter: @vaksincom.
Agus Hardiman adalah seorang produser musik dan pemilik Sekolah Audio MusikTek. Dia pernah menjadi bagian dari tim produksi musik untuk Agnes Monica yaitu lagu 'Bukan Milikmu Lagi' Agnes Monica, Whaddup, A?! yang meraih penghargaan dalam kategori 'Produksi Karya Terbaik' pada ajang AMI (Anugerah Musik Indonesia) Award 2006. Salah satu karya bukunya yang pernah ditulis adalah 'Belajar Sendiri Cakewalk Pro Audio versi 8' dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo (Gramedia Group). Dia juga membuat forum diskusi online tentang audio dan produksi musik pertama di Indonesia pada tahun 2000 yaitu www.MusikTek.com. Selain itu, dia mendirikan sekolah audio yang berpusat di Jakarta dan mempunyai cabang di berbagai kota di Indonesia, yaitu sekolah MusikTek. Blog www.MusikTek.net berisi tips dunia audio dan recording serta informasi jasa-jasa musik dari MusikTek seperti studio recording, sekolah, dan toko recording. Dia juga sering diundang sebagai pembicara di berbagai acara seminar dan workshop untuk menjelaskan mengenai musik digital. Aktifitas lainnya adalah menjadi juri beberapa kompetisi, seperti INAICTA, Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral, lomba jingle Ancol dan beberapa event nasional lainnya.
Mohamad Iqbal, seorang pengembang aplikasi asal kota Serang, Banten. Ia saat ini merupakan Ketua Komunitas Nokia Developer Indonesia dan menjadi Nokia Developer Certified Trainer termuda di dunia. Iqbal juga aktif diberbagai komunitas online dan media sosial serta aktif ngeblog sejak tahun 2008.

Di tahun 2013 mendapatkan penghargaan Nokia Developer Champion dari Nokia berkat kontribusinya di komunitas. Kini Iqbal sedang mengembangkan sebuah startup company yang bernama Kabita Studio bersama empat rekan kuliahnya. Iqbal bisa dihubungi di moh.iqbal@outlook.com, Facebook: http://www.facebook.com/ciebal, dan Twitter: @ciebal.
Fauzan Alfi, seorang blogger, aktivis social media dan mahasiswa Arsitektur ITB, merupakan Bandung Regional Leader untuk Mozilla Indonesia dan juga Mozilla Representative sejak tahun 2011. Fauzan pun aktif mengedukasi pemanfaatan Web secara positif untuk pengguna pemula maupun pengguna pasif melalui jaringan Hive Indonesia (@ID_Hive). Bersama Komunitas Mozilla Indonesia (@ID_Mozilla), Fauzan yakin Web harus bisa diakses dan dimanfaatkan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Penggiat komunitas ini dapat dihubungi di fauzanalfi@mozilla.web.id, Blog: www.fauzanalfi.com, Facebook: http://www.facebook.com/fauzan.alfi dan Twitter: @fauzanalfi.
Finan Akbar merupakan founder Beetlebox, sebuah pengembang aplikasi mobile berbasis iOS. Saat ini Finan aktif dalam organisasi Mozilla Indonesia. Beberapa kali ia bertukar ilmu dalam teknologi berbasis "Open Web", terutama Firefox OS. Untuk berkomunikasi dengan Finan, bisa menghubungi via LinkedIn
William merupakan co-founder dan CEO dari Tokopedia.com. Diluncurkan ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia didirikan dengan ide awal untuk memungkinkan setiap individu dan pemilik usaha kecil menengah di Indonesia membuka toko online mereka dengan mudah dan gratis, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Saat ini Tokopedia telah menjadi online marketplace terbesar di Indonesia, dan salah-satu website lokal paling muda yang berhasil menembus 50 website paling sering dikunjungi di Indonesia (versi Alexa). William juga aktif di Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas.
Adiatmo Rahardi mendalami dunia Robotika sejak tahun 2007. Ia sempat bekerja di lab penelitian bidang elektronika. Pada Maret 2011, Adiatmo Rahardi mendirikan Komunitas Robot terbesar di Indonesia melalui jejaring sosial Facebook (facebook.com/groups/robotrobot). Adiatmo Rahardi juga membuat forum komunitas robotika Indonesia yang adapat Anda akses melalui www.KomunitasRobot.com. Lebih dari 5000 anggota sudah bergabung di grup Facebook Komunitas Robot dan membangun Komunitas Robotika di berbagai daerah di Indonesia. Sejumlah anggotanya juga aktif aktif berinteraksi mengenai topik Robotika. Ia juga sering menjadi narasumber bidang teknologi di berbagai media nasional. Adi bisa dihubungi di Twitter: @AdiatmoRahardi dan @KomunitasRobot.
Eric yang lahir di Sukabumi dan menetap disana belajar dunia perfilman di IKJ. Saat ini sudah bergabung dengan Komunitas Robot Indonesia selama setahun terakhir. Keinginannya membuat Robot Wall-E disambut hangat oleh teman-teman Komunitas Robot. Bukan hanya sekedar belajar merakit dan memprogram Robot dari teman-temannya di Komunitas Robot Indonesia, Eric juga mendapatkan komponen-komponen hibah dari Komunitas untuk menyelesaikan Robot Wall-E ciptaannya. Eric belajar merakit dan memprogram Robot secara otodidak dan aktif berkonsultasi dengan komunitas. Eric punya mimpi ingin mengajar Robotika di daerah Sukabumi dan menyebarkan "virus" Robotik ke kalangan yang bukan berasal dari ranah teknik.
Darius Manuhuruk adalah seorang fotografer fashion yang sudah melalangbuana di dunia advertising, baik di layar kaca maupun print advertising. Hasil karyanya telah banyak menghiasi layar kaca maupun print Ad. Selain itu, Darius Manihuruk juga aktif sebagai fotografer freelance di beberapa Majalah Fashion, antara lain Djakarta Magazine, Natsha Magazine, Impact Magazine, Clara Magazine, Hers Magazine, Swankglossy Magazine, Indonesia Tattler Magazine, Mutumanikam Magazine, Asian Image Magazine, dan Asian Photography. Darius juga beberapa kali menjadi juri lomba foto yang diselenggrakan oleh CHIP Foto Video, seperti Fashion on Stage dan IIMS Rally Photo 2011 dan 2012. Berikut adalah aktivitas Darius Manihuruk dalam dunia fotografi.
Dennis adalah model video klip, aktor, dan sutradara Indonesia. Film yang pernah dibintanginya antara lain Ada Apa dengan Cinta, Kwaliteit 2, dan Jomblo. Dennis Adishwara kini aktif mengelola www.layaria.com dan menjadi salah satu aktivis yang cukup giat memasyarakatkan Web Series di Indonesia.
Kama, mantan Managing Editor dari majalah CHIP Foto Video dan majalah game LEVEL inilah yang bertanggung jawab akan divisi Self Develop di Digital Eight. Pengalamannya cukup banyak di dunia game, dari redaksi majalah game sampai dengan mantan juara Counter Strike di Indonesia.
Adhit, sebelum menjabat sebagai pimpinan di Digital Eight, Adhit adalah pemred di majalah Hotgame. Sehingga dirinya tidak asing lagi dengan dunia game. Pengalamannya di majalah game itulah yang membuatnya paham akan industri game di Indonesia. Digital Eight sendiri adalah game publisher di bawah naungan Kompas Gramedia - Group of Magazine. Dibentuk dengan tujuan memberikan layanan memuaskan untuk memenuhi kebutuhan komunitas game di Indonesia, Digital Eight berkomitmen kuat untuk selalu menyediakan beraneka game terbaik dan di saat bersamaan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Didukung tim solid dan pengalaman luas di dunia game, Digital Eight mampu menyalurkan beragam ide melalui media game yang telah terbukti lebih mudah diterima oleh konsumen. Digital Eight berperan sebagai Publisher Game, yaitu perusahaan yang mengembangkan, memproduksi, dan mengedarkan game ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan dunia. Bisnis ini meliputi pemasaran game berbasis media online, membuat dan memasarkan game mobile, serta membuat game berbasis produk untuk memperluas product knowledge di masyarakat.
Sri Sadono belajar fotografi secara otodidak sejak tahun 2007. Menjadi kontributor lepas di majalah CHIP Foto Video mulai dari 2009. Menjadi Editor tetap di CHIP Foto Video mulai 2011 sampai sekarang. Lebih banyak merekam foto travel, budaya, dan dokumenter. Sejauh ini telah menulis dua buku fotografi. Buku pertama berjudul Kamera Saku, Merekam Foto Kenangan Lebih Berkesan (2009) diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku kedua berjudul Fotomaster (2010) yang diterbitkan oleh Sony Indonesia.
Romi Hidayat, penggemar game yang sangat menyukai keindahan grafis di dalamnya. Selain memiliki hobi di dunia desain dan game, ia juga senang mengikuti perkembangan dunia teknologi, khususnya hardware komputer dan gadget. Ketiga hobinya tersebut kini disalurkannya melalui pekerjaannya di Lab CHIP Indonesia sebagai Test Center Coordinator CHIP Indonesia
Taufan adalah salah satu awak redaksi dari majalah CHIP Foto Video Indonesia yang merupakan kelompok majalah dari Kompas Gramedia. Mengenal detail dunia fotografi sejak bergabung dengan FFC-UNS pada tahun 2006 dan mengawali karier profesional sebagai fotografer pada tahun 2009 sebagai jurnalis foto di salah satu koran lokal di Solo. Karena kegemaran akan olahraga dan menikmati musik sejak kecil, tugas memotret berbagai pertandingan olahraga dan event musik hampir tidak dilewatkannya. Pada tahun 2011, Taufan pernah meraih Juara I dan Juara Harapan Tingkat Nasional kategori kamera umum pada Lomba Foto “Aku Juga Bisa” dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke-82 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) Republik Indonesia. Sedang pada tahun 2013 meraih Juara II Lomba Foto Instagram Yamaha Indonesia di OtoBursa TumplekBlek 2013. Taufan bisa dihubungi di Facebook: http://www.facebook.com/taufan.y.nugroho dan Twitter: @TaufanYN88
Aqmal, hobi bermain-main dengan komputer dan melakukan overclocking membawanya menjadi seorang hardware reviewer CHIP. Mainboard, graphics card, dan prosesor, merupakan “mainan” sehari-harinya di CHIP Test Center. Tidak hanya itu, berkat pengetahuan networking yang dimilikinya, ia juga mereview beberapa perangkat jaringan seperti NAS, router, 3G router, dan lain-lain. Selain sebagai hardware reviewer, Aqmal Maulana juga merupakan salah satu mahasiswa Universitas Budi Luhur. Saat ini, ia masih fokus untuk menyelesaikan studi S1 jurusan Sistem Informasi.

Kris Ardianto adalah seorang produk spesialis komponen PC. Diawali dengan kegemarannya pada hardware PC pada tahun 1999, ia mendalami dunia komponen PC (hardware) secara otodidak, ia juga mendalami bidang hardware PC melalui forum chip. Pada tahun 2009, ia mulai berkarir disalah satu perusahaan distributor komponen PC terkemuka di Indonesia hingga september 2012 sebagai asisten produk manager.

Saat ini ia merupakan satu-satunya perwakilan NVIDIA yang ada di Indonesia, silahkan hubungi beliau di www.facebook.com/kris.ardianto atau linked in:  id.linkedin.com/pub/kris-ardianto/37/5bb/a3b/

Murdhi adalah Studio Head atau Kepala Studio dari Manticore Studio. Manticore Studio sendiri lahir di akhir tahun 2010. Produk pertama Manticore Studio adalah permainan kartu Mythical Lords yang menjadi hit bagi Timezone di Indonesia, Singapura dan Filipina. Saat ini Manticore Studio melakukan kerjasama dengan Digital 8, sebuah publisher lokal dibawah grup kompas gramedia majalah. Ini adalah terobosan kerjasama pertama antara Developer Lokal dengan Publisher Lokal dan mengusung tema lokal namun bisa diterima di pasar internasional. Beberapa games hasil kerjasama dengan Digital 8 adalah The Great Adventures – Bona & Friends, Mombi’s Goal, Funimal, Grazzle, dan Tapteria.
© 2012- CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved.