Advertisement
 

KOMUNITAS

Ada sepuluh komunitas yang akan meramaikan acara CHIP Fiesta 2014, yang diantaranya:

 

1. Blender Army Indonesia

Blender Army Indonesia (http://blenderindonesia.org) adalah komunitas online penggemar animasi 3D berbasis software Blender 3D dan FOSS. Komunitas ini berdiri atas dasar tujuan yang sama, yaitu mewujudkan ekosistem animasi berbasis open source melalui software Blender. Blender sendiri dipilih karena menjadi software animasi open source terbaik dan mempunyai feature yang all in one, artinya cukup dengan satu software sebuah animasi hebat bisa diwujudkan, juga lintas platform OS (operating system) berjalan di Linux, Windows, Mac, Free BSD, dan lain-lain.

Twitter: @KaptenBlender

Facebook: Blender Army

 

2. IndoFlyer

Indoflyer (http://www.indoflyer.net) adalah komunitas penggemar dan pecinta dunia penerbangan di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2004, komunitas Indoflyer saat ini telah memiliki 14 ribu member terdaftar. Walau merupakan wadah bagi penggemar dunia aviasi di Indonesia, namun member-membernya juga banyak yang berasal dari manca negara. Komunitas Indoflyer sendiri terbagi menjadi beberapa divisi, seperti Divisi Dunia Penerbangan yang aktif membahas seputar isu-isu terkini dunia penerbangan di Indonesia, Divisi Flight Simulator (FlightSim) yang membahas bagaimana teknik terbang yang baik dan benar menggunakan software Microsoft Flight Simulator, Divisi Fotografi yang member-membernya penyuka dunia fotografi, baik aviasi maupun non aviasi, serta Divisi Die-Cast, wadah bagi member yang suka mengoleksi miniatur (Die Cast) pesawat.

Twitter: @indoflyer

Facebook: IndoFlyer

 

 

3. Grup Robot Indonesia

Grup Robot Indonesia atau Komunitas Robot Indonesia adalah wadah perkumpulan para penggiat Robot di Indonesia yang berdiri sejak 21 Maret 2011 melalui Facebook. Komunitas Robot Indonesia adalah sebuah komunitas yang pertama kali mengusung tema persatuan Roboticist (sebutan bagi developer Robot) seluruh Indonesia untuk bersatu dalam satu komunitas yang netral. Tujuan utama didirikannya Grup Robot Indonesia adalah untuk mempersatukan Roboticist dari seluruh Indonesia agar bisa bersatu untuk mengembangkan Robotika dalam negeri. Selain itu, Grup Robot Indonesia juga menjembatani antara riset para Roboticist untuk diaplikasikan dengan industri.

Twitter: @GrupRobot

Facebook: Grup Robot Indonesia

 

 

4. Fotodroids

Fotodroids adalah komunitas mobile photoraphy berbasis platform Android. Komunitas ini berdiri di tahun 2011, tepatnya pada 30 Januari 2011. Hingga saat ini, Fotodroids telah memiliki anggota sekitar 1.300 orang. Mayoritas anggotanya sendiri berdomisili di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Anda yang tertarik bergabung dapat mengirimkan e-mail ke fotodroids+subsribe@googlegroups.com.

Twitter: @fotodroids

Facebook: FotoDroids

 

 

5. Thumbstory

Sebuah aplikasi yang akan membuatmu menikmati cara baru dalam menulis cerita pendek. Tidak hanya menulis cerita, tetapi memberi pengalaman dalam berinteraksi langsung dengan para pencinta cerita pendek di ranah digital. Hal ini membuat thumbstory sebagai salah satu aplikasi dengan koleksi cerita pendek terbanyak yang pernah ada.

Twitter: @Thumbstorytweet

Facebook: Thumbstory

Web: www.thumbstory.com

 

 

6. Erepindo

Erepindo merupakan sebuah komunitas yang dibangun dari kesukaan mereka memainkan game erepublik. Game ini sendiri adalah sebuah permainan mass multiplayer strategy online yang berbasiskan web dengan alamat www.erepublik.com. Game ini dibuat pada tahun 2007 dan dimainkan oleh ribuan orang dari berbagai negara di seluruh dunia. Game ini dibuat oleh sebuah publisher game asal Romania. Di Indonesia, jumlah pemainnya telah mencapai lebih dari 2800 orang dan mereka semua tergabung ke dalam Erepindo. Kegiatan komunitas ini tidak terbatas hanya bertemu dan berdiskusi mengenai game saja, namun juga fokus pada kegiatan di kehidupan nyata para pemainnya.

Twitter: @erepindo

Facebook: Erepindo

 

 

7. Kelompok Studi Linux (KSL) UBL

Kelompok Studi Linux – Universitas Budi Luhur (KSL-BL) adalah wadah bertemunya pengguna (penggemar) software free free & open source yang berlokasi di Universitas Budi Luhur. Kegiatan utama KSL-BL adalah riset pada cabang ilmu komputer dan sering mengadakan workshop ataupun seminar di lingkungan Universitas Budi Luhur. Acara tahunan yang selalu digelar adalah Software Freedom Day dengan mengangkat berbagai tema menarik, seperti soal keamanan komputer hingga desain grafis.

Twitter: @kslbl

Website: KSL UBL

 

 

8. Komunitas Visual Fotografi

Komunitas Visual Fotografi berdiri pada tanggal 26 Desember 2006. Komunitas dibangun dengan tujuan sebagai wadah bagi mahasiswa Universitas Budi Luhur ubl untuk belajar fotografi atau mengekspresikan karyanya. Beberapa acara yang sering mereka gelar adalah hunting foto bersama dan juga menggelar gathering secara rutin. Acara lainnya yang juga tidak kalah menarik mereka lakukan adalah pameran foto di seputaran kampus Budi Luhur, Jakarta.

Twitter: @visualfotografi

 

 

9. Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HMSK)

Sistem Komputer terbentuk pada bulan Agustus 1985 dibawah Akademi Teknik Elektro Komputer (ATEK). Pada tahun 1986, namanya berubah menjadi Sekolah Tinggi Elektro Komputer(STEK). Perubahan kembali terjadi pada tahun 1987 dengan sebutan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Budi Luhur dengan jurusan Teknik Komputer. Dimulai dari tahun 2002 hingga sekarang, namanya menjadi Universitas Budi Luhur dengan jurusan Sistem Komputer. Setiap tahunnya, HMSK secara rutin menggelar Kontes Robot ABU Indonesia dengan nama Tim Blue Deep Budi Luhur University Experiment In Digital Enginering Embedded Programmer. Salah satu prestasi yang diraih adalah Juara I dan penghargaan Strategi Terbaik di tingkat Regional 2 (Jawa Barat & Banten) pada tahun 2012.

 

© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved.