You are Here : Home > CHIPversity > General
26 October 2016 | 1731 view(s)
Smart-Home Sweet Home

Sebagai bapak yang melek dengan teknologi IT, pasti menginginkan rumah idaman yang bisa memberi kenyamanan, kemudahan dan perlindungan yang dibantu dengan perangkat IT.  Smart-home Sweet Home merupakan rangkaian kata yang memiliki arti dengan smarthome semakin melengkapi kenyamanan di rumah, kenapa melengkapi kenyamanan di rumah ? karena untuk menciptakan kenyamanan di rumah bisa dengan inmateri dan materi. Kenyamanan rumah dengan inmateri semuanya tidak terlepas dari sisi sosial dan religi dalam membangun kondisi rumah yang nyaman bagi keluarga. Dari sisi materi salah satunya dengan implementasi “ Smart-home Sweet Home ” yang semuanya tidak lepas dengan adanya teknologi perangkat IT yang mampu memberi kenyamanan dan kemudahan bagi penghuni rumah dalam mengendalikan perangkat - data multimedia dan memonitor semua perangkat yang berada dirumah.

Selanjutnya rumah idaman yang nyaman pastinya tidak ingin rumahnya itu penuh dengan pemandangan kabel yang berseliweran di tiap sisi tembok ruangan, karena itu solusi menggunakan teknologi wireless sebagai jawabannya. TP Link merupakan salah satu perusahaan global yang menyediakan perangkat jaringan dan aksesoris yang handal untuk memenuhi kebutuhan semua aspek kehidupan sehari-hari. Segala kebutuhan perangkat IT untuk menjadikan “ smart-home sweet home “ saya pilih semuanya dari produk keluaran TP Link, antara lain sebagai berikut :

 

1. ARCHER AC3200 Wireless Tri-Band Gigabit Router

ARCHER AC3200 Wireless Tri-Band Gigabit Router

Sebagai pusat pintu gerbang keluar masuknya koneksi data dari luar dan dalam diperlukan perangkat yang canggih dan mumpuni, karena itu router ini yang akan berperan utama dalam melayani kebutuhan akan DLNA multimedia bagi perangkat lainnya. Spesifikasi router yang mumpuni ini antara lain :

a. ARCHER AC3200 Teknologi 3 Band yang mampu memisahkan jalur koneksi 3 band dalam menyalurkan data sesuai  beban data perangkat yang tersambung ke router tersebut, misal: Dengan simultan ada 3 perangkat yang terkoneksi bersama-sama, perangkat 1 sebuah smartphone sedang menggunakan data browsing dan media social, perangkat 2 sebuah laptop sedang bermain game online dan perangkat 3 TV LCD yang sedang melihat TV Online dan Youtube dengan kualitas HD, dengan adanya smart connect router ini dengan canggih akan membagi jalurnya secara proposional agar seimbang dengan begitu tidak ada perangkat yang mengalami penurunan kecepatan bandwidth.

b. 6 antena memberikan koneksi yang stabil dan luas untuk mengcover semua perangkat.

c. CPU dual core 1 GHz & 3 Co Processors yang mumpuni agar router tidak kedodoran perfomancenya disaat melayani data semua perangkat yang simultan terkoneksi bersamaan ke router ini.

d. Memiliki 2 port USB ( 1 Port USB 2.0 dan 1 Port USB 3.0 ) dengan begitu port USB 3.0 pada router ini sangat powerfull apabila ditambahi storage USB berkapasitas besar untuk digunakan sebagai media server / media backup untuk menampung data multimedia, data penting  dan data lainnya yang berasal perangkat gadget, akhirnya bila sewaktu - waktu ingin restore data dan explore data multimedia dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu pada port USB 2.0 bisa digunakan untuk print server yang melayani percetakan dari semua perangkat seperti laptop, komputer, smartphone dan tablet.

AC3200 Wireless Tri-Band Gigabit Router Archer C3200

e. 4 Port gigabit yang melimpah mampu memberikan kecepatan tinggi disaat darurat apabila membutuhkan koneksi dengan menggunakan kabel.

f. Parental Control dengan adanya fitur ini setidaknya orang tua ada kenyamanan dan tidak was-was untuk memberikan fasilitas internet buat anak - anak apabila disalahgunakan membuka situs-situs yang berbahaya bagi anak.

g. Easy Control dengan menggunakan media smartphone android / iOS sangat mempermudah pengaturan router.

 

2. NC220 Day/Night Cloud Camera, 300Mbps Wi-Fi

NC220 Day/Night Cloud Camera, 300Mbps Wi-FiIP camera merupakan alat bantu dalam mengawasi kondisi rumah di dalam dan di luar. Kondisi rumah di dalam bisa untuk mengawasi anak, kucing hewan peliharaan dan kondisi luar rumah untuk mengawasi berbagai macam area seperti pagar, pintu masuk. Kamera ini juga sangat bagus disaat gelap karena dilengkapi fitur night vision yang mampu menangkap pergerakaan, selain itu disaat diluar kota / tidak ada di rumah dengan teknologi tplink cloud melalui internet yang ada dirumah semua kamera bisa diakses melalui smartphone / tablet secara realtime. 

 

 

3. TL-WPA4230P KIT AV500 Powerline Wi-Fi Kit ( 1u TL-PA4020P dan 1u TL-WPA4230P )

TL-WPA4230P KIT AV500 Powerline Wi-Fi Kit ( 1u TL-PA4020P dan 1u TL-WPA4230P )

Perangkat yang memberi kemudahan untuk expand koneksi data apabila dirumah ada ruangan yang tidak terjangkau oleh coverage Wi-Fi dari Router AC3200 Wireless Tri-Band. Tanpa perlu ribet - ribet menarik kabel data lagi dari router menuju ke ruangan dengan cukup melalui kabel listrik yang sudah ada sebagai media jalur data, kemudian di outlet power dekat router dipasang TL-PA4020P sebagai penghantar data dengan kecepatan tinggi hingga 500 Mbps.

TL-WPA4230P KIT AV500 Powerline Wi-Fi Kit ( 1u TL-PA4020P dan 1u TL-WPA4230P )

Di ruangan yang tidak terjangkau Wi-Fi dipasang TL-WPA4230P yang mampu mengclone SSID dari router dan juga mampu memancarkan data hingga kecepatan 300 Mbps dan terakhir ada juga 3 port LAN 100 Mbps yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan koneksi data dengan kabel data......wow " sangat mudah sekali dan fleksibel dalam mengekspansi jaringan ".

 

4. ARCHER T4UH AC1300 High Gain Wireless Dual Band USB Adapter

ARCHER T4UH AC1300 High Gain Wireless Dual Band USB Adapter

Dirumah masih ada PC Komputer yang tidak mempunyai koneksi data dengan Wi-Fi, agar bisa terkoneksi dengan Wi-Fi router cukup menggunakan adapter ini. Menggunakan Wi-Fi type terbaru 802.11ac yang memiliki kecepatan 3X lebih cepat dari type N, selain itu memiliki fitur Dual Band yang mana pada band frekuensi 5 GHz mampu menghantarkan kecepatan tinggi hingga 867 Mbps dan pada band frekuensi 2,4 GHz mampu menghantarkan kecepatan hingga 400 Mbps. Dengan begitu dari kecepatan yang dihasilkan kebutuhan akan kecepatan data untuk penggunaan game online, video streaming akan terpenuhi tanpa ada lagging saat digunakan.

 
Rancangan diatas untuk menjadikan rumah " smart-home sweet home " membutuhkan persyaratan antara lain :
1. Saat menggunakan koneksi data internet keluar harus memiliki koneksi internet yang cukup cepat agar bisa melayani kebutuhan data semua perangkat agar tidak terjadi lagging saat bermain game online, nonton video HD di youtube.
2. Sebagai Media Server diperlukan Storage External / HDD External yang memiliki koneksi USB 3.0 agar sepadan kemampuan kecepatannya dengan port USB 3.0 di router, dengan begitu kebutuhan akan melayani multimedia meliputi audio dan video dari permintaan semua perangkat yang mengakses HDD external dapat terpenuhi tanpa ada kendala lagging.
 
sumber :
tp-link.co.id
 


You may also like:

Membangun SmartHome dengan Trio TP-Link

Smart Home, Smart Solution

Smart Home Bukan Sekedar Rumah Kekinian

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved.