You are Here : Home > CHIPversity > General
26 October 2016 | 1892 view(s)
Introducing My Smart Home

Rumah adalah Sumber Kedamaian, Inspirasi, dan Energi Baru

Rumah merupakan salah satu tempat kehidupan, banyak hal – hal yang bisa dilakukan saat di rumah, salah satunya kegiatan yang berhubungan dengan multimedia seperti mendengarkan musik saat sedang istirahat setelah pulang kerja, atau menonton film bersama teman - teman. Hal – hal tersebut dapat memberikan kedamaian, inspirasi, atau energi baru kepada sebagian orang.

Sebelum ditemukannya teknologi Wi-Fi, banyak perangkat multimedia di rumah yang tidak saling terkoneksi menjadi sebuah masalah tersendiri bagi pemilik rumah. Misalkan saja, ketika pemilik rumah ingin mendengarkan musik yang tersimpan di laptop dengan perangkat Home Theater System, harus repot memindahkan file dahulu atau ketika pemiliki rumah ingin menonton video di laptop dengan TV, harus repot mengkoneksikan laptop ke TV dengan kabel.

 

Teknologi yang memudahkan

Setelah teknologi WiFi ditemukan namun tidak lantas membuat perangkat - perangkat multimedia saling terhubung hingga akhirnya diperkenalkan fitur Digital Living Network Alliance (DLNA) pada teknologi WiFi. Fitur DLNA memungkinkan perangkat - perangkat multimedia yang telah bersertifikat DLNA dapat saling terhubung dan berbagi konten di dalamnya.

 

Lahirnya Smart Home

Dengan adanya fitur DLNA tersebut, memainkan musik, memutar video ke berbagai perangkat multimedia dapat menggunakan hanya dengan smartphone secara tidak langsung juga mewujudkan Smart Home dari sisi multimedia di rumah. Smart Home adalah teknologi yang memungkinkan pemilik rumah mengontrol berbagai perangkat teknologi hanya dengan menggunakan smartphone atau perangkat gengam lainnya.

Dalam membangun smart home dari sisi multimedia, perlu memperhatikan perangkat – perangkat dan fungsinya berikut ini :

  1. Wireless Router

Berfungsi sebagai penghubung semua perangkat dan koneksi Internet. Dengan ini, kita hanya perlu terkoneksi ke jaringan maka sudah bisa terhubung dengan perangkat smarthome lainnya. Karena fungsinya sebagai penghubung maka diperlukan kemampuan perangkat yang baik, salah satunya  produk TP-Link yaitu Archer C9.

Kemampuannya Archer C9 sudah dibuktikan dengan didapatkannya berbagai penghargaan oleh perangkat ini, antara lain “Performance Award” dari HardwareHeaven, “Recommendation Device” dengan nilai 9/10 dari Komputer for Alle, “Editor's Award” dari majalah PC3.

Selain hal tersebut, fitur – fitur yang ditawarkan perangkat ini juga melimpah, yaitu 4 port Gigabit LAN, 1 Port Gigabit WAN, USB sharing dengan 1 Port USB 3.0 dan 1 Port USB 2.0. Terdapat juga fitur dual band Wireless (2.4GHz dan 5GHz) berstandar 802.11n dan 802.11ac, sehingga kecepatan akses jaringan yang bisa diberikan perangkat ini bisa mencapai 600Mbps pada jaringan wireless 2.4GHz dan 1.3Gbps pada jaringan 5GHz. 3 buah antena eksternal turut dibenamkan untuk memastikan sinyal yang dipancarkan stabil, kuat, dan menjangkau wilayah lebih luas dibanding perangkat sejenisnya.

 

  1. Komputer

Berfungsi sebagai Digital Media Server (DMR), menyediakan konten multimedia yang dapat diakses dan digunakan oleh perangkat smarthome lain. Sebaiknya gunakan notebook/laptop yang sifatnya mudah dibawa kemana-mana (portabel).

 

  1. Camera

Bersifat tambahan (opsional). Dibekali Wifi berstandar 802.11n dengan kecepatan hingga 300Mbps dan fitur Cloud Storage, Night Vision, Motion & Sound Detect, serta didukung kualitas gambar HD menjadikan TP-Link NC250 pilihan yang tepat dalam memantau dan mengawasi keadaan di rumah kita.

 

  1. HDD Eksternal

Bersifat tambahan (opsional). Dengan menggunakan fitur dari TP-Link Archer C9 yaitu USB Sharing melalui port USB 3.0 yang sudah dibenamkan di TP-Link Archer C9, kita dapat menggunakan HDD eksternal sebagai Personal Cloud. Melakukan transfer file dari komputer/smartphone ke komputer/smartphone dilakukan secara wireless, mudah dan efisien.

 

  1. Home Theather

Home theather memiliki 2 fungsi, yang pertama sebagai penunjang kebutuhan akan sistem audio yang handal dan terkoneksi dengan Smart TV. Yang kedua adalah jika tidak sedang terkoneksi dengan Smart TV dapat berfungsi sebagai Digital Media Render (DMR), memainkan konten yang telah dipilih oleh Digital Media Controller (DMC).

 

  1. Konsol Game

Selain untuk bermain game dan terkoneksi dengan Smart TV juga dapat berfungsi sebagai Digital Media Player (DMP), memainkan konten multimedia yang disediakan oleh Digital Media Server (DMS).

 

  1. Smart TV

Berfungsi sebagai Digital Media Player (DMP), memainkan konten multimedia yang disediakan oleh Digital Media Server (DMS).

 

  1. Smartphone

Berfungsi sebagai Digital Media Controller (DMC), mengontrol Digital Media Player (DMP), Digital Media Render (DMR), serta smartphone itu sendiri untuk memainkan konten multimedia dari Digital Media Server (DMR).

  

Di samping itu, smartphone juga dapat berfungsi mengatur TP-Link Archer C9 melalui sebuah aplikasi yakni TP-Link Tether. Sebuah aplikasi khusus yang dibuat oleh TP-Link agar memudahkan pengguna smartphone mengatur perangkat Wireless produksi TP-Link.

Terdapat juga TP-Link tpCamera yang difungsikan untuk mengatur camera produksi TP-Link, contohnya NC250.

 

Ketika semua perangkat telah terhubung, nikmati pengalaman Smart Home yang menyenangkan dan pengalaman berbagi file via Wireless yang anti ribet.

 

Sumber :

http://www.tp-link.co.id

http://cordcutting.com/what-is-dlna/



You may also like:

Membangun SmartHome dengan Trio TP-Link

Smart Home, Smart Solution

Smart Home Bukan Sekedar Rumah Kekinian

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved.