Advertisement
You are Here : Home > CHIPversity > General
27 October 2016 | 1333 view(s)
Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Apakah kamu punya PC dengan OS Windows di rumah? Apakah kamu punya smartphone android? Apakah di rumah kamu sudah terpasang jaringan Internet dengan koneksi wireless? Jika semua jawabannya Ya, maka sekarang juga Kamu bisa membuat sendiri jaringan Multimedia di rumah yang dapat di akses diruangan mana pun didalam rumah selama masih memiliki sambungan Internet yang sama.

Apa keuntungannya membangun jaringan Multimedia Server dirumah? Semua anggota keluarga bisa menikmati koleksi film, video, lagu, atau file media lainnya melalui berbagai gadget seperti smartphone, tablet maupun laptop.

Contohnya jika kita ingin menikmati koleksi video yang tersimpan di PC ruang keluarga melalui laptop yang ada di kamar tidur. Lalu ketika ingin mendengarkan lagu yang tersimpan di PC kamu melalui smartphone atau tablet. Kita tidak perlu menyalin file nya terlebih dahulu. Dengan membuat multimedia server di rumah, kita dapat mengakses semua file media di berbagai perangkat yang kita miliki.

Dalam tulisan kali ini akan dibahas bagaimana caranya membuat jaringan multimedia server dengan PC Windows dan smartphone android. Dengan kata lain kita akan mencontek fitur DLNA (Digital Living Network Alliance) yang adalah salah satu fitur yang memungkinkan untuk mengakses file multimedia yang tersimpan di satu perangkat melalui perangkat lain tanpa sambungan kabel.

Skema jaringan yang akan kita buat adalah seperti gambar di bawah ini:

 

Tanpa banyak basa-basi lagi, mari kita praktek membuat Multimedia SmartHome!

 

1.       Download Plex Media Server disini: https://www.plex.tv/downloads/
Lalu install di komputer windows. Sistem operasi yang bisa digunakan minimal Windows 7 SP 1 atau yang lebih baru.

 

2.       Download Plex for Android di playstore melalui smartphone android
Buka Playstore di smartphone lalu cari Plex for Android, atau bisa juga melalui link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.plexapp.android

 

3.       Setelah aplikasi Plex terpasang di komputer, aplikasi Plex dapat di akses melalui browser pada alamat http://127.0.0.1:32400/web/index.html. Selanjutkan kita akan diminta untuk membuat user, lalu login. Setelah login segera daftarkan folder-folder yang berisi koleksi film, lagu dan foto agar dapat tersimpan dalam library Plex. Karena aplikasi ini tidak gratris maka akan muncul penawaran untuk pembelian, abaikan saja pesan tersebut lalu pilih menu Stay in Trial Mode.

Pada bagian home akan muncul thumbnail dan informasi singkat untuk file film dan musik, informasi ini akan dibuat secara otomatis dan diambil dari internet secara otomatis oleh Plex.

 

Contoh Library Movie

 

Contoh Library Music

 

4.       Setelah semua terpasang dan library selesai di proses, mari kita mainkan! Buka aplikasi Plex di smartphone lalu login dengan user yang sama. Di halaman smartphone akan muncul beragam konten dari kategori musik, video, dan foto.  Jika di tap maka konten yg berasal dari PC akan di mainkan secara realtime di hp.

 

Tekan tombol Play untuk memainkan konten

 

5.       Smartphone android kamu juga bisa digunakan sebagai remote, misalnya untuk mengatur musik yang akan dimainkan oleh komputer, klik icon  yang ada di aplikasi Plex android, lalu pilih server yang muncul. Jika icon berwarna putih berarti konten di mainkan di gadget, jika berwarna orange itu berarti di mainkan di komputer. Asik bangetkan bisa bersih-bersih rumah/masak/olahraga sambil dengar musik dari speaker aktif yang terpasang di PC dan bisa di remote pakai smartphone

 

 

Ketika mencoba aplikasi ini, saya dapat memainkan semua konten dengan lancar berkat koneksi antar perangkat yang mumpuni untuk mengakses konten dengan bandwidth yg tidak kecil. Koneksi jaringan yang bagus tentu harus di dukung oleh perangkat yang bagus juga. Oleh karena itu untuk terkoneksi ke jaringan wireless di rumah saya menggunakan wireless usb adapter TL-WN727N pada PC agar koneksi dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan, dan memang nyatanya demikian, selain bentuknya yang ringkas, harga ekonomis performanya juga bagus dan stabil.

Wireless N USB Adapter TL-WN727N memungkinkan kamu untuk menghubungkan komputer desktop atau notebook ke jaringan nirkabel dan akses koneksi internet berkecepatan tinggi. Berdasarkan teknologi IEEE 802.11n, Wireless N USB Adapter TL-WN727N memberikan kecepatan nirkabel hingga 150Mbps, yang bermanfaat untuk game online atau bahkan video streaming. TL-WN727N menunjukkan kemampuan lebih baik mengurangi kehilangan data jarak jauh dan melalui rintangan di kantor kecil atau apartemen besar, bahkan dalam bangunan baja dan beton.

Clear Channel Assessment (CCA) secara otomatis menghindari konflik saluran menggunakan fitur saluran pilihan yang jelas dan sepenuhnya menyadari keuntungan dari saluran yang mengikat, sangat meningkatkan kinerja nirkabel. Jadi bukan hanya cocok digunakan pada kantor, si mungil Wireless N USB Adapter TL-WN727N bisa jadi partner yang baik untuk PC di rumah.

TL-WN727N bisa digunakan pada slot USB dan mendukung beragam OS Windows mulai dari Windows XP hingga Windows 10. saya sendiri menggunakan perangkat ini pada Windows 10 Pro 64 Bit dan dapat digunakan tanpa masalah. Setiap hari saya gunakan untuk mendownload file ukuran raksasa, streaming video, main game online serta browsing, semua dapat dilakukan dengan lancar dan stabil. Informasi speksifikasi dan fitur lengkapnya bisa kamu baca melalui link: http://www.tp-link.co.id/products/details/cat-11_TL-WN727N.html

Jadi tunggu apa lagi, jika semua sarana yang disebutkan di awal artikel sudah kamu punya segera praktek dan bagikan pengalaman kamu juga ya!

---------------------------------------------------------------------------

Sumber: 
http://www.tp-link.co.id/
https://www.plex.tv/how-it-works/


You may also like:

Membangun SmartHome dengan Trio TP-Link

Smart Home, Smart Solution

Smart Home Bukan Sekedar Rumah Kekinian

Teknologi Smart Home dan Cara Membangunnya
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved.