You are Here : Home > CHIPversity > General
27 October 2016 | 1946 view(s)
Smart Home Bukan Sekedar Rumah Kekinian

Rumah Kekinian

Pernahkah membayangkan sebuah rumah yang berjalan sesuai dengan keinginan kita? Melakukan semua kegiatan dalam rumah seperti menyalakan dan mematikan lampu, mengaktifkan air conditioner, televisi, dan semua perangkat elektronik lainnya, hingga sistem otomatisasi untuk operasi cctv, pintu dan jendela hanya dengan sekali klik melalui remote ataupun telepon seluler. 

Layaknya adegan di dalam film-film yang bernuansa teknolgi. Dimana menonton saluran televisi, film, musik hanya dilakukan dari satu perangkat ke perangkat lain dengan begitu mudah dan saling terkoneksi. Dan ketika berbagi data seperti file pekerjaan, foto, dan lain-lain bisa saling terakses satu sama lainnya. Itu semua dilakukan bersama keluarga di rumah dengan sangat nyaman, aman, dan ramah lingkungan tentunya.  Menjadikan rumah kita rumah kekinian tempat dimana kita mendapatkan inspirasi baru dan energi baru.

Hadirnya Konsep Smart Home

Dan itu semua hanyalah masalah waktu. Teknologi seperti di atas akan menjadi suatu hal yang biasa di dalam aktivitas kita. Yaitu teknologi DLNA (Digital Living Network Alliance) yang akan membuat semua hal yang dibayangkan diatas menjadi sebuah kenyataan.

Kemudian bagaimanakah teknlogi DLNA ini berjalan, apakah membutuhkan kabel ataukah seperti Wi-Fi?

DLNA bisa digunakan dengan dan atau tanpa kabel. Yang dibutuhkan dsini hanyalah sebuah jaringan yang menghubungkan kedua alat. Oleh karena itu, perangkat yang mempunyai DLNA Certified dapat terhubung dan saling berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan asal seperti pada internet broadband.

Jika kita ingin menonton film/ play musik/ membuka file atau sekedar bermain game yang terdapat pada pc/ smartphone dan ingin mengkoneksikan ke layar LCD. Kemudian pc/ smartphone kita merupakan alat bersertifikat DMS (Digital Media Server). Dan televisi LCD kita memiliki fitur DLNA. Maka kita dapat mengirimkan film, file musik atau game itu ke LCD tv kita tanpa harus ribet colok sana colok sini.

Coba bayangkan alat-alat di dalam rumah kekinian kita memiliki sertifikat DLNA seperti diatas dengan mengusung konsep SMART HOME. Maka melepas penat setelah seharian bekerja akan lebih terasa efisien. Sehingga lebih banyak memiliki quality time bersama keluarga tercinta karena semuanya sudah saling terhubung. Dan sampai saat ini, sudah terdapat lebih dari 9000 perangkat yang bersetifikat DLNA.

 

Perangkat Pendukung Konsep Smart Home

Wireless Router

Cukup menggunakan produk dari TP-Link AC1750 Dual Band Wireless Gigabit Router Archer C7 yang sudah mendukung standar Wi-Fi generasi berikutnya. 3kali lebih cepat dari kecepatan nirkabel N dan memberikan kecepatan transfer data nirkabel gabungan hingga 1.75Gbps. Dengan kecepatan 1.3Gbps pada jaringan 5GHz dan 450Mbps pada jaringan 2.4GHz, Archer C7 adalah pilihan yang tepat untuk streaming HD dengan lancar, game online dan yang membutuhkan bandwidth intensif lainnya. Dua port USB nya bisa memudahkan untuk berbagi printer, file ataupun media dengan teman-teman atau keluarga, secara lokal atau melalui internet server FTP. Tugas seperti mengirim e-mail atau brwosing web dapat ditangani oleh jaringan 2.4GHz sedangkan tugas bandwidth intensif seperti game online atau HD video streaming dapat diproses oleh jaringan 5GHz. Dan semua hal itu bisa dilakukan pada waktu yang sama.

Dengan TP-Link Archer C7 menjadikan rumah kita bukan sekedar SmartHome. Tetapi juga menjadikan rumah kekinian dengan konsep SmartHome versi kita.

 

------------------------------------------------------------------

Sumber:

http://doavers.com/cara-menggunakan-fitur-dlna-pada-smartphone-ke-tv-atau-dlna-player/711

http://zitect.blogspot.co.id/2013/01/apa-itu-teknologi-dlna-dalam-smartphone.html

http://www.rumah.com/berita-properti/2015/12/112343/gunakan-smart-home-kenali-dulu-fitur-fiturnya

http://www.tp-link.co.id/

 

 



You may also like:

Membangun SmartHome dengan Trio TP-Link

Smart Home, Smart Solution

Membuat Jaringan Multimedia Server Dengan PC Windows dan Smartphone Android

Teknologi Smart Home dan Cara Membangunnya
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved.