Advertisement
You are Here : Home > News > Accessories & Peripheral
14 October 2016 | 4023 view(s)
Sony XQD, Memory Card dengan Kecepatan Tulis Tercepat!

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Sony melalui Sukses Digital merilis memory card yang memiliki kecepatan tulis tercepat! Memory card yang diberikan nama XQD ini merupakan hasil kerjasama antara Sony, Nikon, dan Sandisk.

Sony yang dahulu kala sempat mengembangkan memory card dengan nama Memory Stick tersebut, kini mengembangkan memory card dengan nama XQD. Memory card ini hadir dalam beberapa versi, yaitu versi G dan M. Pada memory card XQD versi G, kecepatan bacanya secepat 440 MB/s, sedangkan kecepatan tulisnya sebesar 400 MB/s! Sedangkan pada versi M, terdapat sedikit perbedaan di mana kecepatan tulisnya hanya sebesar 150 MB/s pada tipe 64 dan 128 GB, sedangkan pada tipe 32 GB sebesar 80 MB/s.

Seperti kita ketahui, salah satu hal yang paling penting pada feature memory card adalah kecepatan tulisnya. Karena seiring dengan makin canggihnya teknologi, terutama di bidang video yang kini sudah bisa merekam gambar dengan resolusi 4K. Tentunya semakin besar resolusi gambarnya maka akan semakin besar pula data yang dihasilkan. Untuk itu diperlukan kecepatan tulis yang tinggi untuk dapat menuliskan data yang sedemikian besar dalam waktu singkat.

Selain video, untuk fotografi juga akan sangat berguna. Terutama untuk burst shot, di mana kita bisa memotret banyak gambar dalam waktu singkat. Umumnya, kalau menggunakan memory card sd biasa, sesaat setelah melakukan burst shot kita harus menunggu proses penulisan data ke memory card yang butuh waktu cukup lama. Namun dengan menggunakan memory card XQD versi G, kita hanya cukup menunggu waktu 1 detik setelah menggunakan burst shot. Berapapun banyaknya kita melakukan burst shot, selalu hanya butuh waktu sedetik saja.

Keunggulan dari memory card XQD bukan hanya di kecepatan tulisnya yang tinggi saja, melainkan juga kekuatan fisiknya yang kuat. Memory card ini memiliki ketahanan terhadap benturan maupun saat dibengkokkan. Saat didemokan di panggung, memory card Sony XQD ini diletakkan di dalam alat pembengkok. Meskipun sudah dibengkokkan dengan tekanan yang cukup besar, kartu memory ini tidaklah patah dan bisa kembali diluruskan. Dan ketika dibaca, semuanya masih berjalan normal.

Dan terakhir, salah satu kemampuan yang tak kalah pentingnya adalah software pendukung dari Sony yang dapat mengembalikan data-data kita yang berada di dalam memory card tersebut. Asalkan controller-nya masih ada, maka semua isi data yang ada di memory card tersebut bisa dikembalikan. Hebatnya lagi, software ini dapat didownload secara gratis!

Saat ini untuk transfer data dari memory card ke PC hanya bisa menggunakan card reader khusus dari Sony ini yang menggunakan sambungan kabel USB 3.1.

Namun, untuk saat ini baru beberapa kamera saja yang bisa mendukung Sony XQD ini. Berhubung memory card ini dikembangkan bersama antara Sony, Nikon, dan Sandisk, maka baru kamera Nikon dan Sony saja yang mendukungnya. Kamera seperti Nikon D5 dan D500 sudah bisa menggunakan kartu ini. Sedangkan kamera camcorder Sony yang sudah 4K seperti PXW-FS7, PXW-Z100, dan FDR-AX1 juga sudah mendukungnya.

Untuk ketersediaan baru akan dibuka pada hari Senin depan. Sukses Digital akan menyalurkannya ke dealer-dealer terkemuka mulai Senin besok. Harga masih belum diumumkan, kemungkinan besar di hari Senin itulah baru akan dibuka ke umum berapa harga Sony XQD ini.


You may also like:

Sony XQD Memory Card

SanDisk Rilis Memory Card Tercepat Di Dunia
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy