Advertisement
You are Here : Home > News > Advertorial Apps Social Media
28 October 2016 | 5939 view(s)
Senjata Rahasia Kreator LINE

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id – Ingin jadi kreator stiker atau webtoon yang karya-karyanya disukai dan banyak diunduh orang? Simak dulu pengakuan para kreator stiker dan webtoon LINE tentang senjata rahasia mereka.

Yang pertama jelas harus bisa gambar. Selanjutnya, saat membuat konsep sebaiknya Indonesia banget, karena target market-nya, kan, lebih ke lokal. Konsep ini nantinya akan memengaruhi nama, bahasa, hingga tampilan stiker atau webtoon yang kita bikin. Kemudian baru bikin ide-ide cerita yang kreatif dan mudah dicerna oleh pembaca. Ide-ide cerita yang kreatif itu biasanya yang dekat dengan isu sehari-hari. Jadi, kita harus peka dengan apa saja yang ada dan terjadi di sekeliling.” – Niksen, pembuat stiker Si Udin di LINE

Kalau saya, sebelum bikin webtoon harus dikuatin dulu risetnya. Harus cari tahu dulu, sekarang orang-orang sukanya baca komik apa. Terus, perhatikan topik-topik dan idiom-idiom yang lagi ngetren. Soalnya, kalau tidak ngikutin topik-topik dan idiom-idiom yang lagi ngetren, webtoonnya pasti jadi garing. Yang tidak kalah penting juga, sebelum bikin webtoon, tentukan dulu genre-nya. Sebaiknya kita menyatukan antara genre yang paling laris di pasaran dengan genre yang kita, sebagai pembuat webtoon, suka. Sebab kalau dipaksain hanya mempertimbangkan yang paling laris, di tengah jalan nanti bisa mentok.” – Archi, pembuat webtoon Eggnoid di LINE

Buat bikin stiker yang laku, setelah dapat ide dan menentukan target market-nya, yang paling penting risetnya harus lengkap. Soalnya, hasil riset ini nantinya sangat berpengaruh pada visualisasi dan teks stiker yang kita bikin. Misalnya, waktu saya dapat ide bikin stiker seperti meme, saya perhatikan meme-meme yang beredar dan kesukaan orang-orang yang bikin meme. Mayoritas anak meme itu suka Packman. Nah, saat memvisualisasikan karakter stikernya, ini jadi pertimbangan saya, hingga akirnya terciptalah karakter yang kepalanya bulat itu. Kalau untuk teks stiker, ya harus diriset dulu idion-idiom apa yang lagi ngetren.”  - Rifal, pembuat stiker Anak Yimyam dan Kekinian di LINE

Itu tadi bocoran dari tiga kreator stiker dan webtoon LINE yang bisa jadi masukan. Berminat mengikuti jejak mereka? Ayo, ikut kompetisi stiker dan webtoon LINE dalam rangka perhelatan LINE Creativate 2016, yang akan diselenggarakan dari tanggal 18 November sampai 20 November nanti. Cari informasinya di www.linecreativate.com dan langsung kunjungi www.creator.line.me.

 

  


You may also like:

Tips Jadi Juara Kompetisi Sticker LINE

Line Helat Developer Day 2016 di Jepang

Blackberry Messenger Dibeli Emtek dari Indonesia Senilai 2,9 Trilyun

Facebook Messenger Luncurkan Feature Pengenalan Wajah
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy