You are Here : Home > News > Advertorial Apps
17 October 2016 | 3868 view(s)
Tips Untuk Membuat Apps

Penulis : Kama Adritya

 

CHIP.co.id - Membuat aplikasi mobile itu sebenarnya adalah susah-susah gampang. Jika kita melakukannya dengan cara yang tidak tepat maka akan terasa lebih susah. Sedangkan jika kita melakukannya dengan tepat, maka membuat aplikasi menjadi lebih ringan.

Caranya bagaimana? Ada 5 hal yang harus kita lakukan sebelum kita membuat apps. Yaitu:

1.Visi.

2.Cari tim.

3.Cari masalah.

4.Cari solusinya.

5.Gunakan teknologi.

Programming itu dapat meringankan masalah. Jangan takut dengan coding. Jangan sampai kalah sama anak-anak SMK yang sekarang juga sudah banyak memberikan kontribusi. Oleh karena itu perbanyak pengetahuan seputar programming sebisa mungkin.

Harus bersiap dan menunggu ketika kesempatan itu datang, lakukan semuanya dengan serius. Work hard, Play hard, Learn harder. Go innovate yourself. Yang penting buat dulu aplikasinya, karena setelah itu ada banyak langkah agar dapat membantu. Salah satunya adalah Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC).

Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan..

Cara membuat ide (yang bisa menang di IWIC):

  • Latar belakang masalah bisa menjadi ide. Menemukan ide yang unik sebenarnya susah, karena kebanyakan masalah yang ada sudah ada solusinya (dalam bentuk apps). Cara agar dapat mendapatkan masalah yang unik adalah dengan melihat objek awalnya. Misalnya mencari masalah saat menonton film, objek masalah yang di dapat adalah ‘kebelet pipis’. Untuk itu, muncul ide untuk membuat aplikasi yang akan memberitahu waktu-waktu yang tepat untuk pergi ke toilet saat menonton film tersebut.
  • Kirim aplikasi sebanyak-banyaknya (cari ide sebanyak-banyaknya).
  • Tulis ide yang didapat. Bikin ide dulu. Jangan sia-siakan masa muda, karena dunia di luar sana sangat ganas. IWIC bukan sembarang kompetisi, IWIC adalah alasan untuk mengembangkan ide. Itulah kenapa harus membuat ide sebanyak-banyaknya. Karena IWIC memacu diri kita untuk memberikan ide yang terbaik.
  • Yang penting bermanfaat (tidak perlu unik).
  • Bikin konsep proposal. Yaitu Latar belakang masalah, Tujuan aplikasi, solusi, kenapa ide kamu beda, market share, dan business model.
  • Jangan terlalu rumit.

Indosat Ooredoo mengajak pemuda Indonesia dan pemuda di belahan dunia lain untuk menciptakan ide dan aplikasi agar Indonesia bahkan dunia yang lebih baik. Melalui ajang IWIC ke-10 ini, diharapkan talenta digital Indonesia bisa sejajar dengan pemain Internasional dan menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing di kancah Internasional.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi https://iwic.indosatooredoo.com/en/

 


You may also like:

Ingin Buat Aplikasi yang Mendunia? Buatlah Sosial Media!

Pengumuman IWIC 10

Daftar Lengkap Pemenang IWIC 10 2016

Catatan IWIC 10: Gudang Inventory Beragam Produk Digital
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy