09 November 2016 | 3235 view(s)
Festival di Industri Keuangan dan Teknologi Dunia Ada di Singapura

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Dunia kini telah berubah dengan sangat pesat. Berkat teknologi yang memaksa kita untuk selalu selangkah di depan dalam berinovasi. Salah satu tantangan terbesar pada dunia yang diarahkan oleh teknologi ini adalah pembiayaannya.

Teknologi yang membawa peradaban manusia ke arah yang lebih maju ini tentu saja membutuhkan dana yang tidak kecil untuk setiap inovasinya. Baik itu untuk pemain di level start up sampai dengan pemain di level korporasi global sekalipun. Namun, kini solusi untuk masalah finansial dan teknologi ini akan segera teratasi. Dan semua solusi itu berada di Singapura.

Sebagai pintu masuk ke Asia, Singapura merupakan tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi dan juga sebagai wadah menciptakan solusi inovatif yang akan mengubah kehidupan. Mengapa? Karena Singapura memiliki ekosistem yang lengkap bagi perusahaan untuk membuat rancangan dan berinovasi. Di samping itu, Singapura juga memiliki ekosistem wirausaha yang cukup besar dengan hadirnya 55,000 start-ups yang mana menjadikan Singapura sebagai pusat akuisisi start-ups di Asia Tenggara.

Singapura juga telah menyelenggarakan sejumlah acara riset, inovasi dan teknologi yang membawa seluruh pelaku industri global untuk mendiskusikan ide-ide global yang sesuai dengan kebutuhan global, memberikan inspirasi untuk membuat perubahan serta mempromosikan konsep-konsep baru, seperti Singapore FinTech Festival

Pihak Otoritas Keuangan Singapura (MAS) mengumumkan akan diselenggarakannya peresmian acara Singapore FinTech Festival yang akan digelar dari tanggal 14 sampai 18 November 2016 ini. Dikelola bersama Asosiasi Bank di Singapura (ABS), festival yang berlangsung selama seminggu penuh ini akan menjadi yang pertama di Asia. Pada ajang ini akan mempertemukan beragam macam dari dunia FinTech. Festival ini akan menghadirkan kolaborasi, koneksi, dan membuat ekosistem di dalam dunia FinTech di Singapura dan daerah sekitarnya.

Singapore FinTech Festival ini akan terdiri dari tiga komponen, yaitu:

(a)    Global FinTech Hackcelerator – Pada bulan Mei 2016 lalu, komunitas global FinTech diundang untuk memberikan ide dan bekerja sama dalam memberikan solusi terhadap masalah-masalah spesifik ataupun tantangan yang berada pada industri keuangan. Lebih dari 20 tim dipilih untuk mewakili dan mengembangkan solusi untuk kesiapan pasar terhadap masalah-masalah yang ada. Tim-tim ini akan memberikan solusi mereka pada Demo Day di saat Festival nanti.

(b)    MAS FinTech Awards – Penghargaan ini akan diberikan kepada solusi FinTech yang inovatif dan dapat diimplementasikan pada start up FinTech, instansi keuangan, dan perusahaan teknologi.

(c)     Conferences and Events – Festival ini akan digelar konferensi MAS FinTech, ABS
MAS Tech Risk, danForum Regulasi Teknologi  (RegTech) ABS-MAS. Festival ini juga akan menghadirkan komunitas dari aktivitas lain seperti Innovation Lab Crawl, SGX Bull Charge Charity Run, dan lain-lain.

 

Tharman Shanmugaratnam, Wakil Perdana Menteri Singapura sekaligus sebagai Pimpinan di MAS, meluncurkan FinTech Festival Singapura saat sedang roadhow di kota New York, Amerika Serikat. Event tersebut dihadiri oleh lebih dari 200 anggota dari komunitas FinTech, seperti bank dan para petinggi investasi, start up FinTech, ahli teknologi, dan praktisi inovasi. New York adalah kota pertama dari sejumlah rangkaian inisiatif global yang akan dilakukan MAS untuk menarik perhatian dunia kepada komunitas FinTech sebagai penyedia inovasi dan kolaborasi dengan Singapura seiring dengan berkembangnya ekosistem FinTech yang ditawarkan.

Ravi Menon, Managing Director MAS, berkata saat di New York, “Teknologi akan mengubah industri finansial secara fundamental. Singapore FinTech Festival akan memberikan lingkungan yang kondusif bagi para pemain di FinTech, baik dari dalam maupun dari luar industri keuangan.”

Hal tersebut diharapkan dapat digunakan untuk berbagi ide dan membangun hubungan kerja sama yang dapat memperkaya ekosistem FinTech di Singapura yang berkembang dengan demikian pesatnya. Jadi jika Anda memang tertarik untuk memberikan kontribusi di dunia teknologi dan membutuhkan solusi seputar finansial, maka segeralah datang ke acara Singapore FinTech Festival ini.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.FinTechFestival.sg.


You may also like:

Masa Depan Inovasi Berada di Singapura

Apple Hadirkan Toko Pertamanya di Asia Tenggara

BMW: The Innovation Festival 2016

Begini Agar Anda Tak Mudah Dibohongi
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy