05 November 2016 | 5616 view(s)
Pelajari 3 Trik Ini untuk Menangi LINE Game Developer Competition

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Main game itu asyik. Bisa lupa semuanya kalau lagi seru. Tapi, bikin game online sendiri lebih asik. Soalnya, serunya bukan cuma pas main. Pas bikin lebih seru lagi! Itu sebabnya, dalam rangka gelaran LINE CREATIVATE 2016 yang akan diselenggarakan 19 – 20 November 2016 mendatang, LINE juga mengadakan kompetisi bagi para game developer.                                 

Kompetisi ini bertujuan untuk memberi kesempatan seluas-luasnya bagi para game developer indie untuk menampilkan karya-karyanya di ajang LINE Creativate 2016. Game yang lolos hingga ke final nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk dipublikasikan sebagai LINE Game, di mana game tersebut akan mendapat eksposur yang luas dan dukungan promosi dari LINE.

Cara ikutannya juga gampang, kok. Syarat pertama, peserta harus mewakili dirinya sendiri secara individual atau maksimal 10 orang, dan tidak mewakili perusahaan game publisher manapun. Kedua, game tidak pernah diikutsertakan dalam kompetisi sejenis sebelumnya, juga belum pernah dipublikasikan di Play Store atau Apps Store. Ketiga, game harus dibuat di atas platform Android, iOS, atau Unity.

Syarat selanjutnya, peserta harus menyerahkan proposal melalui microsite (www.linecreativate.com) dengan format yang sudah ditentukan LINE, yaitu: ukuran maksimal IPA yang diiikutsertakan sebesar 65 MB dan ukuran maksimal APK yang diikutsertakan adalah 100 MB.

Upssss…, hadiahnya lumayan, lho. Juara 1 sampai 3 akan mendapatkan 20.000 Dicoding Point yang bisa ditukar dengan hadiah jutaan rupiah seperti laptop dan handphone, serta berkesempatan untuk dipublikasikan sebagai LINE Game.

Gimana? Tertarik?

Nih, CHIP kasih bocoran langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum LINE Game Developer Competition. 

Rancangan Dasar Game

Intinya, sih, membuat gambaran besar game seperti apa yang mau dibikin. Dari mulai ide awalnya, bisa dimainkan oleh berapa orang, genre-nya apa, memakai sistem skor atau tidak, karakter-karakternya (termasuk sketsa/ gambarnya, plus biodata juga), aturan-aturan permainan (HP/ MP/ FP/ LP/ lainnya), cerita dalam game, berapa level karakter, perilaku karakter pada setiap level, equipment/ peralatan karakter (pedang, pistol, palu, parang, panah, sekop, helm, pakaian/zirah, tato, bom, senjata mesin, bazoka, dll), lingkungan tempat karakter beraksi (termasuk dunia, peta, jalan raya, bangunan, dll),  kendaraan (mobil, kereta, pesawat, kapal, papan luncur, sepeda motor, dll), tipe akhir permainan (closedended atau openended), engine yang akan digunakan, sistem pencahayaan (HDRI atau tidak), dan masih banyak lagi.

Sketsa Dasar Layar

Kalau rancangan dasarnya sudah jadi, buat beberapa sketsa dasar layar seperti yang diinginkan, supaya punya gambaran mengenai di mana berbagai elemen game akan diletakkan nantinya. Buat visualisasi karakter, lingkungan, item khusus, dan bermacam material/ tekstur dalam game tersebut, berikut animasinya.

Setelah itu, harus dipikirkan juga suara dalam game. Suara yang dimaksud secara garis besar meliputi musik latar, sound effects, dan dialog antar karakter di dalam game (jika ada).

Pilih Program untuk Membuat Game

Sekarang ini ada banyak program yang tersedia, yang membuat kita lebih gampang membuat game online sendiri. Beberapa pilihan populer untuk membuat game antara lain: Stencyl, GameMaker, Cocos2D, Unity, Unreal Engine, Twine, RPG Maker MV, Game Salad, 3D Rad Engine, Constract 2, dan Adventure Maker Studio. Jadi, tinggal pilih saja program mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita.


You may also like:

Asyiknya Membuat Komik di Era Digital Versi Webtoonist Juki

Ongki Kurniawan: Support Total Kreator Indonesia!

Yang Seru di LINE Creativate 2016

Senjata Rahasia Kreator LINE
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy