12 November 2016 | 6478 view(s)
Ongki Kurniawan: Support Total Kreator Indonesia!

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id – Kreativitas bukan hanya milik satu orang, karena pada dasarnya semua orang memiliki jiwa kreatif. Bedanya hanya: ada orang yang sudah bisa mengekspresikan ide-ide kreatifnya, ada yang belum.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang belum bisa mengeskpresikan ide-ide kreatifnya. Bisa karena hal-hal yang sifatnya personal, juga karena kesempatan untuk berkarya yang belum terbuka lebar untuknya.

Semua fakta ini membuat LINE akhirnya mengambil sikap. Sebagai sebuah smart portal, LINE tidak hanya ingin menghubungkan pengguna melalui aplikasi pesan singkat satu sama lain, tapi juga ingin mendekatkan para pengguna melalui berbagai servis dan layanan. LINE sebagai sebuah platform memberi dukungan penuh kepada talenta-talenta lokal dan pelaku industri kreatif untuk dapat berkontribusi, saling terhubung, mendapatkan peluang, mengeksplorasi kreativitas,  serta saling memberikan dan mendapatkan konten yang memiliki relevansi lokal.   

Salah satu bentuk dukungan LINE adalah dengan menggelar berbagai kompetisi menyambut LINE CREATIVATE 2016, yaitu EGG LINE Selfie, LINE Sticker Competition, LINE WEBTOON Competition, dan LINE Game Developer Competition.

Well, apa sebenarnya yang menyebabkan LINE begitu ngotot ingin mengangkat kreator-kreator lokal di kancah internasional?

“Sebab, kreator-kreator Indonesia memiliki ciri khas sendiri, yang tidak kalah dengan para kreator luar. Ini terbukti pada juara LINE WEBTOON Competition tahun lalu. Webtoon My Pre-Wedding dan Eggnoid sudah diterbitkan di LINE WEBTOON Thailand, lho. Dan kini sudah menjadi Top 10 Webtoon terpopuler di sana,” ujar Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia, bangga.

Itu baru satu contoh dahsyatnya kemampuan kreator lokal. Contoh lainnya masih banyak! Di bidang stiker misalnya, salah satu kreator yang termasuk dalam jajaran Top 3 kreator LINE sticker versi LINE internasional adalah Angelina, kreator stiker asal Indonesia. Sampai sekarang Angelina sudah membuat 100 stiker, melalui seri stiker About Alice, About Sam, dan About Ben. Stiker-stiker bikinan Angelina ini juga sudah dituangkan ke dalam bentuk webtoon, dan masuk dalam Top 10 LINE WEBTOON Indonesia. 

“See? Kreator-kreator Indonesia memiliki potensi dalam industri kreatif yang terus berkembang. Kabar terakhir yang saya dapat, jumlah LINE kreator Indonesia sudah mencapai lebih dari ribuan sticker di LINE Creator’s Market. Terus, LINE WEBTOON Indonesia juga memiliki jumlah pembaca terbanyak dibandingkan LINE WEBTOON dari negara lainnya. Dari 88 webtoon hingga akhir Agustus 2016, terdapat 35 webtoon kreasi webtoonist lokal. Hebat sekali, kan?!” kata Pak Ongki, semangat.

“Makanya LINE berkomitmen untuk tidak hanya berfungsi sebagai saluran komunikasi pribadi, tapi juga menjadi corong marketing paling efektif. LINE akan terus men-support talenta lokal untuk turut berkontribusi dengan Indonesian Digital Creative Economy Landscape. Keseriusan ini kami perlihatkan dengan membuat sebuah program bernama LINE Creative Day yang rutin dilaksanakan setiap tahun, yang pada tahun ini bernama LINE CREATIVATE 2016. Program ini kami buat untuk mengapresiasi dan memberikan peluang bagi para karya kreator lokal,” tambah Pak Ongki lagi.

Jadi, jangan ragu lagi untuk mengekspresikan ide-ide kreatif yang ada di kepala, karena LINE memberi kesempatan selebar-lebarnya kepada semua orang untuk mengekspresikan jiwa kreatifnya. Ikuti berbagai kompetisi yang digelar LINE di LINE CREATIVATE 2016, dan cari informasi lengkap mengenai berbagai kompetisi tersebut di www.linecreativate.com. Selanjutnya, bersiaplah menjadi kreator yang akan menaklukkan dunia!

 

 

 


You may also like:

Asyiknya Membuat Komik di Era Digital Versi Webtoonist Juki

Pelajari 3 Trik Ini untuk Menangi LINE Game Developer Competition

Yang Seru di LINE Creativate 2016

Senjata Rahasia Kreator LINE
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy