08 November 2016 | 6736 view(s)
Google Flights, Cara Cari Tiket Terbang Termurah

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id-  Konon, biaya transportasi via pesawat untuk liburan bisa memakan 25 – 50 persen total ongkos liburan itu sendiri. Apalagi jika dadakan dan bertepatan di saat peak season. Banyak jurus untuk mendapat tiket penerbangan murah menggunakan low cost airline. Membeli jauh-jauh hari biasanya merupakan cara paling ideal dan masuk akal.

Tetapi andaikan mendadak Anda ingin refreshing, maka yang Anda hadapi umumnya adalah harga yang sudah beranjak naik. Celakanya jika Anda tidak tahu perbandingan harga, bisa-bisa salah pilih.

Sebenarnya jika Anda menggunakan aplikasi pesan tiket macam Traveloka atau Tiket.com, ada banyak pilihan harga tiket terjangkau. Bahkan bisa dipesan pagi untuk penerbangan siang, jika masih tersedia.

Bagi Google mengemas aplikasi seperti tujuan di atas tak susah. Apalagi yang terintegrasi dengan layanan Google Trips seperti memanjakan segala informasi soal perjalanan dan travelling. Karena itulah aplikasi Google Flights kini telah tersedia dan benar berkaitan dengan Google Trips.

Layanan ini masih berbasis web yang dapat diakses di PC, laptop, tablet maupun smartphone. Pada menu Settings, Anda bisa memilih bahasa yang digunakan maupun harga dalam opsi berbagai mata uang, sudah sebanyak lebih dari 55 mata uang termasuk rupiah.

Sementara opsi pilihan penerbangan tersedia satu kali perjalanan maupun pulang pergi. Kemudian, jika Anda merencanakan perjalanan ke beberapa kota, tersedia opsi pilihan beberapa kota. Anda tinggal memasukkan satu-persatu kota-kota yang akan dikunjungi.

Sebagaimana kelas penerbangan, Google Flights menyediakan pilihan mulai kelas ekonomi sampai kelas satu. Juga jumlah tiket yang akan dibeli muali dewasa sampai bayi yang dipangku.

Setelan lain yang menarik adalah lama transit jika Anda hendak menghindari atau sebaliknya ingin klinong-klinong sejenak. Google Flights pun melampirkan sejumlah nama maskapai penerbangan termasuk yang bergabung dalam kelompok Oneworld, Sky team dan Star Alliance.

Jadwal dan harga tiket penerbangan selalu di-update, karena itu jangan khawatir jika Anda belum cocok dengan harga yang diatwarkan saat membuka, Anda bisa gunakan Pantau Harga agar memperoleh yang paling pas.

Tampilan Google Flights sangat simple dan memudahkan. Apalagi tersedia dalam bahasa Indonesia. Berbagai opsi sortir akan semakin memfokuskan pada pilihan. Sering sekali kita malah kebingungan karena banyaknya tawaran.

Sayang kemudahan yang ditawarkan Google Flights belum terintegrasi dengan maskapainya sendiri. Google Flights baru sekadar memberi informasi yang sangat rinci, namun jika Anda pesan tiket, Anda harus masuk ke situs maskapai yang Anda inginkan. Dan itu pun Anda harus memasukkan lagi data pemesanan dari awal.

Berikut ini beberapa langkah contoh pemesanan;

 

STEP 1

Ketika www.google.co.id/flights. Silakan masukkan tanggal, lokasi tujuan dan jumlah tiket jika iingin cepat. Atau browsing sejenak layanan yang disediakan.

 

STEP 2

Ada berbagai opsi yang ditawarkan, bahkan sampai tahun depan. Termasuk memilih tujuan dari Google Maps atau Google Trips.

 

STEP 3

Misalnya Anda pilih Denpasar maka akan muncul Google Flights (kiri) dan Google Trips (kanan) yang juga menyediakan pilihan hotel.

 

STEP 4

Selanjutnya tentukan tanggal dan jam penerbangan, termasuk jika perjalanan pulang-pergi. Tap lingkaran pada time line untuk menentukan jam penerbangan.

 

STEP 5

Informasi yang disajikan kadang juga soal  seringnya delay, juga panjang ruang kaki di bawah seat. termasuk layanan lain seperti video atau film di kabin pun ketersediaan Wi-Fi atau USB port. Setelah terpilih penerbangan kli atau tap Pesan.

 

STEP 6

Akan muncul notifikasi berupa informasi. jika sudah, silakan klik atau tap bahwa Anda sudah memahami.

 

STEP 7

Kemudian akan muncul harga masing-masing tiket pulang dan pergi, maupun harga total pembayaran tiket.

 

Sampai tahap ini, jika Anda hendak melakukan transaksi, Anda dipersilakan masuk ke web atau situs masing-masing maskapai.  Google Flights memang mengutamakan harga paling murah dan selanjutnya jika Anda scroll ke bawah akan muncul harga tiket yang lebih mahal. (*)

 

 


You may also like:

Tips dari Google Untuk E-Commerce di Akhir Tahun 2016 Ini

Hati-hati, Trojan Svpeng Incar Pengguna Android!

Tips Chip: Google Telusuri Gambar, Cari Asal-Muasal Foto?

Google Selenggarakan Event Google Playtime di Singapura
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy