25 October 2016 | 5897 view(s)
Kodak Ektra, Smartphone Ekstra Juru Foto

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Kodak barangkali salah satu vendor kamera yang mengalami gejolak turunnya penjualan kamera digital. Berbagai upaya dilakukan mengikuti tren pasar khususnya konsumen generasi milenial yang sangat digital, juga era visualisasi yang berkembang menjadi tampilan tiga dimensi bahkan virtual reality. Tantangan itu sebenarnya sudha dijawab oleh Kodak dengan merilis kamera VR seri Pixpro.

Namun untuk penggemar foto mobile Kodak belum pula mengemasnya. Tidak semua berani mengambil risiko memproduksi seri smartphone dengan own brand. Yang terjadi hanya menyodorkan komponen kamera saja, seperti Carl Zeiss atau Hasselblad. Kodak termasuk pionir dalam hal ini, bahkan Nikon atau Canon pun belum ada tanda membuat smartphone.

Tempo hari lahirlah seri  Kodak Ektra. Nama “Ektra” diambil sekaligus untuk mengingatkan kembali subbrand jagoan Kodak yang pernah dirilis sejak 1941, yang oleh serdadu Amerika kerap dijadikan sebagai alat rekam Perang Dunia II. Seiring berjalannya waktu, Ektra kalah pamor. Namanya tak menjulang. Tahun ’80-an, seri Ektra dikemas dalam format saku. Lensanya diletakkan di samping, dan mudah dibawa. Filmnya pun berbeda dengan roll film umumnya.

Kemasannya sebenarnya bukan hal baru. Samsung sudah pernah merilis smartphone dengan lensa optik berukuran besar. Tetapi hadirnya Kodak membuat konsep memotret semakin advance. Bodinya ramping hanya setebal 9,69 mm. Bandingkan dengan Smasung Galaxy K Zoom (produk terakhir Samsung dengan lensa besar) yang lebih tebal, 16,6 mm. Dimensinya 147,8 x 73,35 mm, ini setara dengan smartphone yang memiliki layar berukuran 5 inci. Layar Kodak Ektra (IPS LCD) pun dilapis oleh Gorilla Glass 3.

Kodak Ektra sejak awal memang membidik fotografer. Sebagai alat rekam ekstra maka lensa menjadi komponen paling penting. Kodak lantas menanamkan lensa 21 MP (26,5 mm) non reflektif yang mempunyai aperture f/2.0. Lensa ini dilengkapi dengan 6-Axis OIS (Optical Image Stabilization). Sebuah foto hasil pemotretan ditunjukkan dan tampak benar warna yang natural, tajam dan kontras. Kamera utama ini pun telah disipakan ntuk merekam video 4K. Sejumlah teknologi terkini ikut dibawa umpamanya HDR maupun Phase Detection Auto Focus. Sementara untuk selfie, Kodak menyiapkan lensa 13 MP.

Membawa Android Marshmallow, Kodak Ektra tidak memilih prosesor bikinan Qualcomm. Sebagai SoC ditunjuk Helio X-20 punya Mediatek dengan konfigurasi decacore berkecepatan komputasi 2,3 GHz.

Bodinya dibalut oleh kulit layaknya sebuah kamera digital DSLR. Kesan klasik memang sangat terasa. Pada bagian kanan (pada posisi horisontal) atau bawah (pada posisi vertikal) dibuat sebuah grip yang di dalamnya bercokol speaker.  

Untuk mengoptimalkan pekerjaan memotret, seri ini menggunakan memori sistem 3 GB RAM dengan memori simpan file foto maupun video seluas 32 GB. Tentu tak cukup, karenanya disediakan pula memori eksternal microSD.

Bagian menarik lainnya adalah pada tampilan menu pemotretan yang dirancang menyerupai kamera DSLR. Kodak menyebutnya Intuitive Touchscreen DSLR Dial. Tampilan setingan rotator pada kamera DSLR dibuat image yang diselipkan di tampilan utama pemotretan. Tentu saja tersedia opsi Otomatis dan Manual. Sementara tombol capture pun serupa, bahkan disertai logo Kodak yang Anda pun sudah tahu. Tombol manual capture tetap disediakan di atas grip, semata untuk memanjakan mereka yang masih terbiasa memotret dengan cara menekan tombol manual.

Menu-menu yang tersedia antara lain; Smart Auto, HDR, Portrait, Manual, Panorama, Macro, Bokeh, Sport, Night hingga Video. Sementara kalau Anda pilih mode Manual, seluruh setelan pada kamera DSLR pun dapat Anda temui dan segera atur.

Pasca pemotretan, fotografer masih diberi kebebasan untuk melakukan olah foto. Kodak menyiapkan aplikasi editing SnapSeed. Jika Anda ingin mencetak, sebuah aplikasi bertajuk Kodak Prints pun tak ketinggalan menanti.

Sampai urusan aksesori agar eksklusif dan mudah membawa Kodak Ektra disiapkan pula beragam casing dari kulit. Jadi sekarang Anda punya smartphone dengan looks sebuah kamera saku yang bisa Anda bawa ke mana-mana, sekaligus untuk segera upload foto ke media sosial.(*)

 


You may also like:

CES 2016: Bangkitnya Kodak Super 8 Film Camera
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy