You are Here : Home > News > Android Editorial Gadget
29 January 2016 | 10224 view(s)
Strategi Baru Samsung Dalam Rilis Seri Smartphone Mereka

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Samsung sebagai salah satu pemimpin pasar smartphone, mengumumkan perubahan strategi bisnis mereka. Langkah pertama dalam strategi baru mereka adalah dengan merilis Samsung Galaxy A edisi 2016.

Samsung selama ini terkenal dengan banyaknya pilihan seri smartphone di jajaran produk mereka. Sebut saja seri S dan Note sebagai flagship mereka. Namun, mereka juga memiliki seri lain seperti J, E, sampai dengan Y. Selama ini banyak orang kesulitan untuk melihat perbedaan dari masing-masing seri karena begitu banyaknya produk. Akhirnya, kini Samsung menyadari hal itu dan mendengarkan masukan dari para pengguna, yaitu dengan mengumumkan strategi baru dalam penamaan jajaran produk mereka.

Menurut Vebbyana Kaunang, IT dan Mobile Director untuk Samsung Electronics Indonesia, Samsung kini sudah dapat membedakan tiap-tiap seri dengan jelas. Berbeda dengan strategi sebelumnya yang setiap kali meluncurkan produk baru selalu menambahkan angka di nama produk tersebut, dan tumpang tindihnya target market dari seri-seri yang berbeda, kini Samsung berniat untuk mengubah semua itu. Di tahun 2016 ini Samsung tidak akan menamakan produk baru mereka dengan angka baru. Tetap dengan angka yang sama, namun dengan edisi tahun yang meningkat.

Misalnya seperti Samsung Galaxy A yang baru dirilis oleh Samsung. Mereka masih menggunakan nama Samsung Galaxy A3, A5, dan A7. Namun, dengan tambahan angka 6 di belakangnya. Menurut Vebbyana, angka 6 itu berarti edisi 2016 yang disingkat menjadi angka 6. Dengan kata lain, A3 yang dirilis di tahun 2016 akan berbeda dengan A3 yang dirilis pada tahun sebelumnya.

Selain strategi penamaan produk, Samsung juga menerapkan strategi pengelompokkan seri berdasarkan dari gaya hidup target market yang disasar. Masih menurut Vebbyana, hal ini dilakukan karena Samsung kini bukan hanya sekadar menjual features ataupun spec baru semata. Namun, karena Samsung ingin menjual experience atau pengalaman baru dalam tiap produknya. Sedangkan experience dari tiap orang tentunya akan berbeda-beda tergantung dari gaya hidupnya.

Oleh karena itu, Samsung merilis Samsung Galaxy A dengan target pasar mereka yang bergaya hidup ala millenials. Gen A atau yang umumnya disebut generasi Millenials, adalah generasi dengan rentang umur 18 sampai dengan 30 tahun yang memiliki kebutuhan dan gaya hidup yang berbeda dengan generasi lainnya. Sebut saja Marsha Tengker yang dikenal lewat Instagram-nya. Gaya hidup Gen A yang ingin menjadi trend setter itulah yang ditangkap oleh Samsung dengan merilis Samsung Galaxy A. Baik itu gaya hidup yang gemar memotret, gemar berbagi di media sosial, sampai dengan menjadi YouTubers lewat vlog.

Meskipun baru strategi untuk seri A saja yang dibeberkan oleh Samsung, namun Vebbyana memastikan bahwa seri-seri yang lain juga digarap dengan serius berdasarkan strategi yang serupa. Samsung juga berkomitmen untuk berpegang teguh dengan strategi penamaan edisi tiap tahun ini. Yang artinya, setiap tahunnya Samsung harus mengeluarkan produk baru dari setiap serinya. Ini dapat menjadi tantangan besar bagi tim RnD Samsung, karena harus dapat memberikan feature dan teknologi baru yang cukup berarti agar dapat memikat calon pembeli untuk membeli versi tahun yang baru.

Strategi ini juga berpotensi akan menjadi masalah untuk mereka yang ingin menjual produk lama mereka. Karena mereka berarti harus dapat membedakan perbedaan dari tiap edisi. Karena nama edisi 2016 tersebut tidak tertera pada body, melainkan hanya tertera pada kardus penjualannya saja. Sehingga bakal menyulitkan penjual maupun pembeli jika hanya melihatnya berdasarkan dari fisik produknya saja.

Bulan depan, Samsung kemungkinan besar akan merilis dengan resmi untuk seri S. Akan menarik untuk melihat bagaimana strategi baru ini akan diterapkan pada seri flagship Samsung ini. Apakah namanya akan menjadi S6 edisi 2016?

 


Tags : #gena #2016 #a7 #a5 #a3
You may also like:

Samsung Rilis Galaxy A Untuk Generasi Millenials

QTS 4.3, Sistem Operasi NAS Tercanggih dari QNAP

KLCSW 2016: Negara APAC Jadi Target Ransomware dan Serangan Cryptoware

Lenovo Technology Day 2016 II Pamerkan Solusi-Solusi Bisnis Terbaru
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy