Advertisement
15 November 2016 | 6068 view(s)
Samsung Indonesia Siap Rilis Keluarga Galaxy J Prime

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Setelah batal memasarkan Samsung Galaxy Note 7, kemudian beralih pada penjualan dua gadget-nya, Samsung Gear IconX dan Gear Fit 2, akhir minggu ini Samsung Electronics Indonesia bakal meluncurkan keluarga baru Galaxy J Prime. Setidaknya setelah dirilis secara global pada Agustus hingga saat ini Smasung punya tiga anggota baru Galaxy J Prime, masing-masing Galaxy J7 Prime, Galaxy J5 Prime dan paling bontot adalah Galaxy J2 Prime.

Samsung Galaxy J Prime sendiri sebenarnya merupakan proyek pengembangan dari Galaxy J yang pertama kali dirlis untuk konsumen operator Jepang DoCoMo pada tiga tahun silam. Pada akhir Desember 2013, Galaxy J lantas menebar pesona ke seluruh dunia. Subbrand ini memunculkan beberapa varian selain seri J sendiri, juga J Pro, J Max dan J Prime. Keempatnya tetap diproduksi sampai sekarang, hanya saja untuk seri J lebih didedikasikan bagi pengguna pemula.

Keluarga Galaxy J Prime baru dikenalkan pertengahan tahun ini. Desainnya dibandingkan dengan seri Galaxy J memang lebih luks. Tetapi ada kemiripan dengan beberapa keluarga seperti Galaxy On maupun Galaxy C. Tentu saja yang dibidik adalah pengguna dengan kantung sekitar Rp 3-4 jutaan yang merupakan kelompok mid level.

Sebelum dirilis akhir minggu ini, yuk berkenalan dengan tiga Galaxy J Prime!

 

SAMSUNG GALAXY J7 PRIME

            Keluarga pertama Galaxy J Prime ini sudah menggunakan OS Android Marshmallow. Untuk SoC-nya Samsung sangat mengandalkan Exynos. Di seri ini ditanamkan prosesor Exynos 7870 Octa yang memiliki kecepatan komputasi 1,6 GHz.

            Layarnya seluas 5,5 inci dengan persentase terhadap penampang depan mencapai 73 persen. Belakangan Samsung memanfaatkan tombol di bawah layar sebagai sensor sidik jari, seperti yang tampak pada seri ini.

            Samsung tampak benar ingin memanjakan pengguna dengan fitur kamera depannya. Tak hanya berbekal resolusi 8 MP namun juga punya aperture f/1.9, sama seperti pada kamera utamanya yang 13 MP. Samsung Galaxy J7 Prime memakai RAM yang cukup advance, yaitu 3 GB. Ada dua opsi memori ROM 16 GB dan 32 GB. Keduanya ditambahkan memori eksternal mencapai kapasitas hingga 256 GB.

            Selain itu kapasitas baterainya tergolong cukup besar untuk kelasnya. Bahkan di atas rata-rata, yaitu 3.300 mAh.

 

SAMSUNG GALAXY J5 PRIME

            Seri ini hadir berbarengan dengan Galaxy J7 Prime, hanya saja dikemas dengan spesifikasi yang lebih rendah. Desain bodinya sulit dibedakan dengan Galaxy J7 Prime. Bahkan sama-sama menggunakan Marshmallow.

            Beberapa perbedaan tersebut antara lain ukuran diagonal layar maupun material layarnya. Galaxy J5 Prime memakai IPS sementara J7 Prime PLS TFT. Dimensinya hanya 5 inci saja dengan rasio layar ke bodi lebih kecil, 69 persen.

            Kemudian seri ini datang dengan satu pilihan saja, yaitu memakai memori ROM 16 GB yang ditopang RAM 2 GB. Namun memori ekspansionalnya sama, sama-sama mampu melahap file sampai 256 GB. Sementara kamera utama yang digunakan tampaknya Samsung tak ingin mengurangi spek, tetap dipertahankan dengan resolusi 13 MP dan bukaan yang sama dengan J7 Prime. Kecuali kamera depan, terpaksa harus rela memakai resolusi 5 MP ( aperture f/2.2) semata untuk membedakan dengan saudaranya.

            Dengan spek lebih rendah wajar bila Samsung hanya membekali baterai berkapasitas 2.400 mAh. Selebihnya, Anda tak usah khawatir kalah set dengan J7 Prime.

 

SAMSUNG GALAXY J2 PRIME

            Ini adalah seri paling buncit dari seluruh produk 2016 yang dilepas sampai November. Desainnya juga berbeda, bahkan kesan low end itu tampak terlihat. Lihat pula space depannya yang masih menyisakan frame cukup lebar di samping layar. Walaupun sudah memakai layar 5 inci tetapi rasionya masih terlalu besar, mencapai 66 persen.

Sungguh pun begitu, namun seri ini telah memakai Android Marshmallow. Cuma Samsung memberikan tempat kepada rekanannya, Mediatek untuk ambil bagian dengan mengangsurkan SoC MT6737T. Prosesor ini punya clock speed 1,4 GHz.

            Karenanya, seri ini tak dibekali dengan fingerprint. Toh tampaknya pengguna Samsung Galaxy J2 Prime tak membutuhkan tambahan sistem sekuriti sidik jari.

            Pengguna pemula barangkali tak dimanjakan dengan memotret menggunakan kamera utama. Selain tentu ongkos produksi jadi mahal bila memakai resolusi seperti kedua kakaknya. Maka Samsung pun hanya menancapkan kamera 8 MP. Namun jangan khawatir, toh kamera 5 MP di depan masih cukup layak memanjakan penggemar swafoto.

            Bahkan agar lebih powerfull untuk penggunaan seharian, Samsung menyisipkan baterai yang lebih besar ketimbang Galaxy J5 Prime. Baterai 2.600 mAh memasok tenaga untuk smartphone dengan memori 8 GB ROM dan RAM 1,5 GB ini. (*)


You may also like:

7 Hal Isi Surat Soal Samsung Galaxy Note 7

Samsung W2017 Ponsel Lipat Harga Gila-gilaan

Samsung Gear Fit 2

Drama Samsung Note 7
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy