18 November 2016 | 32010 view(s)
OnePlus 3T, Jurus Lompat ke Android Nougat

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id – Penuh perhitungan, OnePlus memang tak terlihat agresif jika dibandingkan dengan Xiaomi. Tahun ini saja baru merilis satu produk pada semester pertama kemarin. Dengan kata lain, selama dua tahun usianya produsen satu ini baru mengemas empat seri smartphone.

OnePlus 3 yang dikenalkan pertama kali pada Juni lalu, sebenarnya termasuk high end dan layak disandingkan dengan brand papan atas. Apalagi seri ini sudah menggunakan Android Marshmallow. Maka bisa dipastikan OnePlus sangat berhati-hati dan tak tergesa-gesa. Dengan satu seri saja sudah cukup membuktikan keseriusan mengikuti tren teknologi perangkat Android terbaru.

Sekadar info saja, seri di atas juga merupakan salah satu dari sedikit smartphone yang memakai memori sistem RAM 6 GB.

Menjelang akhir tahun, brand yang dikenal dengan semangatnya “Never Settle” ini melengkapi catatan koleksi smartphone dengan meng-upgrade OnePlus 3 dengan seri baru bertajuk OnePlus 3T.

Postur sang suksesor tidak berbeda dengan “kakak”-nya. Bahkan dimensinya persis dan tak berubah. Termasuk bobot tentu saja. Layarnya pun tetap menggunakan Optic AMOLED berukuran diagonal 5,5 inci. Bahkan sama-sama dilapis oleh Gorilla Glass v4.0.

Nah yang berubah antara lain;

 

#1. VERSI OS

Selagi Samsung menyiapkan Galaxy S8 dengan OS Android Nougat tahun depan, OnePlus malah sudah menyisipkan versi 7.0 ini ke OnePlus 3T. Dengan kata lain seri ini merupakan satu dari 39 produk yang sudah bisa di-upgrade ke Nougat, dan sedikit yang benar-benar menggunakan Nougat sejak diproduksi.

 

#2. DUA KAMERA KEMBAR

OnePlus 3T sengaja menggunakan dua kamera (kamera utama dan depan) dengan resolusi yang sama, 16 MP. Tercatat baru ada 14 seri yang menggunakan kamera utama di atas 16 MP dan kamera depan di atas 13 MP. Kedua kamera OnePlus 3T sama-sama memiliki aperture f/2.0. Namun untuk kamera depan ditambahi dengan OIS.

 

#3. SISTEM ON CHIP NAIK

OnePlus 3 masih menggunakan Qualcomm Snapdragon 820, sementara OnePlus 3T telah memakai Snapdragon 821. Prosesor quadcore ini memiliki konfigurasi dua inti untuk clock speed 2,35 GHz dan dua inti buat speed 1,6 GHz.

 

#4. DUA VARIAN

Jika OnePlus 3 hanya datang dengan satu varian (64 GB) maka OnePlus 3T menawarkan dua varian, masing-masing 64 GB dan 128 GB. Keduanya berangkai dengan RAM 6 GB, seperti yang digunakan pada OnePlus 3.

 

#5. KAPASITAS BATERAI

Dengan spesifikasi yang lebih tinggi, wajar jika kapasitas baterainya pun mengikuti. Dulu hanya 3.000 mAh. Kali ini OnePlus 3T dibekali baterai 3.400 mAh.

 

#6. GANTI  KELIR

Pada OnePlus 3 tersedia dua warna antara lain soft gold dan graphite. Nah, tampaknya warna soft gold lebih disukai, karenanya tetap dipertahankan. Sementara graphite diganti dengan kelir gun metal. (*)


You may also like:

OnePlus 3 Tembus Pertarungan Memori RAM 6 GB

OnePlus X Dijual Minggu Depan

CyanogenMod 13 Tersedia Untuk OnePlus 2

Google Engineer: Hindari Kabel dan Adaptor Milik OnePlus
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy