Advertisement
You are Here : Home > News > Apple Android Digital Camera
14 November 2016 | 6018 view(s)
Sambutlah Hadirnya FujiFilm X A-3, Mirrorless Peselfie

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Kata fotografer Harian Kompas, Arbain Rambey, sekarang sudah kian nyata bahwa smartphon menggantikan kamera saku. Sementara kamera DSLR bakal disalip oleh kamera mirrorless. Cuma masalahnya kamera mirrorless macam apa yang akan menggantikan?

FujiFilm punya jawaban. Dikenalkan di ajang Fotokina 2016 beberapa bulan silam di Jerman, hadir seri yang bodinya klasik yang lalu dikemas keterkinian, alias retro. Sebuah kamera yang dibekali dengan layar sentuh. Dan sangat penting adalah memudahkan untuk berswafoto.

Bicara soal selfie alias swafoto, maka ada beberapa persyaratan. Pertama, kamera musti ringan dan aman digenggam. Maklum menggenggam kamera saat selfie kadang merupakan hal yang sulit. Kedua, wajib ada layar atau monitor kecil  untuk memastikan sudut bidiknya tepat, apalagi bila dilakukan selfie beramai-ramai (wefie). Ketiga, untuk soal wefie jika melibatkan banyak orang, maka lensa kudu mampu menjangkau sudut lebar.

Dan, ketiga hal itu diakomodasi oleh FujiFilm seri X A-3. Seperti Anda tahu, ini adalah generasi penerus seri X A-1 dan X A-2. Namanya pula next generation, maka resolusi lensa kamera gres ini meningkat jadi 24,2 MP. Seri X A-2 masih 16 MP.

Tentang layarnya yang seluas diagonal 3 inci itu menggunakan jenis TFT dan tentulah dapat diputar sejauh 180 derajat guna dipakai saat selfie.  Kemudian Anda pun dapat mengoperasikan untuk zoom (Touch Zoom), menentukan titik bidik (Touch AF) atau men-capture (Touch Shoot).

Buat penggemar food photography ini berita bagus, sebab seri ini dilengkapi dengan lensa XC16-50mmF3.5-5.6 OIS II. Lensa ini memungkinkan melakukan pemotretan makro dengan jarak ke obyek bidik sangat dekat mencapai 7 cm.

Satu lagi fasilitas yang wajib Anda gunakan kelak adalah koneksi nirkabel yang disediakan. Dalam hal ini menggunakan jaringan Wi-Fi. Pertama, tentulah Anda bisa pindahkan foto ke smarthone atau PC, bahkan jika Anda ingin mencetak foto seri ini kompatibel dengan printer mini Instax Share SP-2. Kedua, tanamkan aplikasi FujiFilm Camera Remote jika Anda ingin mengontrol pemotretan atau perekaman video dari jarak jauh memakai smartphone pun tablet.

FujiFilm Indonesia tampaknya sudah siap merilis seri yang jadi unggulan pasukan X Series di Fotokina 2016 itu. Tunggu kabar dari CHIP berikutnya….(*)


You may also like:

Galeri Pemenang Urban Photo Video Competition 2016

Inilah Kamera GFX 50S Medium Format Mirrorless dari Fujifilm

Fujifilm GFX 50S Bukan Sekadar Rumor Medium Format Mirrorless

Wonder Print Station, Solusi Printing Bagi UKM
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy