14 November 2016 | 7390 view(s)
Snapchat Spectacles, Kacamata Spektakuler Rekam Video

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Idenya mungkin sudah didahului Google dengan Google Glass-nya yang bahkan jauh lebih canggih. Tetapi canggih saja justru agak merepotkan, khususnya bagi pengguna biasa. Snapchat punya pertimbangan sendiri. Tahu benar akan pengguna aktifnya yang telah tembus 150 juta lebih itu dan kebanyakan adalah pengguna fun, terobosan baru pun dilakukan.

Merekam video superpendek selama ini hanya dapat dilakukan dengan memakai smartphone. Mungkin sedikit susah ketika pengguna mendadak menemukan peristiwa langka. Cara satu-satunya adalah memanfaatkan kacamata. Prinsip kerja kacamata hitam (sunglass) yang oleh Snapchat dijuluki Spectacles itu sederhana saja. Pada ujung kanan kacamata dilengkap kamera. Lensa kamera mampu merekam dengan sudut (angle) lebar mencapai 115 derajat. Sementara di ujung satu lagi bercokol LED yang berfungsi menjadi indikator ketika melakukan perekaman.

Kamera merekam video sesuai dengan arah bidikan. Durasi perekaman memang masih terbatas, hanya sampai 30 detik saja. Tetapi file video yang dapat disimpan hanya untuk video sepanjang 10 detik. Tentu saja tugasnya jadi mirip action camera, jika Anda gunakan untuk merekam aksi Anda melakukan skateboard atau kegiatan apa saja.

Kacamata dikemas dalam kotak yang juga berfungsi sebagai  docking untuk pengisian baterai. Sebuah kabel USB dan kain pembersih lensa melengkapi paket pembeliannya.

Pengoperasian  ketika merekam video tentu saja membutuhkan aktivasi aplikasi Snapchat yang telah dikembangkan dengan tambahan satu fitur Spectacles. Untuk koneksinya hanya cukup dengan mengaktifkan Bluetooth pada kedua perangkat (Snapchat Spectacles dan smartphone). Jika Anda rasa Bluetooth terlalu lambat, Anda bisa alihkan ke Wi-Fi. Kacamata ini kompatibel dengan smartphone dengan sistem operasi iOS minimal v8.0 atau Android v4.3.

Fungsi LED yang terletak di ujung kiri kacamata selain indikator prekaman juga indikator untuk baterai. Jika lemah pada LED paling bawah akan menyala. Bila LED menyala tiga kali berarti menunjukkan penyimpanan penuh.

Snapchat menyiapkan vending machine untuk menjual kacamata ini. Sebuah kacamata dijual seharga sekitar Rp 1,7 jutaan.(*)

 

SETINGAN

 

STEP 1

Aktifkan aplikasi Snapchat, aktifkan kamera, pilih Settings.

 

STEP 2

Tap Pair Spectacles, silakan simak atau simpan di folder Specs.


You may also like:

19 FYI Snapchat

Snapchat Luncurkan Feature Story Replies

Snapchat Luncurkan Lens Store

Kini Snapchat Dilihat Lebih Dari Enam Miliar Sehari Oleh Pengguna
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy