21 September 2016 | 3020 view(s)
ZEI, Pencatat Waktu buat Kaum Sibuk

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id – Anda sibuk?  Jadwal padat? Susah alokasikan waktu? Tampaknya Anda perlu seorang asisten yang bertugas menentukan durasi kerja, mencatat durasi kerja hingga mengingatkan bahwa pekerjaan Anda sudah harus selesai dan pindah ke tugas lain.

Tak perlu sewa perempuan cantik untuk itu. Serahkan sepenuhnya kepada perangkat berbentuk poligon bersegi delapan ini. Setidaknya jika Anda dalam sehari punya delapan pekerjaan, alat bernama ZEI ini mampu melakukan tugas bak mbak sekretaris. Bahkan lebih presisi.

Cara kerjanya mudah saja. Ketika memulai pekerjaan A, tentukan jam mulai bekerja hingga finish. Letakkan ZEI di meja dan aktifkan. Posisi pekerjaan A yang tertulis di kulit ZEI tempatkan di atas. Selanjutnya ia akan menghitung maju waktu dengan durasi yang telah Anda tentukan. Kira-kira bertugas seperti sebuah stopwatch.

ZEI akan memberi alert saat selesai. Jika Anda ingin teruskan ke pekerjaan B (yang sudah diset waktu sebelumnya), tempatkan sisi poligon B di atas. Begitu seterusnya persis seperti ketika melakukan pekerjaan A.

ZEI digagas oleh empat sekawan asal Graz, Austria. Mereka adalah Thomas, Manuel B, Christian dan Manuel Z yang tergabung sebagai maker bernama Timeular.

ZEI dilengkapi komponen sederhana di dalamnya. Untuk bekerja, ia harus terhubung dengan perangkat (baik laptop atau smartphone) yang sebelumnya telah diisi dengan aplikasi. Lewat aplikasi ini Anda dapat menset waktu, sekaligus mendapatkan dashboard berupa laporan kegiatan Anda sehari-hari lengkap beserta grafiknya. Aplikasi ZEI sudah tersedia dalam berbagai latform, baik Mac maupun Windows untuk komputer dan iOS pun Android buat smartphone. Koneksi ZEI ke perangkat hanya membutuhkan Bluetooth saja.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi yang biasa  Anda gunakan untuk produktivitas. Sebut saja Toggl, Timely, TSheets, Todoist, dll.

Anda bisa setiap kali menentukan pekerjaan yang berbeda-beda. Timeular menggunakan material kulit yang dapat ditulis atau digambar (menggunakan pena khusus yang disediakan satu paket) pun menempeli dengan stiker. Kalau ingin mengganti nama kegiatan di kulit ZEI cukup dengan menghapus atau melepas stiker.

Selagi menunggu donasi, Timeular telah menyiapkan beberapa jenis bentuk. Mulai prisma hingga bersisi banyak.

Proyek ZEI sendiri digagas sejak 2015. Melalui berbagai pengembangan secara resmi pada 2016 awal, proyek ini dimulai. Dan baru September 2016 berani mempromosikan proyek tersebut lewat Kickstarter.

ZEI ditawarkan dengan beragam jenis paket. Bahkan donatur (atau backer) dapat merakit sendiri. Paket termurah ditawarkan seharga 39 euro, sementara termahal yang disediakan buat korporat dilego senilai 6.750 euro yang memperoleh 75 unit ZEI.

Dari bermacam paket itu, hingga minggu ketiga September, Timeular sudah memperoleh donasi sebesar 64.439 euro (sekitar Rp 943 juta) yang diperoleh dari 640 backer. Sementara empat sekawan ini membutuhkan biaya sebesar 75.000 euro untuk memulai produksi secara massal. Dengan kata lain tinggal 15 persen lagi, proyek ZEI dimulai. Dan promosi di Kickstarter sendiri masih ada waktu hingga akhir Oktober 2016.

Jadwal proyek ZEI hingga akhir tahun ini cukup padat. Oktober ini desain CMF musti jadi, berlanjut ke November untuk pembuatan pilot. Lalu diharapkan Desember sudah memperoleh sertifikasi produk. Tahun 2017 akan dimulai dengan pabrikasi, dan pengiriman ke pemesan (dalam hal ini backer) akan dimulai pada Maret.

Beginilah cara maker mencari donasi. Anda punya proyek?Tuliskan proyek Anda beserta foto-fotonya, lalu  kirimkan ke www.chip.co.id/chipversity.

 

 


You may also like:

Kickstarter, Ajang Kumpul Maker Cari Donatur

Stikbox, Cara Cerdas Kombinasi Tiga Fungsi

Mahasiswa Universitas Indonesia Bikin Tongkat Elektronik
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy