You are Here : Home > News > Apps Software & OS Startups
28 November 2016 | 23700 view(s)
Spotify Journey, 10 Tahun, 100 Juta Users

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Dua bulan setelah usia 10 tahun, sebuah kabar mendadak membikin beberapa penyedia layanan distribusi lagu digital tersontak. Yang bikin berita adalah Spotify. Layanan berbasis digital dengan koleksi lagu puluhan juta banyaknya ini telah mengoleksi pengguna mencapai 100 juta orang. Pengumuman pencapaian jumlah pengguna menjadi sangat penting bagi berbagai start up.

            Pesaingnya terdekat yaitu Pandora sampai sekarang sudah mentok di angka 80 juta saja. Belakangan tak pernah naik lagi. Amazon yang punya Amazon Prime juga sama, seperti terhenti di titik 40 jutaan. Itu semua pelanggan total. Bahkan Google sampai hari ini tampaknya belum berani sesumbar menyebutkan angka pelanggan layanan Google Play.

            Tetapi dari angka itu yang paling menghebohkan adalah ketika Daniel Ek, CEO dan founder Spotify menyebutkan angka hingga Juni 2016 pengguna berbayar (jenis Spotify Premium) mencapai 30 juta orang di seluruh dunia. Angka ini jelas menggebuk Apple yang  sebenarnya paling konsen dan jor-joran menggaungkan Apple Music. Apple hanya mampu meraih separuhnya, sekitar 15 juta subscriber berbayar.

            Spotify lahir di Swedia, sulit jika hanya berkutat di sekitar negara Skandinavia atau keluar ke Eropa. Dua tahun bagi Daniel Ek dan Martin Lorentzon untuk menyelesaikan aplikasi yang mulanya berbasis web itu. Pada 2008 dirilis, lalu melakukan kerjasama dengan beragai perusahan rekaman. Yang terjadi dua sekawan ini malah tekor hingga 4,4 juta dolar.  Tetapi perjalanan keluar Swedia terus dilakukan. Langkah pertama adalah memasuki pasar Inggris yang dikenal sangat royal dan antusias, meski kadang juga amat kritis. Pada 2009, rakyat Inggris sudah bisa menikmati akses free.

            Lantas lima tahun setelah hadir, pada tengah tahun 2011 akhirnya menjelajah di Amerika, sebuah negara yang masih dianggap sebagai barometer konsumen terbesar industri musik. Tidak mudah, karena Spotify musti meliak-liuk dan minta persetujuan setidaknya empat perusahaan rekaman kelas kakap.

            Sejak itu, jumlah pelanggan berbayar naik empat kali lipat. Di tahun 2012, Spotify memperoleh pendapatan sebesar 20 juta euro per bulan (sekarang sekitar Rp 301 miliar). Angka itu diperoleh dari empat juta pelanggan yang dibukukan sampai Agustus. Dan terus merangkak sampai lima juta di penghujung tahun.

            Gara-gara hal itu firma bank multinasional Amerika, Goldman Sachs buru-buru menggaet Spotify dan mengucurkan investasi sebesar  100 juta dolar, di mana nilai Spotify sendiri telah menembus 3 miliar dolar.

            Setelah itu yang dibutuhkan oleh Spotify adalah menjaring sebanyak mungkin pengguna dengan cara melakukan partnership. Di Indonesia, mereka menggandeng Indosat Ooredoo. Sebenarnya pelanggan operator lain juga bisa memperoleh paket Free maupun Premium, namun operator warna kuning ini mengemas jadi paket IM3 Ooredoo Freedom  Combo. Pelanggan dengan harga paket tertentu bisa langsung memperoleh Spotify Premium.  Kendati banyak yang ambil versi Free, toh Spotify tetap menyedot pulsa dan itu penting bagi operator khususnya layanan data plan.

            Sekadar tahu saja, paket tersebut di luar negeri harganya dibanderol dengan angka sama. Misalnya di Amerika seharga 9,99 dolar langganan per bulan. Di Inggris 9,99 pounds saban bulan dan di negara Eropa 9,99 euro tip bulan.

            Gamer juga diincar. Kali ini membidik kerjasama dengan Sony PlayStation. Sony menyambut gembira dan menambahkan layanan PlayStation Music pada mesin konsol PS3 dan P4-nya. Kini Anda sembari bermain game, juga bisa mendengarkan playlist Spotify menggunakan Wi-Fi tentu saja.

            Apple dan Google belum melempar salam kepada partner potensial. Jadi, ya angka pelanggannya lama bertambah.

 

GRAFIK PELANGGAN BERBAYAR


page 1 of 2
View as A Single Page
SPOTISTORY
You may also like:

Pokemon GO Turut Merambah Peringkat Musik di Spotify

Jumlah Pengguna Spotify Kalahkan Apple Music

Spotify Meluncur di Indonesia, Pengguna Indosat Bisa Streaming Gratis

Mighty Audio, Penantang iPod Shuffle
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy