03 August 2013 | 13222 view(s)
BBM untuk Android & iOS: Percaya Diri atau Bunuh Diri?

Penulis : Nur Hasanah

CHIP.co.id - Dalam acara BlackBerry Live 2013 di Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS), BlackBerry mengumumkan bahwa layanan BlackBerry Messenger (BBM) akan tersedia untuk platform Android dan iOS. Hal ini tentu sangat mengejutkan, karena selama ini BBM merupakan layanan yang sangat diminati. Bahkan banyak yang rela membeli smartphone BlackBerry agar bisa menggunakan layanan BBM. Di Indonesia, BlackBerry seakan menjadi smartphone wajib, sehingga tidak aneh apabila seseorang menggunakan dua smartphone, BlackBerry untuk BBM-an dan smartphone lainnya (Android atau iPhone) untuk kebutuhan entertainment.
 
BBM untuk semua
Niat BlackBerry melepas BBM sebenarnya sudah mulai terbaca sejak mereka menggunakan jalur koneksi umum untuk kebutuhan BBM, tidak lagi menggunakan jalur khusus yang mengharuskan pengguna berlangganan layanan BlackBerry. Dengan begitu, BBM akan bisa digunakan platform lainnya yang hanya membutuhkan koneksi Internet.
 
Dengan melepas BBM ke platform lain, apakah BlackBerry tidak takut mati? Mungkinkah semua pengguna BlackBerry akan pindah ke platform iOS atau Android? Seperti yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu, BlackBerry sudah tidak bisa diselamatkan dan harus melakukan langkah ekstrem untuk menyelamatkan perusahaannya. Dengan melepas BBM, mereka berharap bisa mendapatkan kembali pengguna yang beralih dari BBM ke WhatsApp, Line, dan lain-lain. BBM diharapkan bisa menjadi layanan independen yang bisa hidup dan mendapatkan keuntungannya sendiri.
 
Smartphone BlackBerry kini harus berjuang sendiri karena tidak lagi bisa mengharapkan BBM yang akan segera tersedia untuk platform lain. Sistem operasi BB10 yang digunakan oleh Z10 pun menjadi taruhannya. Setelah menggunakan Z10 lebih dari sebulan, saya merasakan sistem operasi ini memang benar-benar berbeda. 
 
BB10 yang dirancang untuk perangkat touch screen ini tidak cocok bila digunakan dengan ponsel yang menggunakan keyboard fisik. Berbeda dengan iPhone yang masih tergantung dengan satu tombol fisik Home, Z10 sama sekali tidak membutuhkan tombol fisik dalam pengoperasiannya.
 
Di sisi lain, Android memang tidak memiliki tombol fisik namun memiliki softkey Home, Back, Recent dan Search yang selalu muncul dan sering kali tersentuh secara tidak sengaja. Dengan begitu, Z10 tampak sedikit lebih unggul dibandingkan dengan iPhone. Fungsi multitasking yang diusung ketiga platform juga tampak berbeda. iPhone tampak menggunakan pendekatan “Saya tahu yang terbaik untuk Anda (sekalipun sering salah)”, Android menggunakan pendekatan “Anda harus tahu apa yang sedang terjadi (terlalu banyak background task yang tidak dipahami oleh pengguna)”, sedangkan BB10 menggunakan pendekatan “Andalah bosnya (Anda bisa mengatur background task dengan mudah)”.
 
Langkah berani dan berisiko
BlackBerry boleh bangga dengan sistem operasi barunya, namun kehadiran sistem operasi ini sudah sangat terlambat. Sistem operasi sebagus apapun tidak akan ada gunanya bila tidak didukung aplikasi. Sangat banyak aplikasi unggulan yang tidak terdapat di BB10, seperti paket dari Google (Maps, YouTube, Translate, Drive). Google sendiri tidak bersedia membuat aplikasi untuk BB10 karena jumlah penggunanya yang masih terlalu sedikit. Saat saya mencari aplikasi RSS untuk BB10, saya tidak mendapatkannya.
 
Program standar yang saya gunakan untuk menunjang kebutuhan kerja juga masih absen pada BB10. Jadi, apakah langkah BlackBerry melepas BBM ke platform lain ini merupakan sebuah langkah yang tepat? BB10 memang bagus, namun masih tidak bisa dibandingkan dengan iOS dan Android. Keputusan Melepaskan BBM pada saat ini, di saat BB10 masih belum mendapatkan aplikasi bermutu, benar-benar sebuah langkah yang sangat berani dan mengandung risiko besar. Ibarat melepaskan burung kecil di tangan demi menangkap burung besar yang ada di pohon.
 
 

Oleh: S'TO, Praktisi IT


Editor : Insaf Albert Tarigan

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy