You are Here : Home > News > Blackberry
30 November 2012 | 2974 view(s)
Indonesia Juara BlackBerry Jam Asia di Bangkok

Penulis : Insaf Albert Tarigan

 

Bangkok, CHIP.co.id - Tim developer asal Indonesia berhasil menyabet juara satu BlackBerry Jam Asia di Bangkok, yang berlangsung 29-30 November 2012. Tim beranggotakan Sofian Hadiwijaya, Vicktor Koesoemadi, Michael Jeansen, dan Vincent Putera ini, juga berhasil meraih penghargaan developer choice.

Selain berhak atas hadiah utama USD10.000, dan diundang dalam peluncuran BlackBerry 10 di New York pada 30 Januari mendatang, aplikasi bikinan mereka juga aka dijual di BlackBerry World selama sebulan secara global, dan tiga bulan secara lokal. Tim dari PT Inspira Solusi ini hadir di Queen Sirkit Convention Center, Bangkok, berkat Soccer Ticker, aplikasi berisi informasi olahraga sepak bola, yang sebelumnya juga menang dalam ajang BlackBerry Jam di Jakarta pada 19-21 Oktober 2012.

Di Bangkok, Soccer Ticker menyingkirkan aplikasi buatan tim developer dari Malaysia, Filipina. Singapura, Thailand, Vietnam, China, India dan Austrlia.

Kepada wartawan, Vincent Putera menceritakan, dia dan timnya sudah memikirkan ide Soccer Ticker sejak lama. Ide itu berubah menjadi kenyataan ketika RIM menggelar hackathon 40 jam di Jakarta bulan lalu. Ketika itu, Vincent dan kawan-kawan keluar sebagai juara setelah menyisihkan 20 tim lainnya. Mereka membangun Soccer Ticker berbasis web.

Setelah ditetapkan sebagai juara, dan berhak mewakili Indonesia dalam BlackBerry Jam Asia di Bangkok, mereka mulai mengkonversi aplikasi tersebut menjadi native, menggunakan cascades. "Kita pakai cascades, program ulang sebulan lagi, dan here we are now. Ini ronde

terakhir bertanding dengan developer se-Asia Pasifik. Kita menang, dapat grand prize dan developers choice," katanya.

Vincent menjelaskan, soccer Ticker menang, karena ia memungkinkan seseorang mengikuti pertandingan sepakbola -saat ini baru mendukung English Premier League- melalui teks sejak awal sampai akhir pertandingan di platform BlackBerry. Pengguna juga bisa mengomentasi news ticker, menjadikannya sebagai status BBM, atau mendiskusikannya di chat room bersama teman, sesama penggila bola. Pengalaman asyik, dan menyenangkan yang diperoleh pengguna dimungkinkan berkat arsitektur aplikasi yang dibuat terintegrasi dengan BBM.

"Program chattingnya dari aplikasi kita sendiri, bukan pakai BBM. Inivite teman untuk chatting memang via BBM. Post status juga via BBM itu kita manfaatkan," katanya.

Vincent mengaku pertama kali mendapat ilham membuat Soccer Ticker ketika bekerja sebagai jurnalis di Amerika Serikat. Ketika itu, dia kerap melaporkan berita melalui live blog. Sebagai penggemar berat Manchester United, dia kemudian terinspirasi membuat laporan secara real-time untuk pertandingan sepakbola.


comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy