09 October 2015 | 8487 view(s)
Microsoft CityApp Appathon di Sidoarjo

Penulis : Rakhmat Koes

CHIP.co.id - Microsoft mengumumkan tim Thor dari Universitas Kanjuhuran Malang (UNIKAMA) sebagai pemenang dari Microsoft CityApp Appathon, sebuah kompetisi pembuatan aplikasi yang dilaksanakan selama dua hari di Sidoarjo. Tim Thor menunjukkan keunggulannya dibanding peserta lain dengan proyek Road Report (ROAR) mereka yang membantu warga dengan mudah melapor kondisi jalanan yang buruk kepada pihak otoritas yang berwenang untuk tanggapan cepat.

Diselenggarakan oleh Microsoft dan CITYNET (Jaringan Regional Otoritas Lokal Pengelolaan Cipta Karya) di Sidoarjo dengan didukung oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, CityApp Appathon bertujuan memanfaatkan imajinasi dan inovasi kaum pemuda dan pelajar di daerah Sidoarjo untuk mengembangkan solusi yang berkesinambungan secara teknis atas tantangan pembangunan urban.

Anggota Tim Thor Taruna Yoga Pratama (22 tahun), Fathur Rohim (21 tahun), Mohammad Nurul Hakiki (20 tahun) dan Rico Tetuku Santoso (20 tahun) dengan pelatih Muhammad Ahsan mengembangkan aplikasi ROAR ini dengan harapan pihak otoritas berwenang dapat menanggapi dengan lebih baik dan cepat untuk memperbaiki infrastruktur jalanan. Aplikasi ROAR memungkinkan warga untuk menandakan dan mengirim laporan kondisi jalanan yang buruk dengan menggunakan GPS (Global Positioning System) pada smartphone kepada otoritas lokal.

  

Mellihat kegiatan kompetisi: Stefan Sjöström Vice President Public Sector Microsoft Asia, Dr. Vijay Jagannathan Sekretaris Jendral dari Sekretariat CityNet, dan Tianyi Jiang dari Avepoint (foto kiri). Tim Thor selaku  pemenang Microsoft CityApp Appathon (foto kanan).

 

CityApp Appathon di Sidoarjo adalah bagian dari Microsoft CityNext, sebuah inisiatif global yang berusaha untuk mengubah dan melakukan modernisasi terhadap pelaksanaan operasional dan infrastruktur di berbagai kota. Salah satu pilar utama CityNext yakni mengikutsertakan masyarakat dengan alat, pelatihan, dan pembinaan yang diperlukan, serta bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk mendukung kelancaran inovasi. Appathon membangun momentum dari kompetisi-kompetisi serupa yang dilaksanakan di kota-kota lainnya di Asia termasuk Changchun di Tiongkok, Makassar di Indonesia, dan Kathmandu di Nepal.

“Inovasi luar biasa di era perangkat digital saat ini memungkinkan kota-kota dengan pertumbuhan pesat seperti Sidoarjo untuk menumbuhkan ekonomi mereka, mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan, serta menciptakan masyarakat yang modern, aman, berpendidikan, dan sehat,” ujar Stefan Sjöström, Vice President Public Sector, Microsoft Asia. “Microsoft CityNext menggunakan pendekatan yang berpusat pada masyarakat untuk membantu kota-kota di Asia dalam mewujudkan visi ini. Kami sangat senang membantu masyarakat muda Sidoarjo untuk bergerak maju dengan proyek kemenangan mereka dan membuatnya menjadi kenyataan,” tambahnya.


You may also like:

Xbox One S Edisi Gears of War 4 Terbaru Segera Dirilis

Transformasi Digital Untuk Efisiensi dan Operasional Bisnis

19 Hal yang Baru di Windows 10 Anniversary

Microsoft Perkenalkan Windows 10 Anniversary Edition di Indonesia
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy