09 February 2017 | 9247 view(s)
Tiga Siswa Asal Indonesia Memenangkan Google Code-in

Penulis : Kama Adritya

Setelah sukses menyelenggarakan kontes Google Code-in (GCI) pada 28 November 2016 hingga 16 Januari 2017 lalu, Senin, 30 Januari 2017 Google umumkan daftar pemenang utama beserta para finalis.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010, setiap tahunnya jumlah peserta GCI menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tak terkecuali pada tahun 2016, sebanyak 1.340 siswa dari 62 negara berhasil menyelesaikan 6.418 tugas secara impresif. Para pemenang dan finalis terpilih dari 17 organisasi yang ikut serta dalam kontes ini.

Google Code-in (GCI) adalah sebuah kontes pengembangan open source online berskala global yang ditujukan untuk seluruh siswa remaja berusia 13 hingga 17 tahun. Dari 34 remaja terpilih yang secara mencengangkan berhasil menyelesaikan 842 tugas pada GCI 2016, terdapat tiga pemenang asal Indonesia. Kaisar Arkhan dari FOSSASIA, Raefaldhi Amartya Junior dari Haiku, dan Scott Moses Sunarto dari Moving Blocks berhasil membawa harum nama Indonesia di tengah ketatnya persaingan global yang melibatkan seluruh negara di dunia.

Lebih jauh, ketiga pemenang asal Indonesia ini berhasil unggul dari sejumlah pemenang lainnya yang berasal dari Romania, India, Rusia, Hongkong, Singapura, Kamerun, Uruguay, Polandia, bahkan Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman. Tiga pemenang asal Indonesia bersama 31 pemenang lainnya akan berkesempatan berkunjung ke Google Campuses di Mountain View dan San Fransisco, California, Amerika Serikat selama 4 hari pada Bulan Juni mendatang untuk bertemu langsung para engineers dari seluruh Google.

Para pemenang juga akan menikmati keseruan menjelajah San Fransisco selama satu hari penuh. Selain itu, 51 orang finalis akan mendapatkan sertifikat digital dari Google, kaus GCI, dan hooded sweatshirt eksklusif. Google Open Source Programs Office turut bangga menyelenggarakan kontes ini setiap tahunnya. Kualitas hasil kerja para siswa yang turut berpartisipasi sangat mengagumkan, dan setiap tahunnya Google terus berharap dapat bertemu para pemenang utama secara pribadi.

Sangat menarik melihat generasi coders muda bermunculan. Kesuksesan GCI setiap tahunnya juga tak lepas dari komitmen para mentor yang dengan senang hati bersedia membimbing setiap peserta dalam menyelesaikan setiap tugasnya selama kurang lebih 7 minggu silam. Cerita-cerita menarik GCI 2016 lainnya dapat dilihat di blog ini.


You may also like:

Ceritakan Jenis Storage Pilihanmu dan menangkan Hadiahnya!

UCBrowser Gelar Kontes Adu Kocak, Siapkan Hadiah Ratusan Juta

Asah Coding Mahasiswa, Bukalapak Gelar Kontes Programming

Samsung Galaxy Hits Festival Sasar Anak Muda di 16 Kota Indonesia
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy