18 November 2016 | 4497 view(s)
Tips dari Google Untuk E-Commerce di Akhir Tahun 2016 Ini

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Google meluncurkan sebuah riset baru sehubungan dengan e-commerce tahun 2016 di Indonesia. Menjelang puncak musim belanja pada 12 Desember ini, informasi berikut dapat membantu para ​marketer e-commerce agar kampanye mendatang bisa dipersiapkan menjadi yang terbaik menjelang akhir tahun. 

Tren yang mendominasi adalah seluler ​(mobile)​.

Sebesar 43% masyarakat Indonesia sekarang memiliki ponsel pintar, dan jika dibandingkan dengan negara seperti Singapura atau Korea Selatan jumlah ini cenderung rendah (masing-masing 91%) apa yang cukup menarik adalah cintanya masyarakat Indonesia terhadap ponsel pintar mereka: sebesar 71%—angka yang paling tinggi di Asia Pasifik—mengatakan bahwa ponsel pintarnya adalah perangkat utama bagi mereka untuk ​online.

Indikasi lain adalah meningkatnya waktu dalam penggunaan di ponsel pintar: estimasi yang ada mencatat waktu di atas dua jam (136 menit) setiap harinya (dengan perbandingan 50:50 untuk aplikasi seluler dan ​browsing Internet via seluler) dibandingkan hanya di bawah satu jam (52 menit) di komputer desktop. 

Dengan informasi yang ada di atas berkaitan dengan popularitas seluler, riset ini menunjukkan bahwa bagi banyak masyarakat Indonesia ponsel pintar mereka merupakan asisten belanja baru.  

Tren e-commerce Indonesia pada tahun 2016

● Para ​shopper online ​Indonesia mencintai situs dan aplikasi yang membantu. Sebesar 92% mengatakan mereka akan membeli menggunakan sebuah aplikasi atau dari situs yang memberikan informasi yang membantu dan yang relevan.

● Para ​shopper ponsel pintar selalu terbuka mengenai pilihannya. Sebesar 87% mengatakan mereka telah berubah pikiran mengenai sebuah merek atau brand di toko setelah membaca informasi produk di ponsel mereka.

● Seluler ​(mobile) adalah pintu ke toko. Sebesar 77% mengatakan mereka telah mengunjungi sebuah toko atau situs yang berhubungan setelah melakukan pencarian informasi sebuah produk di ponsel mereka. 

Tren Musiman

Belanja ​online pada akhir tahun telah mapan sebagai sebuah titik pada kalender e-commerce negeri ini:

● Tahun lalu, brand seperti blibli.com dan Lazada melihat adanya kenaikan dalam transaksi sebesar 9x dan 10x atas penjualan rata-rata mereka.

● Kategori tertinggi dari pencarian produk Indonesia selama musim belanja akhir tahun adalah: produk kecantikan dan ​personal care​ , ​gadget dan aksesoris, pakaian, serta barang untuk bayi.

● Menjelang 12 Desember 2016, pencarian paling tinggi untuk brand e-commerce di Indonesia adalah: Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, blibli.com 

Apa artinya bagi para ​marketer?

Ada lima tips paling top bagi para ​marketer agar mereka dapat mengambil keuntungan dari tren ini: 

  1. Segera persiapkan dengan baik kampanye belanja akhir tahun Anda: Gunakan kombinasi pencarian maupun iklan video guna mencapai para ​shopper tersebut di perangkat  digital mereka. Pastikan produk Anda menarik dengan membaca daftar berikut ini ​optimization do’s and don’ts  dan ​best practices for TrueView video ads.
  2. Wajib ada di seluler ​(mobile): Gunakan ​mobile bid adjustments untuk memastikan brand Anda ada saat para ​shopper belanja. Untuk kampanye pencarian, Anda dapat mengirimkan pengguna seluler ke halaman yang tepat di situs Anda menggunakan “mobile URL” di expanded text ads.  
  3. Kelola bid Anda secara efisien dan efektif: ​Gunakan Smart Bidding di ​AdWords guna memaksimalkan kinerja Anda. 
  4. Jadikan brand Anda ke dalam lingkup pertimbangan:  Gunakan​TrueView​video discovery ads untuk menarget halaman pencarian YouTube yang relevan dengan brand Anda. 
  5. Jangan lewatkan mereka yang bersedia membeli produk Anda: ​Monitor anggaran dan tinjau kembali ​click-share harian Anda agar memastikan Anda tidak kehilangan para shopper  yang siap membeli. Tingkatkan tawaran dan anggaran seiring peningkatan ​conversion rates ​, dan jangan lupa tetap buka walau musim liburan telah usai!  

You may also like:

Menurut Ericsson, Konsumen Ingin Satu Langkah Solusi Saat Belanja

Televisi Masih Menjadi Sumber Berita Nomor Satu

Ingin Mendapatkan Kerja? Gunakanlah Internet!

Iklan di Twitter Kini Bisa Muncul di Aplikasi Lain Juga
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy