26 August 2016 | 2819 view(s)
Indonesia SmartCity Forum Digelar di Bandung

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Pemerintah Kota Bandung setelah sukses menghelat forum bertaraf internasional tentang Asia Africa Smart City tahun silam, bakal meneruskan dengan ajang nasional. Bertajuk Indonesia SmartCity Forum akan digelar Jumat-Sabtu, 2-3 September 2016. Tahun ini akan mengusung tema besar “Identifying Challenges and Solutions in Developing Smart City for Better Tomorrow”.

Seperti kita tahu, beberapa kota dan provinsi di Indonesia sudah melakukan banyak upaya membangun kota cerdas. Bandung misalnya telah menerapkan kontrol terpusat menggunakan Bandung Command Centre dan telah memiliki ratusan aplikasi pendukung dengan berbagai kategori. Website Pemkot Bandung juga merupakan akses untuk seluruh  warganya, bahkan telah tersedia bermacam formulir untuk pengurusan perizinan yang dapat diunduh secara on-line.

Ridwan Kamil saat bertemu stakeholder Indonesia Smart City Forum.

Pemprov DKI juga punya Jakarta Smart City dengan komandonya berada di gedung balaikota. Sejumlah developer ambil bagian mendukung terselenggaranya komunikasi warga dengan pemerintah secara real time dan cepat. Surabaya pun demikian, bahkan pelaporan dari setiap SKPD maupun institusi terkait selalu di-update.

Kata Ridwan Kamil, Walikota Bandung, memanfaatkan teknologi IT membuat APBD dapat diefisiensi. Katanya bahkan bisa menghemat anggaran sampai Rp 1 triliun. Ini jumlah yang sangat besar jika dapat diputus oleh sistem yang terintegrasi dan membuang biaya-biaya yang tidak perlu, jika masih menggunakan pola konvensional.

Open data, Internet of Things, Infrastruktur yang baik, penciptaan interface untuk akses ke berbagai bidang melalui software yang mudah digunakan, tampaknya masih jadi persoalan sebelum menentukan untuk membangun sebuah kota cerdas. Belum lagi dilema implementasi. Dan pada ujungnya, musti menemukan jawaban bagaimana pengelola kota bisa bekerja lebih efektif dan efisien, lalu warganya pun dapat menggunakan seluruh fasilitas dari sebuah kota cerdas.

Indonesia Smart City Forum yang akan diikuti oleh para pemimin daerah tingkat kota dan kabupaten se-Indonesia akan membicarakan banyak hal seputar persoalan di atas. Ketidakseragaman dan kesetaraan pengetahuan maupun pemahaman kota cerdas seringkali tak menemukan konsep umum yang dapat diaplikasikan di seluruh kawasan. Nah, untuk itulah hadir para pakar yang akan memberikan gambaran di setiap komponen dari sebuah Smart City.

Misalnya saja soal membangun infrastruktur. Indosat Ooredoo sebenarnya sudah memiliki standarisasi yang aplikatif. Nanti, Herfini Haryono, Direktur & Chief of Wholesale and Enterprise Officer Indosat Ooredoo bersama David Bangun, CEO PT Dayamitra Telekomunikasi/Mitratel, serta Alfi Asman, Direktur Bisnis Lintasarta akan bersama memaparkan seluruh kebutuhan prasarana seperti ducting, hosting, server, data center, dll.

Selanjutnya, Jakarta Smart City yang jadi program serius Pemprov DKI Jakarta akan dikenalkan oleh Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama. Tak kalah pentingnya bagaimana inisiatif kerangka acuan Smart City versi Indonesia yang akan jadi dasar dari konsep kota pintar akan disampaikan oleh Garuda Sugardo, salah satu tokoh telekomunikasi dan IT Indonesia yang jebetulan merupakan ketua Pokja Infrastruktur Dewan Teknologi dn Informasi Nasional.

Ajang ini akan menjadi sangat menarik, karena melibatkan pula Japan Smart City Alliance. Diwakili oleh Masaki Umejima, ia akan memaparkan bagaimana Jepang membangun menjadi negara modern berbasis teknologi.

PT Siemens Indonesia memiliki konsep yang sinergis dan telah menyiapkan beragam produk dan layanan menunjang terbangunnya kota pintar. Petinggi PT Siemens Indonesia seperti Igtiander Purba (Kepala Unit Bisnis Digital Grid) dan Helman Trisakti (Kepala Divisi Mobility) siap berbagi ilmu sesuai dengan standarisasi perusahaan tersebut.

Selain itu sejumlah pakar dari ITB khususnya dari disiplin ilmu tata kota, transportasi hingga energi akan menyajikan informasi dari pendekatan keilmuan dan pengaplikasiannya.

Dari Bandung, kita semua berharap konsep dan panduan pelaksanaan sebuah kota cerdas yang sangat Indonesia ditunggu. So, tunggu saja laporan CHIP dari Bandung.(*) 


You may also like:

ISCF 2016 @ Bandung

Makassar, Potret Smart City Indonesia Timur

ISCF 2016: Kurangi Kompetisi, Perbanyak Kolaborasi!

Bagaimana Cara Menilai Sebuah Kota Sudah Menjadi Smart City?
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy