You are Here : Home > News > Corporate
04 November 2016 | 4780 view(s)
Pendapatan GoPro Terjeblok Sepanjang Masa

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Nick Woodman tertawa sembari melepas drone pertamanya, GoPro Karma terbang. Itu suasana kegembiraan CEO GoPro September silam ketika merilis secara berbarengan GoPro Karma dan dua action camera terbaru Hero 5 Black dan Session. Tetapi tempo hari suasana gembira itu berubah jadi murung. Bukan karena Karma dan Hero 5 bermasalah, tetapi pendapatan GoPro selama kuartal 3 tahun ini jeblok luar biasa.

Jatuh 40 persen dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh di periode sama tahun 2015. Ini merupakan pukulan paling serius bagi produsen ternama kamera aksi itu. Tahun lalu di masa kuartal 3, Go Pro bisa meraup pendapatan hingga 400 juta dolar. Tahun ini, Nick Woodman hanya bisa mencetak angka 240,5 juta dolar saja.

Pukulan kedua datang dari nilai sahamnya yang per lembar anjlok tinggal seharga 11,94 dolar. Padahal ketika September merilis tiga produk gresnya itu, saham GoPro melonjak mencapai 17,15 dolar per lembar.

GoPro Karma agak sulit bersaing dengan DJI.

Apa boleh buat sekarang sang calon hero untuk keluar dari jatuhnya pendapatan sangat mengandalkan penjualan Hero 5 Black dan Hero 5 Session serta Karma. Musim liburan tampaknya bakal jadi masa sibuk awak GoPro untuk mengejar target pendapatan sebesar 625 juta dolar.

Sekadar merunut cerita lama, biasanya penjualan produk GoPro akan menanjak pada musim liburan akhir tahun. Dan dari tiga perangkat barunya itu, GoPro sangat berharap Hero 5 Session yang akan banyak diburu konsumen. Kamera aksi ini selain berukuran lebih kompak juga harganya 100 dolar lebih murah ketimbang Hero 4 yang dijual tahun silam. Bahkan tidak menutup kemungkinan banyak konsumen setia GoPro yang akan mengganti produk Hero sebelumnya ke Hero 5 Session.

GoPro Hero 5 Session (kiri) yang paling diharapkan sebagai hero dibanding GoPro Hero 5 Black (kanan).

Nick Woodman setelah menghadapi bertubi pertanyaan investor percaya dengan penjualan sisa musim 2016 ini. Katanya, “Prinsip GoPro tetap sama, dunia ini penuh dengan peningkatan jumlah konsumen yang tertarik dalam menangkap dan mengekspresikan diri secara visual dan sosial yang tak bisa dilakukan oleh smartphone dan DSLR.”

Maksudnya, mari segera belanja GoPro Hero 5 Black atau Session. (*)

 

 


You may also like:

GoPro Remo, Remote Perintah via Suara

Selamat Terbang Go Pro Karma!

GoHawk Untuk GoPro Anda

Isaw Edge, Action Cam Pilihan dengan Harga Ekonomis
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy