You are Here : Home > News > Digital Camera
29 September 2016 | 13210 view(s)
6 Hal Menarik dari Xiaomi Yi M1 Mirrorless

Penulis : Rakhmat Koes

CHIP.co.id - Kamera mirrorless tengah menjadi tren saat ini. Sejak tahun 2008, Olympus dan Panasonic Lumix tergabung dalam sebuah konsorsium Four Thirds yang kemudian menjadi pionir dari kamera mirrorless bersensor four thirds. Tidak banyak pabrikan kamera yang mengikuti Olympus dan Panasonic Lumix untuk membuat kamera mirrorless four thirds. Sampai pada akhirnya, di gelaran Photokina 2016, pabrikan teknologi asal Tiongkok, Xiaomi memperkenalkan kamera mirrorless Yi M1.

Setalah sempat melakukan hands-on di acara Photokina, di Jerman, CHIP akan menerangkan lebih lanjut tentang 10 hal penting dari kamera mirrorless generasi pertama dari Xiaomi. Berikut ini, adalah 6 hal menarik dan penting untuk diketahui dari Xiaomi.

  • Desainnya mirip Leica, Yi M1 memiliki desain yang luxury, klasik, dan compact. Namun, desain yang ditampilkan Xiaomi Yi M1 tampak sangat mirip dengan desain sebuah merek legendaris dari Jerman, Leica T. Walau demikian, ada perbedaan tata letak di bagian depan kamera. Yi M1 memilki desain yang nyaris mirip dengan Leica T. Keduanya memiliki logo yang sama-sama berwarna merah. Namun, yang satu berbetuk lingkaran (dikenal dengan sebutan red dot) degan typografi klasik, dan yang satu berbentuk square dengan typografi modern.

 

  • Yi M1 menggunakan sensor Micro Four Third besutan Sony, dengan nama Sony IMX269. Selain itu, kamera mirrorless yang mirip Leica T ini, dilengkapi dengan resolusi efektif sebesar 20 Megapixel. Dukungan sensor gambar dari Sony, memungkinkan YI M1 mampu menghasilkan warna yang akurat, serta detail gambar yang terjaga kualitasnya.

 

 

  • Sampai saat ini, Yi M1 baru dilengkapi dengan dua buah lensa saja. Namun, Yi M1 dapat menggunakan semua lensa dengan mounting Micro Four Third (Olympus dan Panasonic). Adapun lensa yang tersedia untuk Yi M1 adalah lensa Xiaoyi Yi 42.5mm f/1.8, serta lensa Xiaoyi 12-40mm f/3.5-5.6 yang tersedia dalam paketan warna silver dan hitam.

  • Bodi kameranya terbuat dari plastik yang memilki fitur L-X07805 bahan plastik berkualitas tinggi (termoplastik elastomer) yang memilki tekstur yang lembut dengan coating antigores. Berat beban Yi M1 hanya 280 gram (sudah termasuk baterai di dalamnya), cukup ringan untuk seukuran kamera mirrorless yang sedang menjadi pembicaraan hangat para pehobi foto di seluruh dunia. Selain itu, di bagian belakang bodi Yi M1, terdapat sebuah layar LCD touchscreen 3.0 inci yang memilki feature "touch to focus, and one touch image capture". Pada layar toucsreen tersebut, Anda dapat menggeser ke kanan pada layar sentuh untuk melihat Settings Menu, feature warna, dan Live View. Dengan semua tombol di layar yang memudahkan konfigurasi parameter manual, seperti kecepatan rana, ISO, dan fokus, membuat kamera ini tidak terlalu banyak memilki tombol di bodi.

 

  • Untuk dapat mengakses foto dari kamera ke smartphone, Anda dapat langsung mensinkronkan kamera ke smartphone menggunakan aplikasi khusus yang disediakan Xiaomi. Yi M1 juga memilki semacam panduan untuk memotret pada aplikasi tersebut. Aplikasi ini, memang ditujukan kepada para fotografer pemula yang ingin mendapatkan hasil foto terbaik menggunakan Yi M1.


 

  • Feature terakhir yang tak kalah seru, adalah Real-time Connection BLE Bluetooth. Dengan adanya feature tersebut, sangat memudahkan penggunanya untuk berbagi foto dengan para keluarga atau sahabatnya.

 




 

 

Sumber: Yi M1

 

 


You may also like:

Epson Moverio, Kacamata Cerdas Berbasis AR

TAITRA Kampanyekan Taiwan Excellence

Daftar 8 Bekal Mudik Penunjang Gadget

Tips Agar Charger Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy