12 November 2016 | 8899 view(s)
Ingin Buat Aplikasi yang Mendunia? Buatlah Sosial Media!

Penulis : Kama Adritya

 

CHIP.co.id - Sebagai seorang pembuat aplikasi mobile, tentunya ingin hasil karyanya digunakan oleh banyak orang. Untuk itu, membuat aplikasi yang mendunia menjadi impian setiap developer. Lalu aplikasi apakah yang bisa diterima banyak orang? Buatlah aplikasi sosial media.

Jika kita tengok ke peringkat aplikasi yang paling banyak didownload oleh orang-orang dari seluruh dunia, kebanyakan kita akan menemukan aplikasi yang bergerak di sosial media di dalamnya. Aplikasi seperti facebook, Instagram, Snapchat, Twitter, Pinterest, LINE, dan masih banyak aplikasi sosial media lainnya selalu mendominasi peringkat download di semua platform mobile.

Ini berhubungan dengan sifat dasar manusia yang pada umumnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan hubungan sosial antar manusia untuk hidup. Maka tak heran jika aplikasi-aplikasi seputar hubungan sosial ini menjadi aplikasi yang paling banyak dicari di mobile. Terlebih lagi, mobile atau smartphone itu sendiri adalah alat komunikasi yang notabene memang digunakan untuk berhubungan sosial. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika di alat smartphone juga terdapat aplikasi komunikasi.

Sosial media itu sendiri mulai tenar dikenal setelah keberhasilan facebook dan Twitter dalam mengenalkan produk aplikasi mereka sebagai aplikasi sosial media. Meskipun sebelumnya pun juga sudah ada aplikasi sosial media lain seperti Friendster maupun Multiply, namun istilah sosial media baru mulai setelah facebook dan Twitter merajai dunia.

Namun, meskipun aplikasi sosial media sangat berpotensi dan mendunia, jangan lupa satu hal yang penting saat membuat aplikasi: Jangan sekadar meniru, tapi kembangkan! Atau dengan kata lain, jangan hanya sekadar membuat facebook baru atau Twitter baru, namun berikan sesuatu hal yang baru juga. Seperti misalnya Snapchat, yang memberikan sesuatu yang baru dengan berbagi video dan filter-filter lucunya. Atau seperti LINE, yang tadinya hanya sekadar aplikasi chat messenger biasa, kini menjadi aplikasi sosial media yang digunakan untuk berbagi konten sampai bermain games.

Karena sangat populernya aplikasi sosial media ini, maka akan ada banyak orang yang ingin berebut lahan di ranah ini. Oleh karena itu, coba kembangkan aplikasi yang memiliki keunikan lebih dibanding yang lainnya. Jadi pikirkan konsep aplikasimu secara matang sebelum memutuskan untuk terjun ke persaingan aplikasi sosial media.

Jika aplikasinya sudah siap, saatnya untuk turut bergabung dan ikut berlomba di Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC). Indosat Ooredoo mengajak pemuda Indonesia dan pemuda di belahan dunia lain untuk menciptakan ide dan aplikasi agar Indonesia bahkan dunia yang lebih baik. Melalui ajang IWIC ini, diharapkan talenta digital Indonesia bisa sejajar dengan pemain Internasional dan menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing di kancah Internasional.

Untuk info lebih lanjut, kunjungi https://iwic.indosatooredoo.com/en/


You may also like:

Pengumuman IWIC 10

Daftar Lengkap Pemenang IWIC 10 2016

Catatan IWIC 10: Gudang Inventory Beragam Produk Digital

Inilah Para Pemenang IWIC 10 di Tahun 2016 Ini!
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy