Advertisement
12 January 2016 | 10615 view(s)
Riset CHIP: 8 dari 10 Orang Sering Nonton YouTube

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id – Selama Desember 2015, CHIP Indonesia menggelar riset tentang tingkat menonton YouTube bagi konsumen di Indonesia. Riset dengan menggunakan metode polling dilakukan lebih kurang tiga minggu dan berhasil menjaring 748 responden yang datang dari seluruh Indonesia.

Kanal YouTube rupanya telah menjadi target banyak orang (termasuk) artis untuk menunjukkan konten video hasil gagasannya. Ambil contoh Deddy Corbuzier yang melesat sebagai YouTubers berkat video Triangle The Golden Side. Jumlah penontonnya telah lebih dari satu juta. Artinya jika dibandingkan dengan penonton film Indonesia, jumlah penonton YouTube bisa lebih banyak. Terlepas dari bahwa YouTube bisa dinikmati secara gratis dan kapan saja.

Fenomena menarik lainnya adalah munculnya berbagai video lucu dan berbau plesetan yang jumlah pengunjungnya pun bisa tembus jutaan. Raditya Dika dengan jumlah video YouTube sebanyak 108 buah telah ditonton secara keseluruhan sebanyak 73 juta lebih. Secara ekonomi, seharusnya video buatan YouTubers (atau Vloggers) lokal mustinya sih telah menghasilkan dollar.

Lantas, fakta apa yang bisa dilihat dari sisi penonton di Indonesia? Ini dia hasil riset CHIP Indonesia;

 

FREKUENSI NONTON: SERING

Lebih dari 80 persen penonton YouTue mengaku sering. Boleh jadi mereka sudah menganggap YouTube sebagai kanal hiburan selain televisi yang bisa diperoleh secara cuma-cuma. Penelitian lain di negara seperti Amerika, bahkan membuktikan bahwa frekuensi nonton YouTube lebih tinggi ketimbang menonton televisi. Riset CHIP mengatakan bahwa delapan dari 10 orang sering nonton. Sisanya, mengaku kadang-kadang saja.

 

GADGET: SMARTPHONE

Sifatnya yang fleksibel dan mobile, teknologi yag digunakan memiliki akses internet, harga atau tarif data plan yang terjangkau, membuat responden lebih menyukai menonton YouTube lewat smartphone. Smartphone yang memiliki fasilitas media sosial dan chat messenger memungkinkan sebuah video di-share lebih cepat dan sekilat itu pula orang membuka dan menonton YouTube.

Persoalannya memang tak terlalu nyaman mengingat ukuran layar yang relatif kecil. Sehingga tak heran pengguna yang menonton lewat komputer (termasuk PC dan laptop) juga masih cukup tinggi.  Pengguna tablet yang tak semasif smartphone harus puas dengan perolehan 13 persen saja. Kendati sifat tablet lebih kurang sama dengan smartphone. Moda lainnya adalah televisi seperti smart TV.

 

DURASI NONTON: 30 -60 MENIT

Sekarang, di tengah kesibukan orang dengan segala macam aktivitasnya, waktu untuk menyempatkan diri untuk menikmati hiburan kian sedikit. Anda mungkin hanya beberapa menit saja menonton televisi. YouTube masuk sebagai alternatif hiburan. Sebagai sebuah kanal video, kesempatan untuk menonton terhitung lumayan. Rata-rata responden membuka YouTube antara 30-60 menit. Bahkan yang menonton antara 1-3 jam melebihi yang hanya butuh maksimal 30 menit. Termasuk yang menonton melebihi tiga jam.

Dengan konfigurasi seperti ini artinya orang Indonesia cukup sering menghabiskan waktu dengan menonton video dalam sehari.

 

VIDEO YANG DITONTON: MUSIK

Harapan baru bagi artis musik, karena kebanyakan video yang ditonton adalah video musik,entah konser atau video klip. Maklum acara-acara seperti ini memang sudah jarang ditayangkan media televisi. YouTube sesungguhnya juga on demand, artinya penonton bebas menentukan pilihan video musik pilihannya. YouTube juga jadi tempat di mana video-video berupa panduan atau review produk tersedia sangat banyak dan beragam. Bahkan kadang antara satu dengan video lain saling melengkapi.  Sebanyak 60 persen responden mengaku suka dengan video panduan dan review.

Video-video lucu, parodi, satir atau juga plesetan yang menjamur dan melahirkan banyak YouTubers termasuk salah satu jenis video favorit. Hal ini seiring dengan tingginya view maupun subscribe para Vloggers lokal maupun global. Dan, fakta lain menunjukkan, ternyata orang Indonesia tak terlalu suka menonton video film bajakan. (*) 


comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy