01 November 2016 | 4418 view(s)
Masa Depan Inovasi Berada di Singapura

Penulis : Kama Adritya

Perkembangan dari inovasi kini sudah berubah, seiring dengan semakin berkembangnya program riset dan pengembangan (R&D) yang menjadi semakin global. Kini, pelaku inovasi tidak lagi didominasi oleh dunia Barat. Menurut penelitian Global Innovation di tahun 2015 lalu, sekitar 94% inovator dunia yang terbesar melakukan riset dan pengembangannya di Asia terlebih dahulu, dan baru kemudian diikuti oleh Amerika dan Eropa.

Seiring dengan semakin banyaknya R&D di Asia, maka tak heran jika biaya yang dikeluarkan pada tahun 2017 akan melebihi dari biaya yang dihabiskan oleh Eropa maupun Amerika sampai dua kali lipatnya. Semua ini berkat meningkatnya ekonomi Asia yang sangat dikendalikan oleh pasar konsumennya, sehingga memaksa perusahaan untuk lebih dinamis dan kreatif dalam riset dan inovasi mereka.

Menjadi Sillcon Valley-nya Asia Tenggara

Sebagai gerbang masuknya Asia, Singapura menjadi lokasi yang menarik untuk dijelajahi dan dijadikan tempat untuk mengembangkan solusi inovatif untuk mengubah kehidupan di daerah tersebut. Mengapa? Karena Singapura memiliki ekosistem yang tepat untuk perusahaan-perusahaan membuat desain dan berinovasi. Tanda-tanda tersebut bisa dilihat sejak tahun 2013 berdasarkan dari Asian Venture Capital Journal Research, bahwa Singapura berhasil menarik dana dari venture capital sampai sebesar 22,1 Trilyun Rupiah.

Dan pada saat bersamaan, Singapura memiliki ekosistem enterpreneur baru yang dipenuhi oleh 55.000 start up dan menjadi pusat dari akuisisi start up di Asia. Hal tersebut membuat Singapura dianggap sebagai Sillcon Valley-nya Asia Tenggara.

Singapura juga menempati peringkat ketujuh dari Indeks Inovasi Global, serta menjadi pusat dari R&D dan inovasi. Bahkan pemerintah Singapura telah mengelontorkan dana sebesar 14 Milyar Dolar Amerika untuk mengembangkan kemampuan R&D, inovasi perusahaan, dan enterpreneurship melalui rencana Riset, Inovasi, dan Enterprise (RIE 2020).

Selain itu, orang-orang berbakat turut berkolaborasi dengan pemain penting di industri untuk membuat inovasi kelas dunia. Procter & Gamble dan Danone adalah salah satu dari perusahaan yang memiliki pusat R&D di Singapura demi mengembangkan produk-produk yang dibuat spesifik untuk pasar Asia. Selain itu Visa, Allianz, Nielsen, dan BP (British Petroleum) juga melakukan hal yang sama.

Tuan Rumah dari Acara Inovatif

Singapura juga sering menjadi tuan rumah untuk acara riset, inovasi, dan teknologi yang mengumpulkan para pemimpin industri untuk membahas ide-ide yang relevan secara global. Acara-acara tersebut turut memberikan inspirasi terhadap perubahan dan eksplorasi terhadap konsep baru. Salah satu dari acara tersebut adalah:

  • EdTech X Asia (8-9 Nov 2016) : adalah platform untuk para pemimpin dalam membangun diskusi dan solusi dalam mengubah pendidikan dan edukasi jangka panjang yang dibutuhkan Asia di abad ke-21 ini.
  • Asia Pacific Medtech Forum (8-10 Nov 2016) : membahas tantangan dan peluang industri pada akses, inovasi, dan kolaborasi untuk mengatasi kebutuhan kesehatan di Asia.
  • Singapore Fintech Festival (14-18 Nov 2016) :akan memberikan berbagai macam event FinTech yang khas untuk membangun relasi, berbagi pengalaman, dan membuka peluang bisnis antara start up, investor, institusi keuangan, partner lokal, dan instansi pemerintah. 

Jangan Lupa Untuk Bersenang-senang

Setelah mendatangi semua acara tersebut, jangan lupa untuk menghabiskan waktumu di kota. Bersenang-senanglah di Clarke Quay yang menyediakan beragam pilihan entertainment dan kehidupan malam. Jelajahi jalan Orchard Road yang terkenal untuk berbelanja. Nikmati makanan buatan dari para chef kelas dunia yang dinobatkan penghargaan Michelin.

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi situs yoursingapore.com/mice

 


You may also like:

Festival di Industri Keuangan dan Teknologi Dunia Ada di Singapura

Apple Hadirkan Toko Pertamanya di Asia Tenggara
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy