22 April 2016 | 5528 view(s)
Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest ke-10 Resmi Dimulai

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest atau yang sering disebut dengan IWIC, kini memasuki tahun ke-10. Kompetisi tahunan ini resmi dimulai pada hari Kartini tanggal 21 April 2016 ini. IWIC itu sendiri adalah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang wireless yang diselenggarakan Indosat Ooredoo. Kompetisi yang telah diselenggarakan secara tahunan dari tahun 2006 ini adalah bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar INOVASI.

IWIC bertujuan untuk merangsang minat generasi muda Indonesia di dunia digital serta mencari talenta terbaik generasi muda dari seluruh Indonesia. Sedangkan IWIC ke-10 kali ini diperuntukkan untuk generasi muda Indonesia dan belahan dunia lain untuk menuangkan kreativitas dalam bentuk ide brilian dan bahkan aplikasi keren yang memberikan manfaat untuk menjadikan Indonesia bahkan dunia yang lebih baik.

Melalui ajang IWIC ke-10 ini, diharapkan talenta digital Indonesia bisa sejajar dengan pemain Internasional dan menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing di kancah Internasional.

IWIC ke-10 ini mengusung tema "Change The World", di mana harapannya acara ini bisa mendatangkan aplikasi-aplikasi mobile yang tepat guna demi mengubah dunia menjadi yang lebih baik. Kompetisi ini sendiri dimulai dari tanggal 21 April 2016 sampai dengan November 2016. Kompetisi ini memiliki hadiah uang tunai total sampai ratusan juta rupiah, smartphone 4G, saldo Dompetku, dan kesempatan beasiswa.

Seperti IWIC sebelumnya, IWIC ke-10 kali ini memiliki beragam macam jenis kategori. Seperti:

  • Kategori Kids (SD)
  • Kategori Teens (SMP dan SMA)
  • Mahasiswa dan Umum
  • Developer
  • Mobile Web
  • Special Category for Disabled Community
  • Special Category for Woman and Girls
  • Ide dan aplikasi untuk bidang komunikasi, lifestyle, edukasi, multimedia, games, utility (tool, sekuriti, ide/apps untuk orang cacat), turisme, dan inovasi sosial.

Yang membedakan IWIC ke-10 ini dengan IWIC sebelumnya adalah diterimanya pendaftaran peserta dari luar negeri, karena sesuai dengan tema go global "Change The World". Kemudian juga akan diadakan Pesta Digital Anak Indonesia, di mana berupa ajang hackathon atau pembuatan aplikasi dalam waktu tertentu bagi peserta anak dan remaja. Kemudian juga ada Developer Challenges yang akan menantang para developer dengan tantangan khusus. Serta berbagai macam seminar dan talkshow bagi para developer.

Kegiatan sosialisasi IWIC ini sendiri juga akan dilakukan roadshow ke 10 kampus, 5 komunitas developer, dan ajang developer maupun hackathon. Selain itu juga akan diadakan bootcamp untuk para finalis yang akan diberikan pembekalan dari berbagai aspek, seperti bisnis, investasi, sampai dengan rilis. Selain itu juga ada bootcamp untuk para anak dan remaja yang akan dibekali dari motivator dan psikolog.

Acara ini selain berupa acara dari Indosat Ooredoo juga didukung oleh Kompas Gramedia lewat CHIP dan Sinyal, serta Techinasia, Dicoding, HarukaEdu, Cody's App Academy, dan Yayasan Cendikia Indosat.

Nantikan terus perkembangan maupun bimbingan untuk ajang IWIC ini di CHIP!


You may also like:

Daftar Lengkap Pemenang IWIC 10 2016

Catatan IWIC 10: Gudang Inventory Beragam Produk Digital

Bootcamp IWIC 10: Berbagai Tips Sukses dari Founder Startup

Ini Tips dari Inovator yang Sempat Jatuh Bangun Membangun Startup
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy