02 July 2015 | 8425 view(s)
Dimulainya Lomba Indosat Wireless Innovation Contest Ke-9

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Indosat, anggota dari Grup Ooredoo, menghadirkan dua katagori baru dalam Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-9, dan salah satunya adalah Katagori Ide dan Aplikasi untuk Perempuan, dengan harapan segera muncul ‘Srikandi Teknologi’ yang baru di Indonesia.

IWIC merupakan ajang kompetisi ide bisnis dan aplikasi mobile yang telah diadakan Indosat selama 9 tahun berturut-turut. Katagori baru lainnya adalah Katagori Khusus Ide bagi peserta Anak-anak & Remaja. Mengusung tema ‘Innovate Your Life’ dalam IWIC ke-9 ini, Indosat percaya bahwa peran perempuan sangat penting dalam melahirkan masyarakat melek teknologi. Bukan hanya sebagai user, namun juga sebagai content creator.

Hadirnya Katagori Ide & Aplikasi untuk Perempuan, walaupun dapat diikuti oleh peserta laki-laki maupun perempuan, namun diharapkan juga dapat mendorong semakin banyak perempuan yang turut berpartisipasi membuat ide maupun aplikasi mobile, dan semakin mendekatkan perempuan kepada kesempatan-kesempatan baru yang dihadirkan dari teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini juga sejalan dengan program pemberdayaan perempuan melalui berbagai kegiatan CSR yang terangkum dalam program INSPERA (Insprirasi Perempuan Indonesia).

Salah satu bagian baru dari acara IWIC ke-9 adalah Women Developer Day, terkait dengan sub-katagori perempuan, yang merupakan ajang berkumpulnya komunitas developer, khususnya perempuan, dan ajang belajar perempuan Indonesia dalam mengenal teknologi dan menjadi seorang teknopreneur dengan topik “Kartini Teknologi”. Dalam ajang ini juga akan ditampilkan contoh perempuan Indonesia yang sukses di bidang teknologi informasi untuk berbagi dan saling memotivasi.

IWIC ke-9 menghadirkan dua katagori besar, yaitu Katagori Ideas dan Katagori Apps, serta tambahan Katagori Khusus Anak-Anak & Remaja. Masing-masing Katagori Ideas dan Apps terbagi menjadi 4 sub-katagori, yaitu (1) Communications, Lifestyle & Education; (2) Multimedia & Games; (3) Utility (tools, security, ideas/apps for disability); (4) sub-katagori baru Women.

Katagori Khusus bagi peserta Anak-anak & Remaja diperuntukkan untuk pelajar SD-SMA/SMK) namun masih terbatas proposal ide. Katagori Khusus bagi peserta Anak-anak & Remaja memiliki tujuan memperkenalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat yang mendidik serta sumber mencari informasi. Indosat mengajak anak-anak dan remaja bukan saja menjadi pengguna teknologi tetapi juga content creator yang berkreasi dan berinovasi di dunia digital.

Periode kontes IWIC berlangsung sejak 13 Juni s/d 31 Oktober 2015, karya peserta ditunggu selama periode tersebut. Selama masa kontes, berbagai kegiatan dalam rangka mensosialisasikan kompetisi ini antara lain roadshow di berbagai kampus terkemuka di seluruh Indonesia. Kegiatan sosialisasi juga dilakukan ke berbagai sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA terkait dengan Katagori Baru bagi peserta Anak-anak & Remaja. Bahkan untuk kategori baru ini juga akan diselenggarakan kegiatan Kids Coding Camp, yaitu kegiatan semacam hackathon, pembuatan aplikasi dalam 3 hari khusus bagi peserta anak-anak dan remaja.

Di akhir kegiatan penjurian, 27 finalis dari semua katagori akan mengikuti kegiatan Bootcamp sekaligus penjurian grand final IWIC ke-9 yang akan berlangsung 3 hari di Jakarta.

Berbagai hadiah menarik menanti para pemenang IWIC ke-9 ini, antara lain berupa gadget, uang tunai, beasiswa di Founder Institute, Mentoring Harukaedu dan kesempatan untuk mendapatkan pendanaan di Crowdtivate.

“Di peradaban manapun, sebenarnya perempuan memegang peranan penting dalam mengarahkan jalan generasi baru untuk masa depan yang lebih baik. Walaupun stereotip yang berkembang adalah lelaki lebih mendominasi di berbagai sektor, termasuk sektor teknologi. Lewat IWIC, kami ingin membantu mendobrak stereotip itu. Sebab kelahiran inovasi itu tidak bias gender. Bukan hanya innovate his Life atau hanya innovate her Life, tapi innovate our Life dan innovate your life. Kami bangga dapat terus menghadirkan IWIC hingga tahun ke-9, sebagai bagian dari konsistensi dan komitmen kami dalam membangun ekosistem digital Indonesia,” demikian disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat saat meluncurkan IWIC ke-9 di ajang ICS 2015, di JCC-Jakarta.

Sebagai sebuah kompetisi yang selalu menghadirkan inovasi setiap tahunnya, IWIC telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai program CSR terbaik, baik penghargaan dalam negeri maupun luar negeri.

IWIC juga telah berhasil melahirkan para developer muda yang berhasil menjadi technopreneur berprestasi yang menciptakan berbagai aplikasi yang telah digunakan oleh masyarakat seperti Sandy Colondam yang menciptakan aplikasi Ragunan Zoo, aplikasi edukasi dan informasi tentang kebun binatang Ragunan bagi para pengunjung wisatawan.

Informasi lebih detail dapat di akses di microsite IWIC yaitu www.indosat.com/IWIC.


comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy