19 December 2016 | 16730 view(s)
Indonesia Juara Dunia di Kompetisi Overclocking

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Meskipun Indonesia gagal menjadi juara di lomba sepakbola AFF Cup 2016, namun Indonesia berhasil menjuarai kompetisi overclocking kelas dunia!

Alva Jonathan adalah nama yang sudah sangat terkenal di kalangan overclocker di Indonesia. Pria dengan nickname "Lucky_noob" tersebut sudah menjadi langganan juara di kompetisi-kompetisi overclocking, baik di tanah air maupun di luar negeri. Kali ini prestasinya telah mencapai puncaknya dengan menjuarai kompetisi overclocking tingkat dunia pada Galax Overclocking Carnival (GOC) 2016 yang digelar di Wuhan, Tiongkok.

Kompetisi ini banyak diikuti oleh para finalis dari Eropa maupun Amerika. Sehingga untuk bisa menang di sini bukanlah hal yang mudah. Di kompetisi tersebut, masing-masing overclocker diberi kartu grafis Nvidia GTX 1060 Galax. Di tangan Alva, kartu grafis spesifikasi pabrikan itu didongkrak hingga memiliki clock 3 GHz atau naik sekitar dua kali lipat. Angka overclock ini pun menjadi rekor baru untuk Nvidia GTX 1060.

Total perolehan poin Alva dari empat benchmark yang dipertandingkan, yaitu 3DMark 11 Physics, Geekbench 3, 3DMark Time Spy, dan 3DMark Fire Strike Ex, mengungguli 11 overclocker lainnya. Alva memperoleh skor total 184 poin, unggul 2 poin dari overclocker asal Afrika Selatan (182 poin). Pria yang menggeluti dunia overclocking sejak SMP itu pun berhak membawa pulang hadiah uang 30.000 yuan atau sekitar Rp 57 juta.

Pada kompetisi ini juga sempat terjadi drama, di mana tiba-tiba terjadi perpanjangan waktu saat pertandingan berjalan. Sempat dikuatirkan perolehan nilai Alva bisa tersusul jika waktu diperpanjang. Namun, untungnya semua ketakutan tersebut tidak terjadi. Dan Alva Jonathan mengukir sejarah dengan menjadi juara dunia Overclocking pertama dari Indonesia.

Sumber: Kompas Tekno & Jagat OC


comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy