06 October 2016 | 3080 view(s)
Calibre Indonesia Menggagas Pameran Foto Berbasis Aplikasi

Penulis : Rakhmat Koes

CHIP.co.id - Empat fotografer kawakan Indonesia yang terdiri dari Fanny Octavianus, Jay Subyakto, John Suriaatmadja, dan Oscar Motuloh, mengadakan pameran fotografi bersama dalam Calibre Indonesia. Pameran yang berlangsung di Rumah Main sejak tanggal 22 September sampai dengan 16 Oktober 2016 tersebut, mengolaborasikan antara foto (print), instalasi, desain interior, dan aplikasi berbasis teknologi.

Para apresiator yang hadir menyaksikan karya foto para fotografer yang tergabung dalam Calibre.id, dapat mengapresiasi karya foto yang dipajang dan tercetak dalam berbagai medium pada pameran tersebut. Selain itu, untuk mengetahui lebih dalam tentang masing-masing karya foto yang dipamerkan, apresiator dapat menyimak lebih lanjut melalui aplikasi Calibre Indonesia yang tersedia pada platform iOS dan Android.

 

 
Sejumlah foto karya Fanny Octavianus, Jay Subyakto, John Suriaatmadja, dan Oscar Motuloh yang dipamerkan di Rumah Main, 22 September - 16 Oktober 2016

Melalui aplikasi Calibre Indonesia, setiap fotografer akan mengurai kisah yang terkandung pada karya foto yang dipamerkan. Selain itu, terdapat beberapa foto pendukung dan alasan tentang pembuatan foto-foto tersebut. Pada setiap foto yang dipajang, tersedia QR code yang dapat langsung diakses melalui aplikasi Calibre Indonesia. Dengan demikian, para apresiator dapat menyimak cerita di balik setiap karya, seraya memahami karya-karya terkurasi yang dipamerkan.

 

Platform Fotografi Orisinal & Tersertifikasi

Calibre Indonesia (Calibre.id) digagas oleh Howard Brawidjaya bersama Fanny Octavianus, Jay Subyakto, John Suriaatmadja, serta Oscar Motuloh, merupakan platform yang menghadirkan konsultasi dan kurasi fotografi secara online, dan untuk membantu para visual artist di Indonesia agar memiliki ruang untuk mempromosikan karyanya secara orisinal.

 

Setiap foto pada buku katalog dilengkapi juga dengan QR code untuk mengakses cerita di balik foto tersebut, dengan menggunakan aplikasi Calibre Indonesia

Pada pameran ini, apresiator dapat mengoleksi karya foto yang dipamerkan secara orisinal dengan dilampiri sertifikat. Selain itu, para apresiator yang mengoleksi karya empat fotografer Calibre Indonesia, namanya akan tercatat sebagai kolektor. Selain dapat mengoleksi karya, para para apresiator juga dapat mengoleksi buku katalognya, dan dapat menyimak lebih dalam setiap cerita melalui aplikasi Calibre Indonesia. 

Dikutip dari pengatar pameran, "Calibre.id hadir untuk merawat dan menghadirkan kembali apresiasi atas karya cipta, agar dapat dikoleksi secara pribadi dengan elegan dan terverifikasi keasliannya. Calibre.id adalah entitas visual perihal Indonesia yang dibuat secara personal oleh empat fotografer Indonesia. Sebentuk sinergi atas makna subjektivitas dan karya cipta membaca Indonesia sekaligus menyentuhkannya dengan kepribadian dan pengembangan karakter dalam karya fotografi."

Dengan fasilitas aplikasi berbasis teknologi yang hadir secara online, Calibre Indonesia mencoba untuk memberikan kemudahan akses bagi kolektor dan pecinta fotografi yang ingin memiliki karya orisinal dalam bentuk fisik (print) tersertifikasi.


You may also like:

Sony Luncurkan Lensa Fix Zeiss Planar

The Helipak: Ransel Khusus Drone dari Think Tank
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy