11 October 2016 | 2855 view(s)
Epson dan Sembilan Matahari Menggelar Video Mapping di Prambanan

Penulis : Rakhmat Koes

CHIP.co.id - Setelah sukses menyenggarakan pertunjukan Video Mapping di Museum Nasional, Jakarta Pusat, PT Epson Indonesia dan Sembilan Matahari kembali berkolaborasi mengemas seni visual bergenre video mapping di di salah satu heritage (situs) warisan dunia, Candi Prambanan.

Epson dan Sembilan Matahari sepakat menggelar pertunjukan Video Mapping di Kawasan Sendratari Ramayana dengan latar belakang Candi Prambanan. Pagelaran ini juga didukung oleh seniman dan koreografer tari Didik Ninik Thowok. Adapun tema yang diusung adalah kisah Roro Jonggrang yang melatar belakangi histori terbentuknya Candi Prambanan.

Sentuhan Video Mapping yang menggunakan 20 proyektor dari Epson tersebut, membuat Sendratari Roro Jonggrang menjadi lebih kaya akan sentuhan visual artistik. "Pada Video Mapping kali ini, kami menggunakan sebanyak 20 proyektor, terdri dari satu proyektor 25.000 lumens (EB-L25000U yang baru di launching pada hari yang sama), dan 19 proyektor lainnya terdiri dari bermacam-macam lumens (mulai dari 10.000 lumens, dan 12.000 lumens)," ujar Adi Panuntun, kreator Video Mapping dan CEO dari Sembilan Matahari.

Video Mapping Roro Jonggrang yang diinisiasi oleh Epson Indonesia dan Sembilan Matahari


Hal serupa juga disampaikan oleh Head of Marcom & PR Epson Indonesia, Nolly Dhanurendra, "Pemilihan Candi Prambanan karena merupakan situs warisan dunia yang tercatat di Unesco. Sebelumnya Epson sudah beberapa kali bekerja sama dengan Sembilan Matahari, seperti di Museum Nasional Jakarta, Gedung Merdeka Bandung, Kantor Bupati Pekalongan, Benteng Kuto Palembang, dan sekarang di Prambanan."

Bagi Adi Panuntun dan tim Sembilan Matahari, pembuatan Video Mapping di Candi Prambanan memiliki tingkat kesulitan tersendiri. "Sangat jauh berbeda dengan Video Mapping di gedung, karenna Candi Prambanan memiliki warna yang gelap, dengan struktur batuan yang bertumpuk diagonal, dan memilki kontur dan relief, jadi perlu kreativitas lebih dari kami, selain itu cuaca Yogyakarta yang sering diguyur hujan cukup menjadi kendala," pungkas Adi Panuntun menambahkan.

Bagi Anda yang penasaran dengan Video Mapping yang digagas Epson dan Sembilan Matahari, dapat mengaksesnya di laman:

Fan Pages Facebook CHIP Foto Video

atau

NM Channel (Sembilan Matahari)

Pada menit ke: 1:00:44


You may also like:

EPSON EB-25000U Proyektor Seharga Rp 1,3 Miliar

Eksotika Indonesia dalam Video Mapping

Epson Moverio, Kacamata Cerdas Berbasis AR

Epson Luncurkan L-series Terbaru
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy