You are Here : Home > News > From The Magazine Op-Ed
25 August 2013 | 7230 view(s)
Konsumen 2.0 - Gaya Hidup Menenteng Peranti Bermerek

Penulis : Hermawan Sutanto

CHIP.co.id - Teknologi komputasi saat ini sedang mengalami evolusi. Persaingan pun tidak lagi soal kecepatan. Konsumen pun memiliki tolok ukur baru yang sangat berbeda. Mereka menjelma menjadi konsumen generasi baru yang saya sebut sebagai Konsumen 2.0. Apa saja ciri khas konsumen 2.0 ini?

Ciri utama Konsumen 2.0 adalah peranti komputasinya semakin personal. Konsep berbagi satu komputer di dalam  rumah sudah mereka tinggalkan. Setiap anggota keluarga memiliki peranti komputasi yang menjadi area privat bagi masing-masing individu. Apa yang mereka tulis, baca, foto dan rekam, bahkan interaksi mereka di media sosial benar-benar area yang sangat pribadi, sehingga tidak mudah untuk berbagi dengan anggota keluarga yang lain. Hal ini terjadi de-ngan smartphone. Setiap orang memiliki smartphone yang sekarang trennya sedang bergeser ke tablet dan komputer.

Laptop semakin personal
Saat komputer menjadi sangat personal, maka ada syarat tak tertulis yang harus dipenuhi peranti itu. Pertama, komputer harus mendukung mobilitas sehingga nyaman dibawa. Hal ini merujuk pada bobot dan daya tahan baterai. Maka tak heran iklan-iklan komputer sekarang me-ngutamakan bobot dan daya tahan baterai sebagai nilai jualnya. Saya masih kagum melihat laptop berbobot kurang dari 1 kg yang bisa dioperasikan hingga 15 jam saat menghadiri peluncuran Sony Vaio terbaru di Jakarta. Evolusi komputer untuk bersaing di bobot dan daya tahan baterai benar-benar dimulai.

Hermawan Sutanto
IT Marketer

Apa yang terjadi jika laptop menjadi semakin ringan dan daya tahan baterainya semakin lama (bahkan lebih lama daripada rata-rata tablet)? Konsumen akan dihadapkan pada pilihan yang dilematis. Bagi mereka yang menggunakan tiga peranti (smartphone, tablet, dan komputer), tentu akan memilih laptop yang semakin nyaman dibawa dan dipakai untuk mendukung mobilitas yang tinggi. Namun, bagi mereka yang menggunakan dua peranti  (smartphone dan tablet atau komputer), mereka dihadapkan pada pilihan sulit, antara tablet atau komputer.

Beberapa tahun terakhir, pengguna cenderung memilih tablet sebagai peranti yang mendukung mobilitas. Namun,  tidak lama lagi, saat laptop sudah berbobot kurang dari 1 kg, bisa menyala hanya dalam 2-3 detik, dan daya tahan baterainya lebih lama dari tablet, maka konsumen benar-benar dihadapkan pada opsi  yang sangat menggoda untuk mendapatkan kelebihan tablet dan komputer dalam satu perangkat.

Mementingkan gaya hidup
Konsumen 2.0 juga konsumen yang pintar memilih. Mereka sudah lebih teredukasi dalam memilih peranti yang akan mereka beli. Mereka tinggal mengklik "Search" untuk mendapatkan spesifikasi, benchmark, hingga referensi. Forum juga digunakan untuk memverifikasi peranti yang akan dibeli. Penjual dan vendor pun lebih banyak memberikan konten komparasi di Internet dan di media sosial dibanding menyebar brosur seperti 10 tahun yang lampau.

Konsumen 2.0 semakin sadar soal backup dan cloud. Mereka tahu bahwa harus ada salinan data  yang aman dari data yang terekam di peranti mereka. Hal yang paling masuk akal adalah dengan menyimpannya di Internet (cloud). Tak heran aplikasi dan jasa DropBox, Google Drive, dan kawan-kawannya menjadi sangat populer. Sayang, belum ada (mungkin saya belum tahu) produk dan jasa yang sama buatan Indonesia, sehingga kita tidak perlu membayar bandwidth ke luar negeri dan tidak perlu menaruh konten lokal ke server asing.

Akhirnya, Konsumen 2.0 menjadi kurang sensitif terhadap harga. Mereka sangat peduli merek karena menenteng peranti bermerek telah menjadi gaya hidup. Mereka ingin menunjukkan jati diri yang lebih mentereng karena membawa peranti premium yang jarang dimiliki orang. Di kafe, mereka ingin puluhan mata menatap mereka saat menggunakan komputer. Fenomena ini tidak saja terjadi pada generasi muda, namun sudah menjadi tren bagi generasi di atasnya yang ingin tetap trendi. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka?

 

 


Editor : Insaf Albert Tarigan

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy