Advertisement
12 October 2016 | 4740 view(s)
Solid Converter: Mengonversi PDF menjadi Format lain

Penulis : Nur Hasanah

CHIP.co.id - Dengan memakai Solid Converter, Anda dapat melakukan konversi file dari format PDF menjadi format dokumen lain yang bisa diedit secara mudah. Format hasil konversi dapat berupa Word, Excel, HTML, PowerPoint, atau teks biasa.

Cara membuka file PDF menggunakan Solid Converter sangat mudah sekali, Anda bisa menggunakan fungsi untuk merambah file atau dengan metode drag and drop. Lalu pilih format hasil konversi file, yaitu Word, Power Point, Excel, HTML, gambar, teks dan data csv.

Anda pun tak perlu menyesuaikan hasil keluaran dengan sumber file sebelum dijadikan PDF, karena file PDF hasil pemindaian pun dapat dikonversi menjadi salah satu pilihan format file keluaran. Hal ini dapat dilakukan berkat teknologi OCR atau Optical Character Recognition yang dapat menge­nali tulisan dari dokumen hasil pemindaian. OCR dapat mengenali bahasa yang digunakan secara otomatis, atau Anda bisa juga memilih bahasa yang dipakai. Pilihan bahasa tersebut adalah Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Perancis, Jerman, Italia, Norwegia, Polandia, Portugis, Rusia, Spanyol, Swedia dan Turki.

Pemilihan bahasa OCR yang tepat akan memperkecil kesalahan penge­nalan huruf atau kata pada dokumen. Ketika dilakukan konversi file dokumen dalam bahasa Indonesia, hasil pemindaian masih tampak beberapa kesalahan pengetikan. Hal ini juga dipengaruhi oleh hasil pemindaian yang kurang jelas.

Pada versi evaluasi, ketika mengonversi file PDF menjadi file dalam format Word akan tampil watermark dari aplikasi ini pada header dan isi dokumen secara horizontal. Namun, watermark tersebut dapat dengan mudah dihapus dan dokumen dapat di­sunting lebih lanjut. Lain halnya saat dilakukan konversi ke dalam file Excel, ternyata watermark tidak muncul pada file hasil konversi.

Selain pengenalan karakter menggunakan OCR, Anda bisa juga memilih aplikasi ini untuk me­ngenali tabel atau tidak. Solid Converter juga bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa file menjadi PDF.
 

Kesimpulan:
Hasil pemindaian dokumen dalam format PDF kini dapat dengan mudah dikonversi menjadi format file lain berkat Solid Converter. Dengan begitu, file dapat disunting lebih lanjut.

 

Penilaian Total: Sangat Bagus

Alamat: http://www.soliddocuments.com/features.htm?product=SolidConverterPDF  

Harga: US$99.95

Sistem Operasi: Win 10, Win 8.1, Windows 7, Vista® (32 and 64 bit versions)

 

Penulis; Endah Tri Utami


You may also like:

Whatsapp Beta Baru Bisa Bold dan Italic serta Kirim PDF
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy