You are Here : Home > News > From The Magazine
02 December 2012 | 2677 view(s)
Wireless Overclocking, Cara dan Instalasi (2)

Penulis : Aqmal Maulana

 

Jakarta, CHIP.co.id - Anda sudah menyimak mengenai penjelasan wireless overclocking. Namun, bagaimana sih melakukan overclocking nirkabel ini? Simak artikel lanjutan ini.

Langkah-langkah instalasi wireless overclocking

  1. Pastikan fasilitas wi-fi pada gadget atau smartphone Wireless overclocking membutuhkan koneksi Wi-Fi agar PC dan smartphone dapat saling terhubung.
  2. Install aplikasi yang diguinakan untuk overclock pada PC. Dalam hal ini, CHIP menggunakan MSI Control Center untuk overclocking mainboard serta MSI Afterburner untuk graphics card.
  3. Install aplikasi khusus untuk smartphone atau gadget Biasanya vendor menyediakannya di App Store bagi pengguna iOS atau Google Play bagi Anda pengguna Android. Sebelumnya, pastikan dahulu OS yang digunakan pada gadget Anda.
  4. Install aplikasi untuk mengkoneksikan PC dengan gadget Aplikasi ini di-install pada PC seperti MSI Afterburner remote server. Namun jika sudah terintegrasi dengan software overclocking pada Windows, Anda tidak perlu meng-install aplikasi tambahan.
  5. Setting ip pada remote server Cocokkan IP pada remote server dengan alamat IP pada PC dan jangan lupa untuk mengatur password untuk koneksi dengan gadget. Lalu buat koneksi ad-hoc untuk PC host yang ingin di-overclock.
  6. Jalankan aplikasi yang sudah di-install Semua sudah tersedia, tinggal mengeksekusi aplikasi overclock pada PC, aplikasi remote server, serta aplikasi yang sudah di download pada gadget Anda.
  7. Setting ip pada aplikasi yang ter-install di gadget Pada aplikasi di gadget, buka menu setting, kemudian cocokan alamat IP tujuan dengan alamat IP asal pada remote server agar PC terkoneksi dengan gadget.
  8. Control PC sudah ditangan anda PC Anda sudah dalam genggaman. Anda dapat menaikkan dan menurunkan clock ataupun timing RAM dengan cara menekan tombol "+" atau "-" sesuai kebutuhan. Tekan tombol apply, maka dengan seketika perubahan langsung terasa pada PC Anda.

Seberapa Efektifkah?

Pada saat meng-overclock graphics card maupun mainboard terasa cukup responsif meskipun hanya menggunakan koneksi Wi-Fi dari gadget. Hanya dengan mengubah nilai yang ada, lalu menekan tombol "Apply", maka sinkronisasi gadget dengan PC pun langsung terjadi dalam hitungan detik. Tidak hanya tombol "Apply", terdapat juga tombol "Default" yang dapat memudahkan overclocker untuk kembali ke konfigurasi awal. Tentu saja, tombol ini berguna pada saat gagal meng-overclock.

Meskipun lebih praktis dengan adanya tombol "+" dan "-", menginput nilai secara manual tetap dapat dilakukan de­ngan menekan angka yang ingin diubah. Informasi yang dihadirkan juga realtime sehingga Anda tetap dapat memantau seberapa cepat PC Anda berlari tanpa menggunakan monitor sekalipun. Menariknya, dengan wireless overclocking ini, Anda dapat meng-overclock PC pada saat benchmark sedang berlangsung sehingga Anda dapat menaikkan clock dan timing RAM tanpa menghentikan proses benchmarking. Dengan begitu, masih ada potensi untuk memperoleh nilai benchmark yang lebih tinggi di akhir benchmark.

Wireless overclocking bisa menjadi pilihan alternatif saat meng-oveclock PC, namun sayangnya masih jarang produsen mainboard maupun graphics card yang menyediakan aplikasi guna mendukung wireless overclocking.


Editor : Insaf Albert Tarigan

Tags : #overclocking
You may also like:

MSI N770 Lightning: Kelas High-End untuk Para Overclocker

AMD Gelar Lomba Overclocking dan PC Modding

CHIP Gathering 2013: Why Overclocking for Gaming

CHIP Forum Gathering Sambangi Bandung
comments powered by Disqus
Publication
© 2012-2013 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP