You are Here : Home > News > Gadget Op-Ed From The Magazine
27 January 2013 | 9612 view(s)
(My) Gadget of The Year 2012

Penulis : Hermawan Sutanto

CHIP.co.id - Tulisan ini dibuat di penghujung tahun 2012, saat hampir semua media menurunkan edisi "of the Year 2012". Sah-sah saja jika media ingin membangun animo mengenai "future" dengan mengetengahkan gadget-gadget baru yang sedang tren. Tapi saya tak mau kalah. Saya ingin memilih "Gadget of the Year 2012" versi saya. Sedikit berbeda dengan sudut pandang media yang umumnya mengutamakan sisi futuristik, bagi saya, (My) Gadget of The Year 2012 adalah peranti yang sudah berjasa sepanjang tahun 2012.

Ada 7 gadget yang saya pakai selama  tahun 2012, yaitu Nokia Lumia 900 The Dark Knight Rises Edition, BlackBerry 3G, iPhone 4S (smartphone), iPad, dan Galaxy Tab 7 (tablet). Sementara untuk PC saya menggunakan laptop dan desktop Mac.

Ronde pertama: Gadget apa yang bisa saya bisa lepas dalam sehari tanpa rasa bersalah? Dari kategori smartphone, Lumia 900 paling berjasa untuk mendukung pekerjaan saya. Integrasi e-mail dan kalendar dari Outlook Mobile di Lumia 900 belum ada yang bisa menandingi. Penjadwalan kalender yang terintegrasi penuh dengan Exchange memberikan akses terbaik yang pernah ada di smartphone. E-mail yang terintegrasi dengan Exchange pun belum terkalahkan. Singkat kata, saya tak bisa meninggalkan Lumia 900 untuk pekerjaan saya.

Di luar pekerjaan, belum ada yang mengalahkan BBM Group yang ada di Blackberry 3G saya karena komunitasnya sudah terbentuk. Dari grup S2 ITB, grup S1 Elektro, hingga grup alumni dari pekerjaan sebelumnya, semuanya berkumpul dalam BBM Group dan saling berbagi de-ngan aplikasi itu. Walaupun klasik, saya tak bisa melepas BlackBerry saya untuk terlibat dengan komunitas di luar pekerjaan.

Saya menyukai iPhone karena aplikasi Instagram yang menarik dan desainnya  yang seksi. Namun selama tahun 2012, saya belum memanfaatkan 100% kelebihan iPhone. Dalam penilaian subjektif saya yang cukup sibuk dengan kegiatan dan tidak memiliki kemewahan waktu untuk bermain dengan aplikasi, dengan berat hati saya bisa meninggalkan iPhone jika dibutuhkan.

Tablet juga menjadi favorit saya. iPad adalah tablet pertama saya dan memberikan pengalaman mengasyikkan dalam mengonsumsi konten, dari berselancar Internet hingga membaca buku atau majalah. Tergiur dengan ukuran 7 inci, saya juga mencicipi Galaxy Tab 7 yang lebih mobile dibandingkan iPad. Namun jika saya harus meninggalkan salah satunya di rumah, saya memilih untuk membawa iPad. Mengonsumsi konten, menurut pandangan subjektif saya, terasa lebih nyaman di layar yang lebih besar – layar iPad.

Pemilihan laptop PC atau desktop Mac terasa lebih mudah. Alasan portabilitas membuat saya memilih laptop karena desktop memang dirancang untuk ditinggalkan di rumah.

Ronde kedua: memilih di antara Lumia 900, BlackBerry 3G, iPad, dan laptop. Saya harus berpikir keras untuk menentukan hanya satu gadget yang akan saya bawa. Terjadi hal-hal yang menarik saat saya mencoba hidup dengan hanya salah satu gadget saja. Tanpa Lumia 900, hidup saya menjadi lebih "tenang" karena tidak ada lagi push mail dari e-mail pekerjaan. Tanpa BlackBerry, hidup saya sedikit "terasing" dari berita komunitas. Tanpa iPad, saya lebih "malas" untuk membaca berita di Internet atau membaca buku. Tanpa laptop dan PC, saya menjadi "penganggur" karena tidak bisa bekerja.

Akhirnya saya menyimpulkan, ternyata menjadi "penganggur" adalah kondisi terburuk. Tanpa laptop dan PC, saya tidak bisa bekerja. Smartphone dan tablet penting bagi hidup saya tetapi tidak cukup penting untuk menggantikan laptop dan PC saya. Saya menulis artikel ini tanpa bantuan smartphone maupun tablet. Beberapa aktivitas seperti berselancar maupun membaca buku, masih bisa dilakukan dengan PC, walaupun tidak senyaman ketika menggunakan tablet atau pun smartphone. Akhir kata, dengan bulat saya memilih laptop dan PC saya sebagai (My) Gadget of The Year 2012. Saya berbagi kicauan di @hermawansutanto. Saya tunggu komentar Anda. 

Oleh: Hermawan Sutanto - IT Marketer


Editor : Insaf Albert Tarigan

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy