You are Here : Home > News > Games Special Report
05 August 2016 | 11666 view(s)
19 Game Adventure PC dari Dekade Ini yang Harus Kamu Mainkan

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Adventure games adalah game yang memiliki kekuatan utama pada jalan ceritanya. Game yang dipilih di sini adalah hanya game yang mengandalkan narasi cerita sebagai gameplaynya. Jika ada game adventure yang memiliki gameplay action atau pengembangan karakter maka game tersebut masuk ke dalam kategori game action adventure dan RPG, bukan adventure game.

Game adventure yang masuk dalam list di sini adalah game adventure yang rilis di PC dari tahun 2006 sampai 2016 ini.

1.      Walking Dead (Telltale Games)

 

Walking Dead adalah sebuah serial yang sangat terkenal sebagai serial televisi tentang zombie. Namun, sebenarnya serial ini berasal dari komik. Maka tak heran jika versi game-nya mengambil gaya visual seperti yang ada di komik. Game ini menggunakan model episode dan season ala serial televisi. Satu season terdiri dari 5 episode.

Bisa dibilang, jalan cerita pada game ini malah lebih menarik ketimbang yang ada di komik maupun di televisi. Pilihan-pilihan yang kita pilih di sepanjang game akan memengaruhi jalannya cerita. Sehingga game ini bisa dimainkan berulang-ulang. Saat ini ceritanya sudah memasuki season 3 yang akan dimulai September 2016.

2.      Life is Strange (Square Enix, Dontnod)

Menjadi seorang remaja di sekolah yang memiliki kemampuan untuk memutar balik waktu tentunya tidak mudah, terlebih lagi karena ada misteri hilangnya seorang gadis di sekolah dan datangnya bencana di masa depan. Kurang lebih itulah sinopsis cerita dari game ini. Yang membuat game ini begitu menarik adalah karena segala macam tindakan Anda bisa memberikan konsekuensi yang berbeda-beda. Bahkan dari tindakan sesederhana menyiram tanaman saja bisa memberikan dampak pada jalan cerita.

Game ini juga menggunakan sistem episodik yang terdiri dari 5 episode. Musik dari game ini juga enak untuk didengar. Memainkan game ini berasa seperti sedang menonton film indie dengan soundtrack yang segar.

3.      Oxenfree (Nightschool Studio)

Salah satu kekuatan dari game adventure adalah jalan ceritanya. Oxenfree memiliki jalan cerita yang bergenre science fiction yang diramu dengan cerita drama remaja. Namun yang menjadi kekuatan utama dari game ini adalah dialog-dialognya yang mengalir dengan natural dan lumrah. Dialog-dialog tersebut akan muncul dalam berbagai pilihan, yang akan mengarah ke dialog lain yang terasa seperti dialog nyata dan seperti bukan dari skrip.

Ceritanya juga menarik, hanya saja jalan ceritanya masih terasa linear meskipun dialognya bisa berubah-ubah tergantung dari pilihan yang kita buat. Karakter pada game ini juga sangat menarik, sehingga Anda akan terus ingin memainkan game ini untuk mencari tahu jalan cerita yang melibatkan pertemanan para remaja ini.

4.      Her Story (Sam Barlow)

Bayangkan dirimu adalah seorang detektif yang sedang memeriksa arsip video lama tentang sebuah kasus yang melibatkan tentang seorang wanita. Kurang lebih begitulah cerita dari game ini. Tidak ada penjelasan sama sekali tentang kasus yang ada pada game ini. Anda hanya dihadapkan kepada sebuah mesin pencari dari sebuah arsip video. Anda harus memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari tersebut untuk menampilkan video yang terkait pada kata kunci tersebut.

Namun, di situlah seni keindahan dari game ini. Anda harus menebak-nebak sendiri cerita dari game ini. Imajinasi Anda juga harus digunakan agar dapat menemukan keseluruhan cerita yang akan terbuka seiring dengan semakin banyak video yang Anda tonton.

5.      To The Moon (Freebird Games)

To The Moon adalah game sederhana yang sangat mengesankan. Dibuat hanya dengan menggunakan engine RPG Maker, sehingga tampilannya sederhana seperti layaknya game-game masa 16 bit. Namun, kekuatan narasi ceritanya sangat kuat. Alkisah ada seseorang bernama Johnny yang sedang sekarat karena usia tua. Seumur hidupnya ia ingin pergi ke bulan. Tugas kita sebagai pemain adalah pergi ke dalam ingatan Johnny dan berusaha untuk mengubahnya agar Johnny mengira bahwa dirinya sudah pernah ke bulan.

Ceritanya memang agak aneh, namun narasinya sangat indah. Dipadu dengan untaian melodi lagu-lagu yang turut membangun emosi, game ini dapat membuat perasaaan Anda campur aduk dari tertawa, sampai merasakan kesedihannya.

6.      Gone Home (The Fullbright Company)

Memainkan game ini rasanya seperti apa yang menjadi judul dari game ini, Gone Home. Rasanya seperti kembali ke rumah. Memang ceritanya dimulai saat Anda kembali pulang ke rumah setelah melakukan perjalanan yang cukup lama. Namun. Anda mendapati bahwa rumah Anda sedang kosong dan keluarga Anda sedang pergi.

Setelah itu Anda dapat menjelajahi rumah dan sedikit demi sedikit cerita dari game ini pun terbuka di hadapan Anda. Dari barang-barang yang Anda temui, Anda bisa menebak-nebak drama yang terjadi pada keluarga ini. Di sinilah yang membuat game ini sangat unik. Tidak ada adegan aksi, tidak ada karakter lain, semuanya hanya rumah kosong yang menyimpan cerita di dalamnya.

7.      Stanley Parable (Galactic Café)

Stanley Parable bisa dibilang adalah game dengan jalan cerita yang paling ajaib dari semua game di list ini. Pada game ini lah di mana rasanya justru seperti game ini yang memainkan kita, bukannya kita yang memainkan game.Terutama karena narator dari game ini yang terasa seperti benar-benar berbicara langsung ke pada kita, bukan ke karakter kita di game.

Jalan ceritanya pun misterius, di mana kita tiba-tiba baru sadar bahwa hanya kita sendirian di gedung ini dan kita tidak tahu apa yang harus dilakukan. Game ini memiliki beberapa macam jenis ending cerita, tergantung dari apa yang Anda lakukan sepanjang game ini. Dari sekian banyak ending tersebut, hanya ada satu yang sungguhan. Tapi apakah benar? Hanya dengan memainkan game ini Anda bisa mengetahuinya.

8.      Broken Age (Double Fine)

Game ini dibuat oleh Tim Schafer yang terkenal lewat karya-karyanya seperti Monkey Island, Day of The Tentacle, dan game-game adventure zamannya LucasArts masih sering merilis game adventure. Oleh karena itu, tak heran jika Broken Age juga memiliki narasi cerita dan humor yang mirip dengan game-game tersebut.

Gaya visual dari game ini juga sangat indah dan menawan. Terlihat seperti lukisan dari cat air namun memiliki kedalaman seperti game 3D. Broken Age terdiri dari dua bagian yang dirilis terpisah. Jika Anda menyukai gaya game adventure LucasArts maka Anda akan menyukai game ini.

9.      Brothers: Tale of Two Sons (505 Games)

Kisah tentang dua kakak adik yang berjuang untuk mencari obat untuk ayahnya yang sakit. Setelah sebelumnya kehilangan ibunya, kini mereka tidak ingin kehilangan ayahnya juga. Untuk itu mereka berdua harus menghadapi tantangan demi mendapatkan obat untuk ayahnya. Namun, mereka harus bekerjasama agar dapat melalui semua rintangan tersebut.

Musti saya akui, bahwa sebenarnya game ini lebih banyak faktor puzzle-nya ketimbang ceritanya. Namun, unsur petualangannya masih sangat terasa sehingga masih masuk ke dalam kategori game adventure. Ditambah lagi dengan perjalanan mereka berdua yang memiliki nuansa penjelajahan tapi juga dengan unsur drama di dalamnya. Game ini juga bisa dimainkan berdua dalam komputer yang sama.

10.   Vanishing of Ethan Carter (The Astronauts)

Game ini memiliki jalan cerita dan nuansa paranormal yang cukup menegangkan saat dimainkan. Ceritanya berputar sekitar seorang anak bernama Ethan Carter. Di awal cerita dikabarkan bahwa ia menghilang dan kita harus menemukannya. Seiring cerita, banyak kejadian-kejadian paranormal yang membuat cerita game ini menjadi semakin seru dan menarik untuk dimainkan.

Gaya gameplay yang open world membuat kita bebas berkelana. Engine dari Unreal 4 juga menambah kecantikan visual dari game ini. Memainkannya seperti masuk ke dunia nyata karena detailnya yang sangat tinggi.

 

 


page 1 of 2
View as A Single Page
11 - 19
You may also like:

19 Game Buatan Indonesia yang Musti Kamu Ketahui

GDG 2015 Penuh Game Developer dan Pengunjung

Lomba Buat Game Untuk Developer Lokal di Google Play

Pelajari 3 Trik Ini untuk Menangi LINE Game Developer Competition
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy