You are Here : Home > News > Games Special Report
08 August 2016 | 10917 view(s)
19 Game Buatan Indonesia yang Musti Kamu Ketahui

Penulis : Kama Adritya

 

CHIP.co.id - Belum lama ini, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 8 Agustus sebagai Hari Game Indonesia. Langkah yang didukung oleh Bekraf, Asosiasi Game Indonesia (AGI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Perindustrian ini merupakan pertama kalinya dilakukan di Indonesia. Meskipun masih belum jelas, langkah apa yang akan diambil pemerintah terkait dengan dicanangkannya Hari Game Indonesia ini.

Sedangkan, industri game di Indonesia sebenarnya sudah cukup lama beredar di pasaran. Sayangnya, industri game di Indonesia masih dianggap hanya sebelah mata saja. Oleh karena itu, dengan ditetapkannya tanggal 8 Agustus sebagai Hari Game Indonesia, timbul harapan bahwa industri game di Indonesia mulai dilirik sebagai salah satu tonggak ekonomi kreatif untuk di Indonesia.

Seiring dengan suasana Hari Game Indonesia, berikut ini adalah 19 game hasil karya anak bangsa yang musti kamu mainkan.

1.      Mini Racing Adventure (Minimo)

Game balapan ini sangat adiktif dan menyenangkan untuk dimainkan. Permainannya simple, kita hanya harus memacu kendaraan kita secepat mungkin melewati rintangan jalan yang bisa naik turun atau bahkan terputus! Kita bisa membeli kendaraan dan upgrade dengan koin. Game ini sempat masuk peringkat tinggi di Playstore dari seluruh dunia.

2.      Infectonator 2 (Toge Production)

Salah satu game andalan dari Toge Production, yang kemudian melambungkan nama mereka di industri game dunia. Game ini mempunyai tema zombie. Namun yang membedakan game ini dengan game lain adalah kita justru harus membuat semua orang menjadi zombie! Karakter-karakter yang unik dan lucu membuat game ini sangat menyenangkan untuk dimainkan.

3.      Infectonator Survivor (Toge Production)

Satu lagi game dari dunia Infectonator. Namun berbeda dengan Infectonator 2, game ini memiliki gameplay ala tower defense dengan sentuhan RPG di dalamnya. Kita harus memilih orang untuk bertahan dari serbuan zombie, dengan cara menjelajahi area sekitar tempat kita bertahan. Saat ini game ini bisa ditemui di Steam. Namun, masih dalam tahap early access.

4.      Ramen Chain (Touchten)

Bisa dibilang game meracik makanan khas Jepang inilah yang membuat nama Touchten dikenal di kancah internasional. Gameplaynya cukup simpel, di mana kita harus meracik menu ramen yang dipesan oleh pengunjung. Namun, kesimpelannya ini yang membuat game ini begitu adiktif untuk dimainkan (serta membuat lapar).

5.      Tebak Gambar (Tebak Gambar)

Game ini sempat merajai puncak tertinggi di Playstore selama berbulan-bulan. Dengan tampilan yang sederhana, kita harus menebak kata atau kalimat hanya dari petunjuk gambar yang disediakan. Yang membuat game ini sangat susah untuk dihapus adalah karena game ini selalu diperbarui dengan ditambahkannya soal-soal baru.

6.      Icon Pop Quiz (Alegrium)

Banyak developer dari Indonesia yang mengawali usahanya di industri game melalui game-game quiz. Namun, yang membuat game ini begitu menonjol adalah kualitas gambarnya yang minimalis namun sangat iconic ini. Kita harus menebak kategori-kategori popular hanya berdasarkan dari gambar. Icon Pop Quiz adalah salah satu dari seri Icon Pop yang dibuat oleh Alegrium.

7.      Billionaire (Alegrium)

Ingin menjadi kaya raya dari berdagang? Game ini kurang lebih menggambarkan cara berdagang dari kecil sampai menjadi sebuah usaha yang besar. Kita bisa memilih usaha awal kita dari berdagang minuman sampai akhirnya memiliki perusahaan multi milyar.

8.      Target Acquired (Touchten)

Salah satu proyek ambisius dari Touchten di mana mereka membawa game ini menuju Kickstarter. Game ini adalah game bergenre platform di mana kita harus menembak dan meloncat-loncat sambil mengambil kekuatan untuk menambah persenjataan kita. Game ini terinspirasi dari game Megaman yang tersohor.

9.      Pixel Superheroes (Lyto Mobi)

Sang raksasa game online, Lyto, akhirnya terjun ke industri game mobile. Game yang diusungnya adalah game yang memiliki gameplay running game. Yang unik pada game ini adalah desain karakter-karakternya yang merupakan plesetan dari tokoh hero terkenal.

10.   Armor Academy Shape It Up! (Kolaborasi)

Game ini merupakan hasil dari kolaborasi beberapa studio developer game ternama di Indonesia, yaitu Toge Productions, Mojiken Studio, dan Amagine Interactive. Pertama kalinya ada kolaborasi game yang hasilnya dirilis ke publik. Gamenya sendiri adalah game sederhana di mana kita harus membentuk gambar berdasarkan dari petunjuk yang ada.

11.   Shaman Showdown (Sinergi Studio)

Game ini menggabungkan dua jenis gameplay yang berbeda, yaitu gameplay puzzle dengan tower defense. Hal tersebut membuat game ini sangat unik. Selain itu, desain karakter dan animasinya juga sangat khas.

12.   INheritage: Boundary of Existence (Tinker Games)

Salah satu game yang sukses menembus pasar Jepang. Game ini bahkan sampai disulih-bahasakan ke dalam bahasa Jepang. Game ini bergenre shooter namun juga menampilkan desain karakter dan lokasi yang unik dari Indonesia.

13.   Dreadout Keeper of The Dark (Digital Happiness)

Sebenarnya game Indonesia ada banyak yang mengusung tema horor, namun baru Dreadout inilah yang sukses menembus pasar Internasional. Setelah sebelumnya pertama kali diperkenalkan pada ajang INAICTA , game ini akhirnya bisa menembus seleksi ketat Steam. Kini Dreadout merilis sekuelnya dengan judul Keepers of The Dark.

14.   Superfan (Altermyth)

Satu lagi game kuis dari developer Indonesia. Namun, yang membedakan game ini dengan game kuis lainnya adalah kategori-kategorinya yang akan menguji kadar fanboy kamu terhadap berbagai hal. Dari ratusan pertanyaan kuis, maka game ini bisa menentukan seberapa besarkah kamu mengetahui pengetahuan terhadap idolamu.

15.   Tahu Bulat (Own Games)

Sebuah bukti bahwa dari sebuah meme juga bisa menjadi game yang fenomenal. Game ini bahkan sanggup menggusur game Clash of Clans dari puncak dominasi Playstore. Game simpel yang mengandalkan kemampuan klik dan manajemen ini sampai sekarang masih berada di peringkat atas Playstore Indonesia.

16.   Tawur (Wahana Inspirasi Nusantara)

Meskipun gamenya memiliki judul Tawur dan memiliki gaya seolah-olah seperti game fighting, sebenarnya game ini adalah game kuis. Saat bertarung, kita akan diberikan beragam macam jenis pertanyaan. Jika kita bisa menjawab dengan benar dan cepat maka akan semakin hebat pula pertarunganmu.

17.   Teka-teki Saku (Touchten)

Rasanya tidak lengkap jika tidak ada game teka-teka silang. Gameplay paling dikenal sepanjang masa ini cukup sukses diterjemahkan ke dalam layar smartphone. Tampilannya sederhana namun membuat betah. Sedangkan jika kita menang, maka kita akan mendapatkan koin di mana kita bisa tukarkan dengan promo-promo di dunia nyata.

18.   Cute Kill (Touchten)

Menurut Touchten, yang lebih menyeramkan dari zombie adalah bayi! Game dengan genre running dan shooter game ini sebenarnya cukup sederhana. Kita hanya harus berlari sambil menembaki zombie di belakang. Seiring permainan akan ada beberapa power up yang akan membuat senjata kita lebih canggih atau kekuatan khusus untuk menghancurkan zombie.

19.   The Great Adventures: Bona & Friends (Digital Eight)

Game ini menggunakan karakter terkenal dari Gramedia Majalah, yaitu Bona dan Rongrong. Bona si gajah berbelalai panjang ini harus menyelamatkan teman-temannya dari pemburu ilegal. Game dengan tipe gameplay puzzle ini dirilis di iOS dengan tampilan yang kartun ala komiknya di majalah. Sayang, dengan ditutupnya Digital Eight sebagai publisher maka game ini sudah tidak ada update-nya lagi.

 

Demikian 19 game yang sebaiknya kamu ketahui. Memang masih ada banyak lagi game-game Indonesia yang belum disebutkan pada daftar ini. Dalam semangat Hari Game Indonesia, game buatan Indonesia apa lagi yang kamu ketahui?

 


You may also like:

19 Game Adventure PC dari Dekade Ini yang Harus Kamu Mainkan

GDG 2015 Penuh Game Developer dan Pengunjung

Xiaomi Redmi 4A Resmi Dibuat di Indonesia

Mengapa Memilih Platform Mobile untuk Startup?
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy