You are Here : Home > News > Games Special Report
08 September 2016 | 8182 view(s)
Sony Umumkan Playstation 4 Pro dan Playstation 4 Slim!

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Sony memberikan penampilan baru pada jajaran Playstation 4 yang akan rilis berikut dengan penampilan yang lebih ramping, dan Sony juga mengumumkan upgrade ke ranah 4K dengan hadirnya Playstation 4 PRO. Apa saja yang menjadi kehebatan seri terbaru dari PS4 ini?

Tanggal 7 September tampaknya menjadi tanggal di mana para produsen elektronik memperkenalkan produk terbarunya mereka. Kali ini giliran Sony yang naik ke atas panggung. Playstation kini merupakan andalan utama dari perusahaan elektronik asal Jepang ini. Oleh karena itu, semua hal terkait dengan Playstation kini diperlakukan istimewa. Sony akan merilis Playstation VR yang akan menjadi tonggak awal Sony di dunia gaming virtual reality. Untuk itu, dengan diumumkannya Playstation 4 Slim dan Playstation 4 Pro ini sangatlah tepat.

Sony melakukan perubahan design pada jajaran Playstation 4 yang akan rilis setelah ini. Playstation 4 tipe standar yang akan dikeluarkan memiliki ukuran yang lebih ramping dan dikatakan menggunakan tenaga yang lebih efisien. Meski berukuran lebih kecil dan lebih hemat energi, spec hardware yang diberikan tetap sama dengan spec yang ditawarkan oleh Playstation 4 yang ada saat ini. Namun, dari perubahan design tersebut juga ada penyesuaian feature pada PS4 Slim tersebut. Salah satunya adalah tombol power dan eject yang kini berupa tombol fisik dan tidak lagi berupa tombol sentuh. Hal ini mengurangi kemungkinan PS4 kita menyala secara tidak sengaja akibat tombolnya tersentuh. Perubahan lain yang menonjol adalah posisi light bar yang kini juga terdapat pada bagian depan controller.

Selain mengumumkan Playstation 4 yang lebih ramping, Sony juga mengumumkan hadirnya Playstation 4 PRO yang lebih 'canggih' dari PS4 sebelumnya. PS4 Pro yang dulu dikenal dengan kode PS 4 Neo ini merupakan PS4 yang memiliki feature High Dynamic Range (HDR) dan mampu menampilkan gambar 4K.

Sony mengatakan bahwa semua game yang ada pada PS4 akan diberikan tambahan update agar dapat menampilkan gambar dalam resolusi 4K. Dengan resolusi 4K dan feature HDR, tentunya gambar pada game yang dihasilkan akan terlihat lebih detail dan lebih tajam. Bukan hanya game, PS4 Pro juga akan dapat memberikan tontonan film dalam resolusi 4K. Saat ini Netflix dan YouTube sedang mengembangkan apps untuk dapat menampilkan film/video dalkam resolusi 4K di PS4 Pro.

Game seperti Mass Effect: Andromeda, Horison: Zero, Days Gone, dan Call of Duty: Infinite Warfare akan langsung memberikan pilihan 4K saat PS4 Pro diluncurkan. Begitu juga dengan Playstation VR yang akan rilis pada tanggal 13 Oktober juga akan langsung dapat memanfaatkan resolusi 4K tersebut. Meskipun Anda tidak memiliki TV 4K, PS4 Pro juga akan dapat memberikan resolusi 1080p dan framerate yang lebih tinggi pada semua game PS4.

Hanya saja, jangan berharap PS4 Pro akan memberikan pengalaman 4K yang murni. Karena Sony tidak akan mengeluarkan game yang dibuat khusus untuk mesin PS4 Pro. Dengan kata lain, Sony tidak akan mengeluarkan game yang memang dibuat untuk 4K dari awalnya. Jadi, bisa dibilang PS4 Pro hanya akan 'upgrade' game yang bukan 4K menjadi terlihat seolah-olah seperti game 4K. Meski demikian, hal tersebut tetap akan memberikan tampilan gambar yang lebih baik.

Playstation 4 Slim akan hadir pada tanggal 15 September dengan harga lebih murah dari Playstation 4 standar, yaitu $299. Sedangkan Playstation 4 Pro akan hadir pada tanggal 10 November dengan harga $399.

 

 


You may also like:

Playstation VR Sekarang Tersedia Di Indonesia

Sony Indonesia Kenalkan Lini Baru Headphone Nirkabel

Oppo Gunakan Sensor Sony IMX398 Terbaru pada R9s

A6500: Mirrorless Terbaru Sony dengan AF Secepat Kilat
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy