Advertisement
18 February 2016 | 7695 view(s)
FBI Minta Apple Untuk Bongkar Sekuriti di iPhone

Penulis : Kama Adritya

CHIP.co.id - Belum lama ini, Tim Cook menulis surat di website Apple mengenai kegalauannya dalam menyikapi permintaan dari Federal Bureau of Investigation (FBI) Amerika yang dapat mengancam keamanan dari banyak pengguna iPhone. Menurutnya, jika permintaan FBI ini dipenuhi maka semua pengguna iPhone akan menjadi rentan terhadap serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

CEO Apple saat ini, Tim Cook, mengemukakan kecemasannya lewat surat pendek di website Apple. Pada suratnya, Tim Cook ingin membuka diskusi terkait dengan permintaan dari FBI Amerika kepada Apple. Secara kasarnya, FBI meminta Apple untuk membuat OS baru di mana FBI bisa membuka data di dalam iPhone yang dikunci.

Seperti kita ketahui, salah satu keunggulan dari produk Apple ini adalah kehebatannya dalam memproteksi data di dalam iPhone dengan enkripsi yang selalu diupdate. Selama Anda tidak melakukan jailbreak pada iPhone Anda maka keamanan data di dalamnya bisa dijamin oleh Apple. Cukup berikan passcode pada iPhone, maka data di dalamnya akan aman dari tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Permintaan FBI tersebut tentunya akan membahayakan hal tersebut. Karena dengan kata lain, FBI meminta Apple untuk memasang 'back door' pada semua iPhone yang ada. Di mana hal tersebut bisa saja jatuh ke tangan orang yang salah, dan menurut Tim Cook hal itu sangat mungkin terjadi dan implikasinya akan sangat berbahaya. Karena semua data di dalam iPhone tersebut berarti dapat dibuka sehingga data-data penting seperti contacts, isi chatting, info pembayaran, sampai dengan lokasi kita bisa diakses oleh pihak lain.

Meskipun permintaan FBI itu merupakan permintaan yang didasari oleh itikad baik, terutama setelah kejadian terorisme di San Bernardino yang kemudian terungkap setelah iPhone dari salah satu pelaku bisa dibuka oleh FBI dengan bantuan dari para ahli dari Apple. Harapan dari FBI dengan adanya 'back door' ini maka proses penyelidikan terhadap kasus-kasus sejenis bisa menjadi lebih cepat.

Dengan surat ini, Tim Cook mengajak kita semua untuk berdiskusi apakah permintaan FBI ini merupakan ide yang bagus atau tidak. Belum ada tanda-tanda apakah Apple akan menuruti permintaan dari FBI ini. Namun, berhubung Apple merupakan perusahaan yang terdaftar di Amerika, mungkin mereka harus tunduk terhadap permintaan pihak otoritas dari Amerika tersebut. Walaupun pengguna produk mereka datang dari seluruh pelosok dunia.

Mari kita simak perkembangan dari topik ini. Silahkan turut berdiskusi mengenai hal ini, sesuai dengan permintaan Tim Cook di website Apple tersebut.


You may also like:

Gawat! Video Porno Tayang di Videotron

Senjakala Pokemon GO, Inikah Akhir dari Pokemon GO?

Indonesia Jadi Korban Kejahatan Kelompok Hacker Lazarus

Perlindungan Keamanan Wearable Devices dari Kaspersky dan WISeKey
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy