18 August 2016 | 3591 view(s)
9 Teknologi Baru dari Intel Developer Forum 2016

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Ajang tahunan Intel Developer Forum (IDF) yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat pada 16-18 Agustus kembali memamerkan konsep teknologi masa depan. Kali ini tak hanya teknologi berbasis komputer, namun Intel telah menyiapkan beberapa hal yang mendukung tren Virtual Reality hingga UAV (Unmanned Aerial Vehicle). Proyek visual Intel RealSense yang telah dikenalkan sebelumnya juga akan hadir dengan berbagai varian.

Berikut 9 hal yang akan menjadi tren teknologi masa depan yang diusung Intel dan dapat dimanfaatkan oleh developer untuk melahirkan perangkat baru.

 

#1. Intel RealSense Robotic Development Kit

            Paket AAEON UP board yang dilengkapi kamera Intel RealSense R200 ini dapat digunakan oleh developer untuk mengembangkan rakitan robotnya agar dapat mengenali obyek yang ada di sekitarnya. Kit ini hadir dengan OS Linux yang kompatibel dengan ROS (Robot Operating System). Paket ini sudah tersedia dan dapat dipesan sekarang.

 

#2. Intel RealSense ZR300 Development Kit

            Kalau Anda menginginkan kamera yang memiliki sensivitas dan presisi tinggi untuk enangkap obyek di robot Anda, maka ZR300 adalah jawabannya. Panel kamera ini pas dengan Intel RealSense SDK untuk Linux yang di dalamnya dilengkapi dengan teknologi odometri. Teknologi ini sangat penting untuk pemakaian dalam hal mapping dan navigasi, sehingga selain dapat ditanamkan di robot juga drone, AR maupuN VR.

 

#3. Intel RealSense 400 Camera

            Inilah generasi terbaru dari kamera RealSense. Kali ini menampilkan tingkat presisi yang lebih tinggi dalam menangkap obyek, khususnya disiapkan untuk merekam obyek 3D. Daya tangkapnya ditingkatkan dua kali lipat.

 

#4. Intel Euclid Developer Kit

            Kit satu ini sudah komplet, terdiri dari kamera RealSense, prosesor Intel Atom, koneksi nirkabel, dan berbagai preinstal yang dibutuhkan developer. Anda tinggal melakukan plug and play, untuk berbagai  kebutuhan.

 

#5. Intel Project Alloy

            Teknologi Intel RealSense dikemas dalam format kacamata VR. Hal ini menandai keseriusan Intel menghadirkan teknologi visual VR yang lebih berkembang. Lihat saja Project Alloy ini yang tidak lagi memerlukan kabel untuk terhubung ke komputer, tidak membutuhkan sensor atau kamera dan dapat memanfaatkan berbagai elemen di depan mata untuk menghasilkan imajinasi VR yang lebih beragam. Intel menggandeng Microsoft untuk menghasilkan konten berbasis OS WIndows. Selain itu, juga disiapkan API yang terbuka untuk para developer mengembangkan VR maupun konten pendukungnya.

 

#6. Intel Aero Platform

            Bagi pengembang perangkat drone, Intel menyiapkan kita Aero Platform yang cukup lengkap. Prosesor Intel Atom quad core yang dikombinasikan dengan storage, panel komunikasi, serta I/O fleksibel melengkapi kita satu ini. Tentu saja tak ketinggalan teknologi visualisasi Intel RealSense  melengkapi. Sementara ada kontroler hadir perangkat lunak Dronecode PX4. Kit satu ini dijual seharga 399 dolar.

 

#7. Drone Yuneec Memakai Intel RealSense

            Kolaborasi produsen drone Yuneec dengan Intel menghasilkan perangkat drone Typhoon H yang telah dilengkapi dengan panel Intel RealSense. Tentu saja ini kabar bagus buat pilot drone dan tak perlu lagi memasang panel Intel RealSense sendiri. Quadcopter satu ini bahkan telah siap dijual dengan harga 1.899 dolar.

 

#8. Intel Joule

            Kit dengan berbagai modul ini disiapkan untuk mendukung Internet of Things (IoT). Daya tariknya tak hanya pada dimensinya yang mungil namun setara dengan high end computing sehingga dapat diaplikasikan di perangkat robot maupun drone, namun juga pengenaan kamera Intel RealSense, koneksi Wi-Fi 802.11 ac, prosesor Intel Atom T5700 dengan kecepatan komputasi 2,4 GHz. Intel merilis dua varian, yaitu Joule 570x yang memiliki memori RAM 4 GB dan memori eksternal 16 GB. Satu lagi Joule 550x yang punya RAM 3GB dan eksternal 8 GB.

 

#9. Prosesor untuk Video 4K

            Melengkapi core business-nya, Intel mengembangkan Intel Core generasi ke-7 yang disiapkan untuk mengakomodasi film-film berkualitas 4K. Dalam hal ini Sony Pictures Home Entertainment sudah sepakat dan akan menyiapkan beberapa koleksi film-nya agar dapat disimak di komputer.(*)

 

 


Editor : Kama Adritya

You may also like:

Ongkos Bikin iPhone 7 32 GB = 224,8 Dolar

HP Rilis HP Spectre 13 yang Merupakan Notebook Premium yang Paling Tipis

Pokemon Go Sudah Bisa Diinstal pada Smartphone dengan SoC Intel

Inilah Macam-macam Chipset Perangkat Android
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy