30 September 2016 | 6675 view(s)
Genpro 2 in 1 PC buat Pelajar Budget 3 Jutaan

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id- Berapa harga yang cocok untuk sebuah komputer jinjing paling pas ukuran kantung orang Indonesia?

GfK Indonesia punya data begini. Untuk konsumen lokal potensi penjualan laptop sebanyak 79 persen  mengeluarkan anggaran di bawah Rp 4 juta.  Persentase ini amat dominan. Masih menurut Gfk, penjualan komputer 2 in 1 alias model jinjing juga terus mengalami kenaikan sejak 2014. Diperkirakan hingga 2017  masih cukup gemilang meski nyaris flat. Kalau dibandingkan dengan PC desktop saling terbalik, akan turun drastis.

Dengan kata lain, yang mengalami penjualan bagus untuk produk IT ada dua; smartphone dan PC 2 in 1. Tablet mulai kehilangan gairah.

Peluang ini oleh PT Aries Indo Global yang Anda kenal sebagai produsen brand Evercoss melakukan penetrasi dengan merilis  seri Genpro 2 in 1 untuk pertama kalinya. Perusahaan ini tak sendirian, mereka menggandeng Intel Indonesia.

Menurut Nina R. Wardhani, CMO PT Aries Indo Global, hadirnya Genpro 2 in 1 PC sekaligus pada momentum yang penting. Sejalan dengan program Kementerian Pendidikan Nasional yang akan meneruskan program Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Intel sendiri sudah menyiapkan berbagai hardware (chipset maupun NUC) serta software yang akan mentransformasi cara belajar mengajar antara guru dengan siswa.

Menurut Hermawan Sutanto, Direktur Sales Intel Indonesia, Intel punya software di mana guru dapat membuat soal secara digital dan dengan demikian akan semakin memuluskan jalan transformasi digital dunia pendidikan.

Adapun Genpro 2 in 1 PC menyajikan desain yang dibalut dengan material metal. Kemudian dipadu dengan soft hold casing keyboard dimana monitor dapat dipasang secara detachable. Layar jenis IPS LCD berukuran 10 inci memang masih mengacu pada dimensi diagonal pada tablet. Sadar akan kebutuhan mnyimpan data konvensional yang bakal besar, Genpro  2 in 1 PC tak mau hanya memasang memori 64 GB seperti umumnya 2 in 1 laptop lainnya. Memori ROM sebesar 128 GB disiapkan yang berpadu dengan RAM 2 GB.

Pengguna tak perlu lagi mengunduh sistem operasi, karena seri ini sudah memakai Windows 10. tentu saja dapat dioperasikan dengan menggunakan touchscreen maupun keyboard.

Intel sendiri mengangsurkan prosesor Intel Atom  Cherry Trail z8300 yang memiliki kecepatan komputasi 1.84 GHz. Beberapa rongga menemani di antaranya USB 3.0 dan HDMI. Sementara kapasitas baterainya sebesar 5.000 mAh.

Demi mendapat antusias pelajar, Genpro 2 in 1 PC telah pula dijejali dengan aplikasi EDU. Aplikasi ini berisi beragam bank soal untuk keperluan simulasi ujian nasional. Buat persiapan ujian nasional dengan banderol hanya Rp 2,99 juta, rasanya sangat layak. Dari pada Anda buang uang untuk mengganti smartphone. (*)

 

 


comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy