You are Here : Home > News > Op-Ed From The Magazine
21 April 2013 | 10350 view(s)
Hermawan Sutanto: NPWP untuk Transaksi Online

Penulis : Hermawan Sutanto

CHIP.co.id - Mengapa di Amerika Serikat (AS) tingkat pertumbuhan transaksi online dan tingkat kepercayaan penjual atau penyedia jasa terhadap kartu kredit tinggi? Apa yang membedakan dengan Indonesia dan bagaimana kita bisa belajar dari sistem mereka?

Bagi imigran atau pekerja asing di AS, ada satu nomor yang sangat "sakti", yaitu Social Security Number (SSN). SSN adalah nomor identifikasi pajak individual, sama persis dengan NPWP. SSN begitu sakral di AS karena terkait langsung dengan semua aspek transaksi dan melibatkan langsung skor kredit masing-masing individu.

Skor kredit

Skor kredit adalah rating limit kredit setiap individu yang berlaku seumur hidup. Seorang imigran atau pekerja asing akan mendapatkan skor kredit 0, artinya ia adalah individu dengan risiko kredit tertinggi. Akibatnya, dia tidak bisa mendapatkan kartu kredit dengan mudah dan tidak bisa membuka kredit baru, seperti membeli mobil dengan kredit.

Seiring waktu, jika individu menunjukkan pemakaian yang wajar dan pembayaran tepat waktu, maka dalam satu tahun, dia mendapatkan kenaikan skor kredit. Semakin panjang masa ia tinggal di AS dan selalu membayar tepat waktu, skor kreditnya semakin tinggi. Jika ia bisa mencapai skor 750 ke atas, maka ia akan memiliki skor kredit bagus sehingga semua kemungkinan fasilitas kredit berbunga rendah (bahkan 0) bisa mereka dapatkan. Sebagai contoh, perusahaan asuransi murah terkenal di sana, Geico, akan memberikan premi yang hampir tidak masuk akal jika skor kredit kita tinggi. Amazon pun menyediakan pembayaran tertunda 6 bulan tanpa bunga, hanya bagi mereka yang memiliki skor tinggi.

Bagi anak yang belum mempunyai pendapatan dan ingin memulai kredit baru, mereka bisa mendapatkan "sponsor" dari skor kredit orang tuanya sehingga bisa memulai sebagai anak dengan skor kredit bagus. Karena itu, sangat penting untuk membangun skor kredit yang bagus mengingat skor kredit ini tidak hanya mempermudah hidup mereka, namun juga anak mereka.

Jaminan transaksi online

Skor kredit inilah yang menjadi dasar meringankan risiko kredit macet bagi penjual dan penyedia jasa. Bagaimana caranya? Kita ambil contoh RedBox. Mesin Redbox yang menyediakan rental film DVD bisa dengan mudah percaya bahwa si peminjam yang belum mengembalikan DVD, masih bisa membebankan ongkos pinjam tambahan ke kartu kredit atau kartu debit. Jika si peminjam menutup kartunya supaya tidak terkena ongkos tambahan, RedBox bisa langsung melaporkannya  sehingga skor kredit si peminjam akan mendapat catatan buruk.

Penurunan skor kredit langsung berakibat banyak bagi individu karena beberapa kasus yang dimilikinya memberikan akses ke pemerintah untuk langsung memotong dari uang yang mereka miliki di bank. Benar, pembukaan rekening bank pun membutuhkan nomor SSN karena memberikan akses pemerintah untuk memotong langsung nilai aset yang dimiliki (tabungan, rumah, mobil) jika terjadi kasus.

SSN adalah kunci keberhasilan transaksi online di AS. SSN memberikan kesempatan bagi penjual dan penyedia jasa untuk memberikan penawaran beragam dan sangat menarik bagi pemilik skor kredit tinggi dan memberikan semacam jaminan jika terjadi kredit macet.

Di Indonesia, kita pun memiliki NPWP dan skor kredit. Namun skor kredit masing-masing individu yang pernah berhutang di bank hanya dapat diakses oleh bank melalui Bank Indonesia (BI). Perlu ada mekanisme untuk memberikan akses tersebut secara aman ke penyedia jasa agar mereka bisa menilai risiko kredit yang akan mereka berikan ke masing-masing individu. Koneksi NPWP ke setiap aset yang dimiliki individu bisa memberikan jaminan untuk melakukan penarikan aset jika terjadi kredit macet. Jika hal ini bisa diterapkan, maka tidak ada lagi halangan bagi penyedia jasa online untuk menumbuhkan transaksi online karena dalam setiap pembelian online terdapat jaminan.   


Editor : Insaf Albert Tarigan

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy