Advertisement
You are Here : Home > News > Op-Ed From The Magazine
24 August 2013 | 13317 view(s)
16 Tahun CHIP di Indonesia

Penulis : anonymous

CHIP.co.id -- Juli 1997, CHIP Indonesia edisi perdana beredar. Tahun ini, sudah 16 tahun CHIP terbit di Indonesia. Pada tahun 1997, koneksi Internet melalui dial-up sudah marak, berbagai Internet Service Provider (ISP) bermunculan: IBM (yang berubah menjadi AT&T Global), Wasantara (unit bisnis ISP dari PT Pos Indonesia), Centrin, Indosat, dan Telkomnet Instan. Semuanya menggunakan media kabel tembaga telepon rumah dengan kecepatan 28,8 Kbps, 33,6 Kbps sampai dengan 56 Kbps.

16 tahun kemudian, koneksi dial-up melalui POTS (Plain Old Telephone System) sudah langka. Akses Internet di Indonesia saat ini, jika masih melalui kabel kualitasnya sudah berkali lipat lebih kencang, seperti melalui jalur TV kabel, kabel tembaga telepon dengan teknologi ADSL, ataupun dengan kabel fiber optic. Akses nirkabel malah lebih banyak. Awalnya melalui jaringan GPRS, lalu EDGE yang segera tergantikan oleh 3G. Dalam sebuah peta penyebaran penggunaan Twitter dengan smartphone, terlihat bahwa akses internet nirkabel kota-kota besar di Indonesia sangat ramai.

Eko Juniarto
Network Application
Development Manager PSN



Internet, SMS, dan TV
Berbicara tentang akses Internet nirkabel, perangkat yang paling banyak menikmati adalah smartphone. Pada 1997, baru ada Nokia Communicator 9000 yang bisa dibilang sebagai salah satu nenek moyang dari smartphone masa kini. Prosesornya menggunakan Intel i386 24 MHz, bisa dibilang sama persis dengan prosesor PC. Harga laptop saat itu berkisar belasan sampai puluhan juta rupiah, lebih mahal ketimbang harga ponsel. Kini,  smartphone high-end harganya bisa lebih mahal ketimbang laptop. Sebuah laptop dengan prosesor Core i7 bisa didapat dengan harga 5 jutaan, namun smartphone HTC One harganya 6,5 juta rupiah!

Di tahun yang sama, kita masih belum bisa mengirim SMS antaroperator. SMS hanya bisa dikirim dalam satu operator, sehingga sempat muncul bisnis yang menawarkan jasa pengiriman SMS lintas operator. Sekarang, walau SMS masih ada, namun sudah mulai tergantikan oleh BBM (BlackBerry Messenger) atau aplikasi semacam Whatsapp yang menawarkan kelebihan seperti konfe-rensi dengan banyak pengguna atau kemampuan mengirimkan berkas.

Bagaimana dengan siaran TV? Pada tahun 1997, siaran RCTI beralih menjadi FTA (Free to Air). Siaran TV berlangganan waktu pun baru sebatas Indovision dan Kabelvision. Kini, layanan TV berlangganan sudah diramaikan oleh Aora, TelkomVision, dan lain-lain. Medianya juga bertambah, dari cuma kabel TV dan satelit, kini ada yang menggunakan DVB-T (Digital Video Broadcast - Terrestrial) seperti NexMedia dan protokol Internet seperti Groovia TV.

Teknologi saat ini
Kemajuan teknologi selama 16 tahun ini sedikit banyak turut memajukan kualitas hidup di Indonesia. Dulu, yang bisa mendapatkan akses Internet hanya lembaga akademis dan pemilik telepon rumah. Kini, lalu lintas Internet wira-wiri di sekitar kita melalui sinyal nirkabel yang bisa diakses dari smartphone. Hanya saja, siapkah kita dalam menggunakan segala kemajuan teknologi ini? Kadang saya merasa, pemeo "teknologi maju lebih cepat dari kemampuan dan pemahaman dari mereka yang mengonsumsinya" benar adanya.

Regulasi untuk melindungi warga negara pasti akan selalu ketinggalan oleh  kemajuan teknologi. Tapi itu bukan alasan. Peraturan tetap harus dibuat dan ditegakkan, untuk memberikan kepastian hukum dan rasa nyaman dalam menggunakan teknologi.

Banyak yang sudah berubah selama   CHIP hadir di Indonesia 16 tahun ini. Koneksi Internet kini sudah semakin cepat dan semakin murah, walaupun cakupannya masih belum merata ke seluruh pelosok Indonesia. Indonesia yang baru berumur 68 tahun ini memang masih harus belajar banyak untuk menjadi negara yang berekonomi tangguh, berteknologi tinggi, namun tetap adil dan makmur. Akhir kata, Selamat Ulang Tahun CHIP Indonesia!

 

Penulis: Eko Juniarto


Editor : Insaf Albert Tarigan

comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy