You are Here : Home > News > Showbiz Technology
21 December 2015 | 9174 view(s)
6 Teknologi di Star Wars yang Jadi Kenyataan

Penulis : Andra Nuryadi

CHIP.co.id – Semula memang hanya imajinasi, namun belakangan seiring dengan kemajuan teknologi, apa yang disajikan pada film Star Wars bakal jadi kenyataan. Berikut ini beberapa teknologi yang tengah dikembangkan dan bakal bisa digunakan secara nyata.

 

#1. Tampilan Heads Up

Pada jet tempur X-Wing Fighter  tersedia fitur Head Up Display (HUD), sekarang teknologi ini akan pula digunakan pada pesawat tempur modern. Namun perusahaan mobil seperti BMW dan GM juga mencoba mengadopsi HUD. Salah satunya dicobakan pada BMW seri 7 yang menampilkan kecepatan dan navigasi jalan di kaca mobil, data dikirimkan dari sensor yang terletak di hidung mobil. Sementara GM juga tengah mengutak-atik fitur serupa.

 

#2. Hologram

Teknologi hologram pengiriman pesan yang diterima Obi Wan Kenobi, oleh seorang profesor dari Arizona diwujudkan secara nyata. Sang profesor menggunakan 16 kamera untuk merekam gambar dari bahan yang akan dikirim. Kemudian dua buah laser digunakan untuk mentransmit pesan dan kemudian ditampilkan pada sebuah plastik yang menghasilkan “interference fringe pattern”, dimana ada pola gelap dan terang yang muncul seperti sebuah hologram.

 

#3. Tangan Bionik

Tangan Luke Skywalker yang hilang di episode The Empire Strikes Back, dan kemudian digantikan dengan tangan bionik. Sekarang, sebuah perusahaan teknologi bernama Touch Bionic menggarap metode serupa dengan menciptakan i-LIMB Pulse bionic. Ia bekerja dengan membaca sinyal myoelectric dari  pulsa listrik kecil di lengan pengguna  dan kemudian mengirimkan perintah ke tangan agar gerakan sesuai dengan tujuan. Pengguna juga bisa “membaca” algortima yang sensitif dan mengontrol kelima jari tangan secara bebas untuk menggenggam barang.

 

#4. Robot

Robot bukan hal baru, meski terus dalam pengembangan untuk penyempurnaan. Robot C-3PO dan R2-D2 memberi inspirasi kalangan penggemar robot untuk menciptakan produk serupa. Tetapi Honda memiliki ASIMO yang mampu membaca dan mengenali wajah lawan bicara, mendengar suara, mengenali benda bergerak dan beragam lainnya. Ada lagi robot FRIEND yang bekerja secara semi otonom dan siap membantu penderita stroke, lumpuh dan pasien lainnya.

 

#5. Game Augmented  Reality

Pada salah satu sekuel menampilkan Chewbacca dan C-3PO sedang bermain catur dengan tampilan 3D. Teknologi ini sekarang kita sebut dengan Augmented Reality (AR), dan Sony telah menciptakan game EyePet dengan teknologi serupa pada platform PlayStation. Pada game ini, gamer bisa berinteraksi dengan hewan peliharaannya. Game ini membutuhkan kamera yang men-capture pemain dan menampilkannya di live feed pada televisi HD.

 

#6. Hovercraft

Kendaraan terbang hovercraft LandSpeeder yang bak mobile terbang itu sudah diadopsikan oleh perusahaan Moller International. Perusahaan ini menciptakan flyingcar yang diberi nama M200G. Kendaraan ini bisa mengambang hingga ketinggian sekitar 30 meter dari tanah dan kecepatannya mencapai 80 km per jam. Oleh FAA alat transport ini tidak dimasukkan sebagai moda transportasi udara. Namun harganya sangat mahal, mencapai Rp 1,2 miliar.

 

(Sumber: Kristie Betucci/GadgetReview)


Editor : Kama Adritya

You may also like:

Rogue One: A Star Wars Story

CES 2016: Jam Tangan dari Sphero Ini Bisa Gerakkan BB-8 dengan Force

Speaker-Speaker Terbang Star Wars

Star Wars Edition
comments powered by Disqus
BBM Widget

PIN : C001D0134

Most Popular
Hot Reviews
Publication
© 2012-2017 CHIP ONLINE. PT Prima Info Sarana. All Rights Reserved. | About CHIP | Privacy Policy